Kenali Jenis - Jenis Kertas Foto agar tidak salah beli

10/22/2019
Kenali Jenis - Jenis Kertas Foto agar tidak salah beli - Jika anda sebagai palaku usaha cetak foto atau jasa fotocopy yang membarengi dengan usaha cetak foto tentu harus memahami jenis kertas foto model apa yang anda gunakan saat ini agar tidak salah dalam membeli kertas tersebut. Photo paper atau dalam bahasa sehari - hari kita disebut sebagai kertas foto merupakan kertas yang memiliki bahan peka terhadap cahaya sehingga dapat di cetak gambar fotografi di atas permukaanya. 

Namun dari banyaknya kalangan pengusaha cetak foto ataupun fotocopy hanya sedikit saja orang - orang yang mengetahui jenis dari kertas foto ini. Sebelum kita mengulas jenis kertas foto apa saya yang harus kita ketahui baiknya kita kenali dulu bagaimana sejarah kertas foto ini ? Karena setiap benda di sekitar kita yang dapat memudahkan tentu ada seorang yang mengawali yang biasanya disebut penemu.

Sama halnya seperti kertas foto ini, terdapat sejarah penemuan di dalamnya yang mana mereka telah berfikir keras bagaimana menciptakan selembar kertas yang dapat mencetak hasil fotografi. hingga saat ini kertas foto diperbanyak dan dapat digunakan oleh kalangan pengusaha cetak foto, fotocopy bahkan umum.

Sejarah Singkat Kertas Foto

Berawal dari Penemuan Joseph Nicéphore Niépce (7 Maret 1765 – 5 Juli 1833) yang menggagas serta mengawali dunia fotografi, pada awalnya sebelum menggunakan kertas beliau menggunakan lempengan timah dan beberapa zat kimia agar dapat merekam gambar yang terproyeksi obscurannya / kamera kamar gelap, tepatnya apda tahun 1926 ia berhasil menciptakan percetakan foto pertama di dunia. hasilnya seperti dibawah ini :
Hasil Cetak Foto Pertama
Hasil Cetak Foto Pertama
Foto diatas diambil selama kurang lebih 8 jam, waktu ini cukup lama. jika kita banding kan kecepatan pengambilan foto saat ini jauh lebih baik. jadi bersyukurlah para millennial yang saat ini suka fotografi.

Jenis - Jenis Bahan / Kertas Cetak Foto

1. Canvas Paper
Jenis kertas canvas paper dapat digunakan untuk mencetak foto dengan menghasilkan gambar dengan sentuhan canvas layaknya sebuah lukisan, hasil akhir cetakan ini biasanya lebih elegan dan sangat profesional dengan hasil foto yang persis dengan kertas canvas.

2. Glossy Photo Paper / Glanz Paper
Bahan kertas ini jika kita perhatikan permukaanya sangat halus dan jika terkena cahaya memantulkan lebih banyak cahaya yang membuatnya terlihat kilap. Namun kekurangan kertas Glossy Photo Paper ini cendrung mudah lengket, rawan gores dan terkadang berbekas sidik jari. Namun kertas ini merupakan standard cetak foto dengan motif bahan yang mengkilap dan berwarna putih dapat membuat hasil cetak foto lebih cemerlang serta dapat mencetak foto dengan resolusi tinggi, selain dari kwalitasnya harga Glossy Photo Paper ini terbilang murah.

3. Kertas Pemium Glossy Photo Paper
Kertas jenis premium glossy photo paper ini banyak dikenal dengan sebutan high glossy, hasil cetak menggunakan kertas ini sangat bagus dan mempu menciptakan mengkilap pada hasil cetaknya. untuk jenis foto yang memiliki resolusi tinggi sangat bagus bila di cetak menggunakan kertas ini. meskipun harga kertas jenis ini lebih mahal jika dibandingkan dengan kertas Glossy photo paper yang biasa, namun untuk kwalitas cetaknya tidak mengecewakan. karena menghasilkan cetakan foto photo yang maksimal dan lebih cerah.

4. Kertas Sticker Glossy foto Paper
Mungkin kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama stiker ya dibayangan kita adalah kertas yang dibagian belakangnya terdapat lem yang dapat ditempelkan di berbagai benda.Sering kita jumpai jenis kertas foto ini dengan dasar yang mengkilap, hasil cetakannya sama saja dengan hasil cetak foto glossy namun kertas ini beda cara pengaplikasiannya karena terdapat lapisan lem.

5. Kertas Matte Paper (Doff)
Jika kita perhatikan jenis kertas ini memiliki tekstur dan sedikit memantulkan cahaya. Kertas jenis ini lebih tahan lama dan apabila di pegang tidak ada bekas sidik jadi, jenis kertas ini sangat cepat menyerap tinta dengan tekstur yang agak kasar dapat di manfaatkan untuk cetakan dengan tinta yang kwalitasnya tidak memantulkan cahaya.Kita harus pandai melihat cetakan berdasarkan kebutuhan dengan menggunakan matte paper doff sangat cocok jika kita hasil cetakan di aplikasikan dengan bingkai. kertas ini lebih awet dan tidak lengket.

6. Kertas Double-Side Paper
Kertas foto ini dapat digunakan untuk mencetak fotografi dengan kedua sisi jadi kertas ini jika kita perhatikan memiliki depan belakang yang mengkilap. meskipun hasil kilap ini tidak seperti jenis glossy kertas Double side ini condong ke doff. kebanyakan jenis kertas foto ini digunakan untuk mencetak pamflet, brosur yang mana digunakan untuk sarana promosi usaha. yang mencetak bagian kertas ini depan belakang.

7. Kertas Laster Photo Paper
Jenis Kertas Photo Laster ini digunakan untuk keperluan dokumentasi dengan kekuatan dan juga ketahanan kertas ini mampu  bertahan bertahun - tahun. tidak mudah luntur dan pudar serta tahan terhadap air. dengan mencetak foto menggunakan kertas ini efek yang dihasilkan adalah doff, bisa diaplikasikan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi, permukaan kertas ini mirip kulit jeruk yang dapat menjadi ciri untuk membedakan dengan kertas yang lain. Ketahanan dari hasil cetak kertas ini membuat konsumen puas sehingga kertas ini sangat bisa dijadikan pilihan sebagai sarana cetak untuk bisnis.

8. Kertas Inkjet Paper
Jenis kertas inkjet paper ini kebanyakan digunakan untuk mencetak sketsa gambar. proof arsitektur rumah, grafik bar dan sebagainya. Namun jika untuk mencetak foto dengan kwalitas tinggi kertas ini kurang cocok karena hanya sebatas keperluan cetakan grafis saja. kertas ini lebih putih jika dibandingkan dengan HVS dan lebih cepat dalam menyerap tinta.

9. Kertas Sublim Paper
Jenis kertas ini tidak disarankan untuk mencetak foto sebagai dokumentasi dirumah, di dompet atau dibingkai. kertas sublim dipakai sebagai kertas pengantar tinta yang akan berpindah ketika dipanaskan tentunya harus menggunakan tinta sublim agar mendukung. 

Dilapangan kertas sublim ini digunakan untuk sablon digital seperti sablon mug, kaos, jam keramik, dan masih banyak lagi jenis benda yang dapat di sablon tranfer menggunakan sublim.

Dengan anda memahami berbagai macam jenis kertas foto ini semoga dapat menambah wawasan anda dalam mengenal jenis - jenis kertas foto. Demikian penjelasan mengenai kertas foto ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »