Kenali Jenis Kertas Sertifikat Yang Paling Sering Digunakan

Kenali Jenis Kertas Sertifikat Yang Paling Sering Digunakan - Mengetahui jenis - jenis kertas sertifikat merupakan hal penting yang harus anda ketahui apalagi jika anda sebagai pelaku usaha percetakan atau fotocopy yang menerima layanan pembuatan sertifikat, selain kertas anda juga harus bisa membuat desain atau model - model sertifikat agar anda dapat melayani konsumen dengan memberikan service desain sesuai keinginan. jadi sebelum membuat sertifikat harus belajar cara membuat sertifikat yang bagus.

Faktanya dilapangan terkadang dua hal antara pemilihan kertas dan bentuk desain saja tidaklah cukup untuk memulai mencetak sertifikat, karena hal yang paling menjadi perhatian adalah format penulisan atau teks yang benar, banyak terjadi dilapangan terkadang salah dalam format teks penulisan sehingga akan berakibat fatal bahkan apabila konsumen tidak memberikan toleran tentu kita bisa dibuatnya harus mencetak ulang. jadi anda harus lebih teliti sebelum memastikan untuk mencetak.

Software untuk membuat sertifikat dan piagam bisa menggunakan photoshop atau coreldraw namun kebanyakan untuk mempermudah kerja biasanya menggunakan coreldraw, perlu diketahui juga ada macam - macam bentuk penghargaan yang biasanya di buat dari cetakan kertas namun umunya adalah sertifat dan piagam penghargaan. sebetulnya keduanya biasanya sama dalam format teks isi didalamnya hanya yang menjadi perhatian adalah bagian judul dari atas lembar kertas tersebut. 

Perbedaan antara piagam penghargaan dan sertifikat ini terletak pada peran apa yang anda ikuti. biasanya sertifikat diberikan karena anda sudah mengikuti suatu kegiatan misalnya workshop yang diadakan kelompok atau perorangan tertentu sebagai imbalannya anda akan diberikan sertifikat. sedangkan untuk piagam penghargaan biasaya apabila anda ikut serta dalam sebuah kejuaraan apapun baik umum ataupun formal yang mana setelah berakhirnya kejuaraan anda akan mendapatkan piagam penghargaan.

Jenis Kertas Sertifikat atau Piagam penghargaan yang sering digunakan

Dalam memilih jenis kertas ini anda harus melihat kebutuhan yang diinginkan, Umumnya cetakan kertas untuk sertifikat ini adalah ukuran A4 untuk kepentingan seperti sertifikat formal, pendidikan, keterampilan, pencapaian lebih baik kita menggunakan kertas yang bagus dan berkwalitas agar hasil lebih profesional.

Memilih jenis kertas sertifikat yang baik

Perhatikan ketebalan pada kertas sertifikat yang akan dibuat

Dengan menentukan ketebalan artinya anda sudah menentukan ketahanan kertas tersebut agar bertahan lama, jika anda mencetak sertifikat dengan kertas tipis sangat tidak disarankan karena dapat mudah rusak dan sobek. Umumnya ketebalan kertas sertifikat ini adalah 190 gram namun ini juga sudah tipis. jika memungkinkan lebih baik menggunakan ketebahan 230 gram.

Pilih Warna Kertas Yang memiliki Kontras

Umumnya sertifikat ini banyak diperlukan bahkan tidak jarang yang digandakan menggunakan mesin fotocopy sebagai syarat tertentu, nah untuk keperluan seperti ini kita harus memikirkan tingkat keterbacaan tulisan agar nantinya meskipun di fotocopy sertifikat akan tetap jelas kelihatan, hindari warna gelap pada sertifikat apalagi jika dominan warna hitam ini akan menyatu apabila di fotocopy, sehingga anda bisa menggunakan kertas berwarna puih, kuning, orange atau lainnya. 

Perhatikan Tekstur pada kertas sertifikat

Kertas sertifikat ini biasanya memiliki serat tekstur agar cetakan sertifikat yang dihasilkan nantinya lebih menarik dan berkwalitas, Anda juga harus bisa menentukan penyesuaian dengan hasil desain nantinya, desain sertifikat yang simple sangat cocok jika disandingkan dengan bentuk kertas yang berserat atau tekstur.  anda juga bisa memanfaatkan jenis kertas yang tidak memiliki tekstur namun tentu harus disesuaikan dengan jenis desainnya.

Contoh - Contoh Jenis Kertas Sertifikat Umum

Kertas Art Carton

Contoh Kertas Art Carton
Contoh Kertas Art Carton
Jenis Kertas ini jika kita perhatikan dasarnya berwarna putih, dengan memiliki tekstur yang licin, mengkilap dan halus kertas ini juga hampir banyak digunakan untuk kertas undangan. ketebalan kerta art carton ini banyak macamnya mulai dari 190 gram, 120 gram, 230 gram, 310 gram. Umumnya kertas art carton ini setelah habis dicetak dilakukan finishing dengan cara di laminasi glosy untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jenis kertas ini sangat mudah ditemukan karena sering sekali digunakan untuk kebutuhan brosur, cover buku, kartu nama, undangan, bahkan untuk yang tebal tidak jarang dijadikan kotak. Namun kertas ini disarankan jangan dicetak untuk sertifikat yang akan di tanda tangan manual menggunakan pena karena hasilnya akan blur disebabkan tinta pena sulit menyerap. jadi tanda tangan nya harus di scan dulu sebelumnya dan dicetak bersamaan dengan sertifikat.

Kertas BW Carton

Contoh Kertas BW Carton
Contoh Kertas BW Carton
Jenis kertas BW atau biasanya disebut Blues White ini memiliki tekstur yang halus dan tersedia dalam bentuk dan warna jenis kertas ini memiliki ketebalan umumnya 250 gram. kertas ini juga sangat cocok jika dibuat untuk kebutuhan pembuatan sertifkat atau piagam.

Jenis Kertas Concorde

Contoh Jenis Kertas Concorde
Contoh Jenis Kertas Concorde
Kertas ini memiliki jenis tekstur yang kasar namun sedikit halus, permukaannya lebih timbul serperti bentuk garis jenis ini juga banyak pilihan warna soft ketebalan paling umum adalah 160 gram, 220 gram, sampai dengan 250 gram.

Jenis Kertas Linen Jepang

Contoh Jenis Kertas Linen Jepang
Contoh Jenis Kertas Linen Jepang
Jika kita raba jenis kertas linan jepang ini dicirikan dengan teksur permukaan yang kasar berupa garis dan tebal mirip dengan kain. umumnya banyak digunakan kertas ini ketebalan 250 gram, yang mana biasanya kertas ini digunakan untuk membuat sertifikat yang cocok jika harus ditandatangai manual menggunakan pena, jenis kertas nya lebih mudah menyerap tinta.

Sebetulnya dari empat kertas ini masih banyak jenis kertas yang harus dikenal untuk membuat sertifikat, namun umumnya percetakan menggunakan kertas dengan nama - nama diatas, Semoga jenis kertas ini menjadi refrensi untuk anda yang sedang mencari jenis kertas untuk membuat sertifikat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel