Di Jelaskan Kegunaan Kertas Sublim Untuk Sablon Digital

Di Jelaskan Kegunaan Kertas Sublim Untuk Sablon Digital - Mungkin kita sering mendengar tentang sablon digital, apasih sebetulnya perbedaan antara sablon digital dan sablon manual, nah perlu teman - teman ketahui sablon manual bisanya dilakukan dengan langkah dan cara yang masih lama seperti membuat film, memberi tinta dan masih banyak proses lainnya. sedangkan sablon digital bisanya langkah kerjanya lebih cepat salah satunya menggunakan kertas sublimasi ini adalah teknik sablon digital yang mana pengerjaanya lebih cepat dibanding menggunakan sablon manual. Namun sablon jenis sublimasi ini memiliki keterbatasan jenis kain yang akan di sablon dan hanya untuk bahan yang mengandung bahan polyester seperti contohnya kaos partai.

Selain digunakan sebagai sablon bahan pakaian kertas sublim ini dapat mentransfer gambar ke berbagai media seperti keramik, asbak, gelas mug, topi, mouse pad, casing hp. dan berbagai macam jenis bahan yang memiliki bidang datar. Namun sebelum melakukan proses ini biasanya bahan yang akan di transfer harus melalui proses coating atau pelapisan agar tinta sublim pindah.
Di Jelaskan Kegunaan Kertas Sublim Untuk Sablon Digital
Di Jelaskan Kegunaan Kertas Sublim Untuk Sablon Digital
Banyak pengerak usaha dibidang sablon kaos ini memanfaatkan media kertas sublim ini sebagai sarana agar pekerjaan mereka cepat selesai, alat dan bahan untuk memulai usaha sablon dengan kertas sublim ini sangat lah mudah yaitu mesin press, printer dengan tinta sublim dan juga bahan media yang akan di sablon. Anggaran untuk memulai bisnis sablon digital menggunakan sublimasi ini kisaran Rp. 5 jt untuk membeli bahan dan juga alat lainnya.

Cara Menggunakan Kertas Sublimasi Untuk Sablon Kaos

Jika kita pernah melihat jenis kaos partai atau pilkada seperti itulah hasil sublim. warna yang dihasilkan lebih cerah namun gambarnya hanya menempel dibagian depan saja tidak menyerap sampai ke dasar pakaian. Cara Melakukan Teknik Sublim pada kaos sebagai berikut :
  1. Pastikan anda sudah memiliki alat hot press seperti gambar dibawah ini :
    Alat hot press Sablon Digital
    Alat hot press Sablon Digital
  2. Sediakan pakaian dari bahan polyster usahakan warna yang terang seperti putih, kuning. dll
  3. Desain gambar yang akan dicetak menggunakan aplikasi photoshop cetak menggunakan kertas sublim, untuk mencetaknya cari pada bagian kertas yang halus.
  4. Cetak dengan posisi mirror atau dibalik ya
  5. Setelah itu panaskan Alat hot press
  6. Pasang Kaos yang akan di sublim, letakkan hasil cetak di atas kaos lalu press kisaran 5 detik.
  7. Lihat hasilnya maka gambar akan berpindah
Proses ini jika kita perhatikan adalah hanya memindahkan gambar saja, jadi tinta sublim ini dapat berpindah ke media dengan memanfaatkan suhu panas tertentu.

Cara Menggunakan Kertas Sublimasi Untuk Sablon Mug, Keramik, Asbak, Casing HP, Mousepad

Untuk sablon jenis bahan selain pakaian teknik sublimasi ini dapat dilakukan jika bahan - bahan tersebut sudah dilakukan coating, nah proses coating ini adalah pelapisan pada bahan - bahan tersebut agar nantinya tinta dapat menempel pada media. Cara Sablon Media selain pakaian adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan anda sudah memiliki alat Hot Press Mug seperti gambar dibawah ini :
    Alat Hot Press Mug
    Alat Hot Press Mug
  2. Untuk benda seperti Asbak, Mug anda bisa menggunakan alat seperti diatas, sedangkan untuk bahan seperti casing hp, mousepad anda bisa memanfaatkan alat press kaos untuk melakukan pemanasan pada media tersebut.
  3. Seperti biasa siapkan desain gambar yang akan dijadikan master menggunakan photoshop ukur dan sesuaikan dengan media yang akan dibuat, selain aplikasi photoshop anda bisa menggunakan coreldraw lalu cetak menggunakan kertas sublimasi dan tinta sublimasi.
  4. Cetak secara mirror  
  5. Tempelkan kertas ke media yang akan di sablon
  6. Panaskan menggunakan mesin press kisaran 5 detik dan lihat hasilnya 
Dalam proses sublimasi pada media diatas ini yang paling diperhatikan adalah media tersebut harus sudah dicoating, anda bisa mencari dipasaran jenis bahan - bahan yang sudah jadi untuk sablon.

Cara Menggunakan Kertas Sublimasi Untuk Sablon Topi

Sablon topi ini berbeda dengan teknik sablon mug dan sablon bahan kaos, meskipun hampir sama dengan sablon pakaian namun mesin yang digunakan berbeda diantara mesin - mesin diatas. Untuk jenis topi yang dapat disablon ini bisanya model topi trucker yang bagian depannya dasar putih atau warna - warna terang yang dibuat dari bahan polyester. Adapun cara sablon topi menggunakan teknik sublimasi ini adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan anda sudah memiliki mesin press topi seperti gambar dibawah ini :
    Mesin Sablon Topi
    Mesin Sablon Topi
  2. Seperti biasa siapkan desain gambar yang akan dijadikan master menggunakan photoshop ukur dan sesuaikan dengan media depan topi yang akan di sablon, selain aplikasi photoshop anda bisa menggunakan coreldraw lalu cetak menggunakan kertas sublimasi dan tinta sublimasi.
  3. Cetak secara mirror
  4. Tempelkan kertas yang akan disablon, panaskan menggunakan mesin hot press topi kisaran 5 detik 
  5. lihat hasilnya.
Jika anda pemula dan berniat usaha sablon digital dengan menggunakan kertas sublim untuk mengirit modal anda bisa menggunakan mesin press sablon 4 in 1 yang mana dalam satu mesin tersebut terdapat 4 modul yang dapat anda gunakan. Mulai dari modul topi, mug, kaos, dan piring. harga yang ditawarkan untuk mesin 4 modul ini kisaran 3 sampai dengan 4 jutaaan, lebih murah jika dibandingkan anda harus membeli mesin dengan beda - beda.

Demikian penjelasan mengenai kegunaan kertas sublim ini semoga dapat menambah wawasan untuk anda yang sedang mencari usaha baru sebagai tambahan di toko. Jangan lupa share ke kawan - kawan yang membutuhkan informasi ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel