Ide Membuat Sendiri Kenang-Kenangan Untuk tempat Magang /PKL/KKN yang murah dan unik

10/18/2019
Ide Membuat Sendiri Kenang-Kenangan Untuk tempat Magang /PKL yang murah tapi unik -Setelah mahasiswa atau siswa yang telah selesai mengadakan magang,kkn atau pkl biasanya ada sebuah perpisahan antara tempat magang dan siswa. Nah dalam hal ini terkadang kita ditugaskan untuk memberikan sebuah kenang - kenangan untuk instansi atau tempat kita magang / pkl.

Sebetulnya meskipun kenang kenangan untuk tempat magang ini tidak dipaksakan namun sebagai orang yang telah belajar banyak di tempat magang tersebut tentunya tidak ada salahnya kita memberikan sedikit bingkisan berupa kenangan kepada tempat magang atau pkl. tempat magang atau pkl ini biasanya sesuai jurusan yang diambil contohnya bila kamu adalah siswa smk jurusan multimedia pastinya akan mengambil lokasi pkl yang berkaitan dengan jurusan tersebut misalnya pkl di tempat percetakan, lembaga kursus, video shotting. dll
Ide Membuat Sendiri Kenang-Kenangan Untuk tempat Magang /PKL/KKN
Ide Membuat Sendiri Kenang-Kenangan Untuk tempat Magang /PKL/KKN
Ketika akan memilih hadiah apa yang cocok diberikan tentu ini akan membuat kita bingung dan terkadang membuat pertanyaan hadiah kenang-kenangan yang berkesan? Jika anda memesan sovenir pada jasa pembuatan sovenir biasanya harganya lumayan mahal bisa ratusan lho? nah sebetulnya cara membuat sovenir yang bisa dijadikan kenang - kenangan untuk tempat magang atau pkl bisa dengan biaya murah dan dibuat sendiri bersama - sama teman team pkl atau magang kamu.

Kado yang kamu buat sendiri tentunya akan memberikan kesan unik baik dimata pembimbing pkl / magang kamu. dan pastinya dengan cara membuat sendiri kado tersebut membut kamu irit biaya. nah apa saja hadiah kenang - kenangan yang dapat kamu buat sendiri? simak beberapa ulasan dibawah ini :

Hadiah Kenang - Kenangan Untuk tempat Magang / PKL yang bisa dibuat Sendiri

1. Kenang - Kenangan Jam Dinding Foto

Pasti kamu pernah lihatkan jam dinding yang didalamnya foto, nah sebetulnya jika kamu cari sendiri dipasar dengan bentuk jam dinding yang berisi foto ini tentu tidak ada. karena jam seperti ini biasanya sudah di custom, cara membuat jam dinding foto ini sebetulnya cukup mudah dan pastinya murah namun kenang - kenangan yang kamu berikan tidak kalah exclusive dengan hadiah - hadiah yang beli dipasaran.

Cara Membuat Jam Dinding Foto atau Gambar

  1. Pastikan kamu beli jam dinding dengan ukuran 20 x 20 usahakan cari jam yang ditempel dengan kertas bukan dari model huruf timbul. ukuran ini adalah ukuran standard yang dapat memudahkan kamu membuat stiker pada jam dinding tersebut menggunakan printer biasa.
  2. Desain gambar stiker sesuai dengan instansi atau tempat kamu PKL atau Magang menggunakan software coreldraw atau adobe photoshop dengan diameter lingkaran 20 x 20 contoh lihat gambar dibawah :
    Jam dinding kenang - kenangan pkl atau magang
    Jam dinding kenang - kenangan pkl atau magang
  3. Setelah dirasa sudah menarik konsep desainnya, cetak menggunakan printer inkjet atau bisa juga dibawa ke jasa print, menggunakan kertas stiker
  4. Selanjutnya buka beberapa baut pada jam dinding tersebut serta buka jarum jamnya lalu buang stiker jam bawaan dan ganti dengan stiker yang sudah kamu cetak.
  5. Cara ini cukup mudah kok, jadi jangan takut dulu atau ragu - ragu sebelum mencobanya.

2. Kenang - Kenangan Plakat Kayu

Membuat kenang - kenangan dari plakat kayu sebetulnya bisa kamu buat sendiri meskipun mungkin kamu tidak ada basic sebagai tukang kayu. Nah jadi hal ini bisa menjadi alternatif kamu ketika mencari toko sovenir di daerah kamu sulit. jadi bisa dicoba membuat sendiri plakat kayu untuk hadiah kenang - kenangan yang pasti jangan takut mencobanya ya.

Cara Membuat Plakat Kayu

  1. Membuat plakat kayu memang memerlukan basic minimal anda bisa memotong dan memegang alat gergaji agar mampu membuat lekukan pada bentuk plakat yang akan dibuat. untuk membuat lekukan model plakat pada kayu bisa menggunakan gergaji jig saw. yang mana model gergaji ini memiliki pemotong yang kecil jadi mudah untuk di gerakkan sesuai dengan pola yang di inginkan, Alternatifnya jika kamu kesulitan dalam hal ini bisa meminta bantuan tukang kayu di daerah kamu.
  2. Dalam membuat pola ini pastikan bahwa bentuknya tidaklah terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, agar enak dipandang mata pastinya coba perhatikan gambar contoh dibawah ini :
    Plakat Kayu Kenang - Kenangan PKL / Magang / KKN
  3. Setelah hasil dirasa sudah maksimal dan rapi untuk mewarnainya bisa menggunakan plitur kayu dan beri vernish agar hasilnya mengkilap.
  4. Untuk menempel tulisannya anda bisa mengunakan stiker yang sebelumnya dilaminating pada bagian depannya agar terkesan lebih mengkilap dan awet. bisa meminta bantuan fotocopy yang terdapat alat laminating.

3. Kenang - Kenangan Dari Akrilik

Mendengar kata akrilik mungkin untuk kamu yang awam akan terdengan asing dan mungkin timbul pertanyaan apa itu akrilik atau acrylic ? Nah saya jelaskan sedikit bahan akrilik ini banyak warnanya mulai dari bening, dan warna - warna dasar lainnya. bentuknya seperti bahan kaca dan campuran plastik serta tidak mudah pecah. jadi warnanya jelas mengkilap dan cocok untuk dibuat sovenir.

Cara Membuat Sovenir dari bahan Akrilik atau Acrylic

  1. Pada konsep ini kita akan membuat ucapan dengan bahan akrilik ya mungkin hampir sama dengan plakat. untuk memulainya pastinya kita siapkan terlebih dulu bahan akrilik nya bisa didapat di toko - toko bangunan.
  2. Buatlah pola yang akan dibuat menggunakan kertas lalu tempel ke akrilik dan potong menggunakan gergaji saw ikuti polanya hingga benar - benar rapih. coba lihat gambar dibawah ini :
    Membuat ucapan atau plakat dari bahan akrilik

  3. Untuk menempelkan tulisan seperti diatas kamu bisa coba hubungi tukang sablon yang menerima sablon cutting stiker atau tempat variasi stiker motor buatlah pola yang di buat dikomputer atau menggunakan jasa tukang setting di tempat kamu akan membuat cutting stikernya. tempelkan dan sesuaikan yang menurut kamu sudah rapih dan pas hingga siap untuk di berikan sebagai kenang - kenangan unik ketempat magang / pkl atau kkn.

4. Kenang - Kenangan Membuat Foto Karikatur

Pastinya kamu tidak asing lagi dengan yang namanya foto karikaturkan? ya foto ini memang terbilang foto unik yang dapat dijadikan sebagai hadiah atau kenang - kenangan magang / pkl / kkn kamu bisa buat foto karikatur dengan konsep dari tempat kamu magang tersebut. dalam membuat karikatur ini kamu bisa menggunakan software coreldraw atau photoshop apalagi jika kamu mahir menggunakan aplikasi keduanya tentu hal ini sangat mudah dibuat.

Cara Membuat Foto karikatur 

  1. Dalam membuat foto karikatur tentu kita memerlukan bahan dasar yaitu berupa foto orang - orang yang akan kita buat minimal kepala dan wajahnya. kita bisa ikuti pola wajah tersebut dan di trace menggunakan aplikasi coreldraw cara membuat lebih detailnya kamu bisa cari tutorialnya di youtube ya.
  2. Setelah berhasil dan dirasa mirip bisa kamu cetak menggunakan kertas foto dengan ukuran minimal A3 agar hasil cetak kelihatan.
    Contoh karikatur kenang - kenangan pkl / magang atau kkn
  3. Beri bingkai agar terlihat lebih eklusif dan kenang - kenangan anda siap untuk diberikan di tempat pkl / magang atau kkn.
Dari beberapa ide di atas tentu bisa menjadi contoh kenang-kenangan untuk tempat magang yang dapat diberikan sebagai tanda ucapan terimakasih anda kepada tempat pkl, kkn atau magang. Sebetulnya masih banyak sekali kenang - kenangan yang dapat diberikan namun lebih umum untuk sovenir yang bisa diberikan adalah hal - hal seperti diatas. semoga mambantu ide contoh kenang - kenangan yang dapat dibuat sendiri ya. salam hangat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »