Contoh Nota Usaha fotocopy, percetakan bisa di edit file cdr

10/03/2019
Nota merupakan catatan pembelian yang biasanya konsumen memintanya untuk laporan pembelian mereka, biasanya yang paling sering membutuhkan nota ini adalah kalangan konsumen pemerintahan, nah masalahnya terkadang membuat nota ini kesulitan tersendiri untuk kita ukuran, letak desain dan modelnya seperti apa membuat nota yang bagus, rapih dan memberikan image baik untuk usaha anda. yang jelas dalam mendesain nota ini memerlukan skil desain khusus agar bentuk nota enak dilihat mata dan tidak acak - acakan. Membuat nota juga dapat menggunakan ms.word dan juga corel namun untuk anda yang ingin mendapatkan bentuk nota yang cantik gunakan aplikasi corel draw agar lebih menarik.
Contoh Nota Usaha fotocopy, percetakan bisa di edit file cdr
Contoh Nota Usaha fotocopy, percetakan bisa di edit file cdr

Membuat nota umumnya terdapat beberapa tulisan yang tidak bisa dipisahkan dari model  nota yaitu nama barang, jumlah item, harga satuan, harga total dan sub total keseluruhan, untuk hal lain seperti diskon, potongan ini merupakan hal yang jarang di gunakan. karena sifatnya tidak terlalu banyak yang menerapkan hal ini jika masih perhitungan manual. kecuali jika anda menggunakan aplikasi kasir fotocopy secara otomatis akan dapat diberikan diskon tanpa harus kesulitan menghitung manual.

Awas Memberikan Nota Kosong kepada konsumen dapat Pidana

Perlu diketahui pernah hal ini terjadi pada pengusaha fotocopy yang dengan mudahnya memberikan nota kosong pada pelanggan fotocopy kebetulan saat itu pelanggannya adalah dari instansi pemerintah, tanpa memikirkan efek negatifnya dan juga bahaya nya nota kosong ini tiba - tiba beliau harus berurusan dengan pihak berwajib. Karena dituduh melakukan tindak membantu korupsi, rupanya nota kosong beliau ini digunakan untuk membuat data bohong pada laporan pusat pemerintahan dengan ditulis beberapa item yang dibeli pada toko beliau dengan pembelian yang besar, namun data ini fiktif dan uang nya masuk ke kantong peminta nota kosong tersebut. wah ternyata bahaya nya luar biasa ya. yang harusnya kita fokus dengan usaha tentu akan terganggu dengan urusan yang seperti ini. jadi dengan pengalaman orang lain tersebut tentu kita harus sebisa mungkin mengambil pelajaran jangan mudah memberikan nota kosong apalagi jika tidak ada pembelian tiba - tiba meminta nota.

Untuk menghindari pemberian nota ini teman - teman harus memiliki trik khusus pada konsumen yang akan berbelanja, misalnya tempel tulisan di tempat usaha teman - teman dengan tulisan TIDAK MELAYANI NOTA KOSONG dengan tulisan tersebut tentu konsumen akan menjadi lebih paham akan larangan di toko anda. untuk konsumen yang ingin menaikkan harga cobalah ajak diskusi terlebih dahulu misalnya beliau ingin mendapatkan keuntungan berapa dari jumlah fotocopy yang beliau bawa sebagai ongkos bensin, dan ini akan kita buat nota dilebihkan dari harga asli penjualan toko umunya, dan uang lebih tersebut diberikan kepada beliau dengan cara ini saya rasa lebih aman asalnya jangan sampai berlebihan tentu semuanya harus sesuai dengan item yang dibeli jika harga terlampau tinggi ini akan membahayakan toko anda karena harga jual yang tertulis di nota akan terlihat mahal, jadi sesuaikan saja dengan itemnya. misal harga fotocopy biasa perlembar 250, untuk dapat memberikan upah kepada konsumen bisa anda jual 300,-. Cara ini adalah yang bijak dapat kita lakukan.

Berikan Stempel pada nota agar lebih legalitas dan dipercaya konsumen

Stempel terlihatnya adalah hal sepele namun tanpa stempel nota tidak dapat legalitas dari toko penjualnya, sehingganya sebelum kita terjun membuka usaha fotocopy dan percetakan baiknya anda harus sudah menyiapkan stempel untuk toko anda. jadi semua nya tentu harus ada tahap perencanaan sehingga bisa mantap dengan bentuk stempel yang akan kita buat. Stempel ini biasanya terdapat nama toko, alamat dan no.telp namun hal tersebut tidaklah menjadi aturan yang jelas anda harus memiliki stempel toko agar nota anda tidak mudah dipalsukan, meskipun terkadang orang yang akan memalsukan lebih pintar daripada anda. setidaknya ini dapat meminim tindakan penipuan mengatasnamakan toko anda.

Bentuk stempel untuk usaha fotocopy ini anda baiknya menggunakan model stempel kayu agar tidak boros ditinta, karena umumnya stempel usaha ini akan sering digunakan. jadi kurang tepat jika menggunakan model yang stempel outomatis.

Cara Membuat Nota Otomatis tanpa harus ditulis manual

Saat ini sedang marak setiap toko menggunakan nota yang otomatis tanpa harus menulis manual dengan nota otomatis ini sebetulnya kita juga sudah bisa menghindari dari pemberian nota kosong, karena nota manual sudah tidak kita fungsikan lagi, Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi kasir fotocopy Namun ada beberapa pembisnis usaha fotocopy yang masih bingung menerapkan sistem nota otomatis ini, mereka beralasan bahwa repot untuk melakukan setiap transaksi padahal anda bisa menggunakan trik catat dan pindah.

Apa itu trik catat dan pindah, jadi pada aplikasi kasir fotocopy jika konsumen sedang ramai anda bisa mencatatnya terlebih dulu item yang dibeli dan jumlah fotocopy yang dikeluarkan dari mesin, setelah konsumen mulai senggang anda bisa menginputnya ke aplikasi dengan cara ini hasil penjualan tetap akan terkontrol.

Penggunaan aplikasi kasir fotocopy ini sangat mudah dan juga dapat digunakan oleh pembisnis fotocopy awam, Aplikasi ini pernah dibahas di youtube anda bisa membukanya disini : https://www.youtube.com/watch?v=lNpSKpY13Lc


Download model Nota file cdr gratis

Model nota tentu berbeda dengan satu yang lainnya ada yang modal landscape ada yang portrait namun umumnya model portrait adalah yang paling umum dan banyak digunakan. Nah untuk model nota ini sudah akan saya bagikan dan bisa anda edit nama toko, alamat, no. hp nya ukurannya menggunakan kertas f4 dipotong dibagi menjadi 4 bagian. Mendownloadnya sangat mudah klik disini anda akan diarahkan ke bagian media fire dan lakukan download. Dowload 1 , Download 2, Download 3

Demikian pembahasan mengenai cara membuat dan contoh nota usaha fotocopy beserta penjelasannya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi refrensi terbaik untuk anda.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »