Dijelaskan Cara Membuat Idcard / Kartu Nama / Kartu Pelajar untuk pemula

10/19/2019
Dijelaskan Cara Membuat Idcard / Kartu Nama / Kartu Pelajar untuk pemula - Sering kita lihat di beberapa perusahaan membagikan kartu nama sebagai bahan media promosi yang mana biasanya didalamnya berisi nama perusahaan, alamat dan juga nomor telpon. Manfaat Kartu nama dalam sebuah bisnis sangat besar sebagai sarana untuk mempermudah memperkenalkan bisnis anda pada orang lain.

Bentuk kartu nama dan idcard meskipun memiliki kemiripan namun isi data dari keduanya berbeda. Misalnya untuk kartu nama berisi biodata seperti yang dijelaskan diatas yaitu nama usaha, nama pemilik atau sales, alamat serta nomor telpon kartu nama ini biasanya diberikan kepada orang lain untuk promosi. Sedangkan idcard tempatnya adalah digantung baik di leher menggunakan tali atau di dada. Biasanya didalamnya berisi biodata pemilik idcard tersebut misalnya nama, alamat, jabatan yang bertujuan untuk memperkanalkan diri kepada orang lain tempat dimana kita bekerja atau menunjukkan identitas sebagai karyawan perusahaan tertentu.

Cara Membuat Kartu Nama dengan mudah

Membuat kartu nama tidaklah sesulit yang kita bayangkan karena yang menentukan kartu nama tersebut bagus tidaknya adalah dari corak desain dan juga kertas yang kita gunakan. Biasanya umumnya membuat kartu nama menggunakan kertas art carton, artpaper dengan ketebalan 230 gram. Tujuannya menggunakan kertas tebal tersebut agar tidak mudah rusak ketika di letakkan di dalam dompet.
Kartu Nama Elegant
Kartu Nama Elegant

Mencetak kartu nama ekslusif dapat anda lakukan menggunakan printer inkjet namun sekedar saran agar kartu nama awet dan tahan lama sebaiknya tinta printer sudah diganti artpaper. Karena sesuai fungsi dari kartu nama tersebut adalah tujuannya agar tahan lama dan dapat disimpan oleh calon konsumen dengan masa yang panjang. Jangan sampai baru disimpan sekitar dua bulan hasilnya luntur dan nama identitas anda menjadi tidak jelas. Sehingga saat konsumen akan menghubungi anda mereka kesulitan.

Langkah – Langkah Membuat Kartu Nama Sendiri

  1. Mulailah belajar mendesain menggunakan aplikasi photoshop atau coreldraw untuk pemula anda bisa mulai dengan desain sederhana, gunakan jenis font yang ada dikomputer yang tegas dan jelas jangan menggunakan font yang sulit dibaca. Saya sudah menyiapkan ukuran dan bentuk kartu nama yang bisa anda download.
  2. Cetak menggunakan printer epson disarankan tinta sudah diganti menggunakan tinta artpaper agar tahan lama.
  3. Untuk pemotongan gunakan pon idcard anda bisa lihat gambar dibawah ini bentuk dari alat potong idcard tersebut.
    pemotong id card
    pemotong id card
  4. Setelah selesai kartu nama sudah siap disebar luaskan.

Cara Membuat Idcard dengan mudah

Cara membuat idcard ini persiapannya sama saja dengan membuat kartu nama namun bahan yang digunakan berbeda, untuk membuat kartu nama bisa menggunakan kertas art carton sedangkan untuk idcard bisa menggunakan plastik pvc idcard.

Bahan plastik idcard PVC ini hampir menyerupai ktp karena terbuat dari plastik yang tidak mudah sobek atau rusak meskipun terkena air. Cara membuatnya sangat mudah langkah – langkahnya seperti dibawah ini :
  1. Siapkan Bahan desain ID card serta desain idcard bisa mendownload nya.
  2. Cetak menggunakan kertas PVC (usahakan mencetak pada bagian yang bukan lapisan selaput anda bisa mengetesnya menggunakan kuku jika di cungkil terbuka artinya itu begian selaput) cetak secara mirror atau gambar dibalik seperti gambar dibawah ini :
    Cetak Mirror
    Cetak Mirror
  3. Setelah berhasil di cetak jika hanya satu idcard anda bisa langsung memotongnya menggunakan pemotong pon idcard.
  4. Siapkan tulang PVC yang berwarna putih potong menggunakan pon idcard lalu lepas bagian plastik tipis yang terdapat pada PVC tersebut dan tempelkan hasil cetakan yang dimirror tadi depan belakang. Lihat gambar dibawah ini :
    Menempelkan Idcard
  5. Jika kita perhatikan Hasil cetakan mirror tadi akan membalik dan menjadi tidak mirror lagi
  6. Setelah dirasa sudah pas lakukan press atau laminating usahakan suhu jangan terlalu overheat
  7. Sekarang anda bisa membuka lapisan selaput idcard dan lihat hasilnya.

Cara Membuat Kartu Pelajar SMP, SMK, SMA, Universitas dengan Mudah

Membuat kartu pelajar ini sama halnya membuat idcard bahan yang digunakan juga sama. Perbedaanya hanya dibagian biodata saja yang mana biasanya data yang terdapat pada kartu pelajar adalah Nama, Nis, Tempat Tanggal Lahir, Alamat, Jurusan:
Contoh Kartu Pelajar yang menarik
Contoh Kartu Pelajar yang menarik
Anda bisa mengikuti cara membuat kartu pelajar ini seperti panduan membuat idcard, karena bedanya hanya di biodata saja untuk lengkah nya sama saja.

Download Desain Kartu Pelajar, Idcard, Kartu Nama

Untuk anda yang kesulitan bagaimana cara mendesain kartu pelajar, template kartu nama saya sedikan link dalam versi coreldraw nah teman – teman bisa mendownload nya dan ubah sesuai dengan keingin. Untuk filenya format .cdr yang yang menggunakan coreldraw X4 atau diatasnya.

Demikian artikel mengenai pembuatan kartu pelajar, idcard dan kartu nama semoga membantu dan mempermudah serta menambah wawasan anda. Jangan lupa share dan bagikan halaman ini jika bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »