Lengkap Bahan dan cara membuat Huruf Timbul Acrylic Sendiri - Ruanganbaca.com

Lengkap Bahan dan cara membuat Huruf Timbul Acrylic Sendiri

Lengkap Bahan dan cara membuat Huruf Timbul Acrylic Sendiri : Teman - teman sering kita melihat merk atau brand usaha yang besar dan menempel disebuah toko atau perusahaan BUMN nah biasanya bentuknya seperti plastik dengan desain yang unik dan menyesuaikan dari logo asli perusahaan tersebut. 

Nah cara membuat nya biasanya menggunakan bahan dasar Acrylic yang teman - teman sendiri juga bisa dengan murah mempraktekkannya. Namun perlu diketahui seblum terjun ke bisnis usaha membuat Huruf Timbul Acrylic ini ada beberapa alat yang mesti disiapkan dan pastinya yang terpaling penting adalah skill yang sudah terampil dalam bidang pengerjaannya.

Untuk huruf timbul Acrylic atau masyarakat kita sering menyebut namanya Akrilik ini memiliki ketebalan masing - masing yang mana dari ketebalannya dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan masing - masing, misalnya mulai dari membuat plakat menggunakan akrilik, membuat papan nama menggunakan akrilik, membuat kotak tisue menggunakan akrilik, harga akrilik ini di pengaruhi dari ketebalan masing - masing akrilik. acrylic ini memiliki warna yang beragam mulai dari bening, hitam, merah, kuning, hijau, biru, putih tulang, dan lain - lain.

Lengkap Bahan dan cara membuat Huruf Timbul Acrylic Sendiri
Lengkap Bahan dan cara membuat Huruf Timbul Acrylic Sendiri

Dengan banyaknya warna - warna acrylic tersebut tentu memudahkan kita dalam membuat pola sebuah kerajinan baik itu Huruf Timbul Acrylic, Huruf Timbul LED atau untuk membuat noen box. Nah Cara membuat Neon Box ini bahannya sama saja yaitu menggunakan Acrylic namun biasanya hanya berupa gambar - gambar dan tidak menggunakan huruf timbul.

Manfaat Huruf Timbul Acrylic  Untuk Usaha atau Pemilik Toko

1. Memikat Konsumen

Pemasangan huruf timbul pada toko tentu sebagai tanda identitas toko tersebut. meskipun umumnya huruf timbul hanya papan nama saja namun dibalik itu dapat menjadi pemikat konsumen untuk lebih mempercayai perusahaan anda. Melihat bentuk huruf timbul yang terkesan mewan dan keistimewaan tersebut tepampang tentu dapat menjadi kesan tersendiri bagi yang melihatnya.

2. Branding Mudah Dibaca dan Sangat Jelas

Reklame unik atau huruf timbul Acrylic  memberikan keuntungan bagi pemilik usaha atau toko salah satunya adalah teks atau logo akan terpampang dengan jelas mudah untuk dibaca konsumen. dengan membentuk huruf 3d atau keluar tentu ini akan memberikan efect tersendiri bagi yang melihatnya apalagi didalamnya disertakan lampu Led. orang lain akan semakin mudah mengingat nama branding anda.

Jika orang lain sudah mengingat branding anda tentu besar kemungkinan akan membuat orang penasaran ingin mampir ke toko anda dengan mencoba membeli atau berbelanja.

3. Nama Perusahaan, Toko akan Semakin Terkenal

Sama seperti point diatas dengan tampilan branding yang mudah diingat tentu hal ini cara memperkenalkan diri kepada publik agar mudah mengingat. Dengan demikian usaha atau toko yang kita kembangkan besar kemungkinan akan menjadi populer.

4.Sarana Promosi dan Branding Paling Murah

Dengan menggunakan huruf timbul tentu ini adalah strategi promosi yang amat sangat murah serta sangat cocok untuk teman - teman yang baru membuka usaha. sangat disarankan untuk membuat papan nama huruf timbul ini.

Untuk memaksimalkannya sarana promosi, pastikan segala elemen huruf timbul karakteristiknya semenarik mungkin. Dengan demikian branding anda berpotensi sukses besar dan usaha yang anda jalani akan jadi lebih spesial di mata pelanggan.

5.Media Promosi Jangka Panjang

Huruf timbul terbuat dari bahan berkualitas yang bisa tahan lama. Dari segi ketebalan masing-masing jenis akan memberikan keuntungan tersendiri. Dalam hal yang dimiliki huruf timbul ini, akan membantu media promosi menjadi lebih awet.

Cara Membuka Usaha Huruf Timbul Acrylic

Jika kita bicara mengenai dunia bisnis tentu apapun itu dapat kita jadikan sebuah bisnis jika hal tersebut dapat mendapatkan nilai tukar berupa uang, asalkan jalan yang kita tempuh tidak melanggar ketentuan hukum, Nah Cara membuka bisnis pembuatan huruf timbul Acrylic ini pertama - tama yang perlu teman - teman siapkan adalah sebagai berikut :
  1. Memiliki ketekunan karena proses pembuatan huruf timbul Acrylic ini tidaklah sebentar dan harus dilakukan dengan sabar serta harus persisi jadi tidak bisa buru - buru.
  2. Membutuhkan tenaga yang ahli dalam pemotongan pola karena sifatnya membuat huruf timbul ini adalah memotong pola jadi harus sudah bisa menggunakan gergaji Acrylic.
  3. Menyiapkan alat - alat yang mendukung seperti hot gun, gunanya untuk membengkokkan bentuk - bentuk huruf, bor dan gergaji serta mesin las jika diperlukan pembuatan tulang untuk area Acrylic nya.
  4. Memiliki kemampuan elektonik dalam perangkaian lampu led jika dibutuhkan dalam pembuatan huruf timbul Acrylic led.

Alat dalam membuat Huruf Timbul Acrylic

Seperti penjelasan diatas, dalam membuat huruf timbul Acrylic Sendiri kita harus menyiapkan beberapa alat untuk melakukan perakitannya diantaranya adalah :
  1. Gergaji tangan atau jigsaw, untuk memotong huruf.
  2. Mesin gerinda duduk, untuk memoles huruf.
  3. Gunting plat atau gunting Kacip, untuk memotong kupingan
  4. Alat solder dan timah batangan super.
  5. Batu hijau.
  6. Siongka
Bahan-bahan diatas bisa dibeli toko material sedangkan peralatan bisa dibeli di toko alat-alat teknik. Kegiatan ini termasuk dalam jenis keterampilan yang mana jika semakin sering dilatih dengan membuat produk huruf timbul, maka kualitas dan kehalusan dari karya akan semakin baik.

Bahan serta cara membuat Huruf Timbul Acrylic

Dalam pembuatan huruf timbul sendiri ini bahan utamanya adalah Acrylic, jika kita belum paham dengan bentuk Acrylic ini gambaran nya Acrylic ini bentuknya seperti kaca namun tidaklah mudah pecah seperti layaknya kaca. bentuknya kilap jika kita dapat bandingkan Acrylic yang bagus biasanya lebih ringan dan tidak mudah pecah serta lentur. Anda bisa menyesuaikan warna Acrylic ini sesuai dengan warna keinginan anda.

Lebih jelasnya bagaimana cara memulai membuat huruf timbul Acrylic sendiri untuk kebutuhan bisnis anda adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan desain yang akan dibuat.

Desain adalah hal pokok yang harus disiapkan tentu agar nantinya bentuk huruf mengikuti pola desain yang dibuat melalui komputer atau jasa tukang plotting gambar.

2. Membuat proses mal

Mal ini adalah proses yang amat penting jadi hasil cetak yang telah kita buat dari komputer sebelumnya tempelkan ke bagian Acrylic yang akan dipotong gunakan perekat bisa double tape atau lainnya.

3. Proses Pemotongan Pola

Setelah ditempelkan mal berikutnya adalah pemotongan pola yaitu mengunakan gergaji khusus Acrylic atau bisa menggunakan jasa cutting laser. agar proses potong lebih cepat

4. Proses Penggabungan Pola

Pada tahap ini tentu sudah mencapai 80% anda bisa mulai menggambungkan seluruh hasil potongan Acrylic menjadi sebuah bentuk tulisan 3d atau timbul. Lebih jelasnya mengenai cara pembuatan huruf timbul Acrylic ini silakan simak dibawah ini :
  • Menyiapkan pola yang tercetak diatas kertas baik dari komputer atau hasil gambar plotting.
  • Tempelkan tulisan hasil desain tersebut dengan menggunakan lem kertas, dauble tape atau lainnya di atas bahan Acrylic atau bahan seperti plat, apakah kuningan, stainless, atau galvanis.
  • Pastikan tempelan kertas sudah kering dan keras (kering), Setelah dipastikan sudah tidak ada yang salah potonglah huruf tersebut sesuai dengan pola menggunakan gergaji logam atau jigsaw mengikuti bentuk huruf tersebut. cara memotong ini bisa menggunakan laser (laser cutting).
  • Setelah proses pemotongan selesai, anda bisa memulainya merancang huruf-huruf tersebut menjadi timbul dengan tambahan kaki atau kupingan dengan ukuran yang ukur sebelumnya. Kupingan ini yang akan menentukan ketebalan huruf yang kemudian dipatri atau disolder ke bagian huruf yang sudah dipotong.
  • Setelah proses pematrian sudah selesai, anda bisa masuk ke proses finishing. Pada tahap ini huruf yang sudah terbetuk dipoles dengan menggunakan mesin pemoles. setelah proses pemolesan, huruf-huruf itu akan nampak mengkilap seperti gambar di atas. Cara atau teknik ini berlaku juga untuk pembuatan huruf kaligrafi timbul.

Kelebihan dari Huruf Timbul Acrylic

1. Kuat dan Tahan lama serta tidak luntur dari paparan cahaya matahari
2. Banyak pilihan Warna sehingga kita tidak kesulitan dalam membutuhkan warna apapun.
3. Harga yang terjangkau serta bervariasi
4. Kreasi lebih unik dan memiliki daya tarik

Sebelum anda membuat Huruf Timbul Acrylic Sendiri ini pastikan sebelumnya sudah melihat sungguh - sungguh bagaimana proses pemotongan Acrylic Sendiri. dalam membuat Huruf Timbul Acrylic Sendiri.

Tag :
Membuat huruf timbul untuk usaha, membuat branding usaha, membuat neon box sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel