Sabtu, 19 Oktober 2019

Belajar Teknik-teknik Fotografi Produk

Belajar Teknik-teknik Fotografi Produk - Dalam dunia perfotoan tentu kita sudah mengenal dengan sebutan Fotografi yang mana berasal dari Bahasa inggris: Photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" yang artinya cahaya dan grafo melukis atau menulis. Atau dapat dijelaskan dengan melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. secara umum fotografi adalah proses pengambilan gambar berupa foto dari suatu objek tertentu dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut.

Dalam Mengambil sebuah foto menggunakan kamara tentu harus memiliki teknik - teknik khusus agar hasil jepretan foto bagus, apalagi saat ini semakin maraknya camera hp yang memiliki kwalitas tinggi sehingga anda bisa berlatih teknik - teknik fotografi ini melalui camera hp tersebut. Cara mengambil foto dengan camera hp untuk menghasilkan gambar yang bagus tentu bukanlah suatu masalah karena pasalnya saat ini beberapa fotografer sudah menerapkan pengambilan gambar menggunakan hp.
Belajar Teknik-teknik Fotografi Produk
Belajar Teknik-teknik Fotografi Produk
Dengan mengetahui konsep dan teknik cara memotret yang baik ini tentu akan sangat bermanfaat untuk anda misalnya siap untuk menerima projek foto produk makanan, foto pakaian, foto hasil sablon apalagi saat ini kalangan pengusaha banyak yang mulai merabah ke pasar online jelas akan memberikan kesempatan kepada anda yang ahli dalam pengambilan gambar - gambar produk agar tampilannya menarik tanpa harus di edit.

Seperti yang kita ketahui saat ini pertumbuhan toko online semakin pesat sehingga pelaku bisnis pun harus mencari cara agar lebih menonjol dari produk lain yang serupa di tengah persaingan bisnis, salah satu caranya adalah dengan menampilkan foto produk yang menarik, untuk melakukannya tentu anda bisa bekerja sama dengan jasa fotografi dan memberikan peluang untuk mereka. 

Dasar - Dasar Fotografi Produk

Foto Produk
Foto Produk
1. Perhatikan Gear / Kamera

Gunakan kamera yang maksimal yang mana memiliki pixel yang tinggi, saat ini dengan kemajuan teknologi. kamera hp cinapun sudah memiliki kwalitas yang bagus asalnya teknik pengambilannya di usahakan pada tempat yang memiliki cahaya yang cukup untuk mengatasinya bisa ditambah dengan sorot lampu agar mendapatkan cahaya cukup. teknik memotret ini sangat solid apabila di paduan kedua nya antara teknik yang di pakai dan juga jenis kamera yang digunakan. yang pasti fotografi ini adalah "man behind the gun".

2. Komposisi

Anda bisa mengambil dimana bagusnya letak Komposisi atau bagian background, jadi anda harus memilih bagian backgound foto yang terlihat cantik dan usahakan warna - warna yang cerah. jadi harus bisa meletakan dimana foreground dimana background. 

3. Background

Dalam membuat background ini usahakan jangan banyak warna atau ornament sehingga foto akan fokus pada bagian yang dituju jangan sampai tujuan anda memotret sepatu namun malah fokus ke bagian gambar belakang sepatu yang terlalu ramai.

4. Angle

Angle ini cara kita menentulan sudut foto, misal motret orang, nah orang ini bisa terlihat tinggi,terlihat lebar, terlihat pendek, semua berdasarkan angle. biasanya dasar - dasar angle foto sebagai berikut :
  • Bird eye merupakan sudut pengambilan gambar dimana posisi kamera berada diatas objek
  • Eye level merupakan sudut pandang normal yang memposisikan kamera sejajar dengan objek.
  • Frog eye merupakan sudut pengambilan gambar dimana posisi kamera berada dibawah objek.

5. Point Of Interest

Hal ini sangat berkaitan juga dengan foto yang akan dihasilkan, Point Of Interest ini adalah menambahkan beberapa pemanis pada samping foto produk misalnya menambakan fot bunga, taburan bunga atau semacamnya yang membuat terlihat lebih manis. Usahakan untuk penambahan Point Of Interest hanya satu benda saja agar foto tetap fokus pada produk yang dijual.

6. Perspektif

Ini asalah bagian ornament foto yang akan dibentuk baik itu garis, anda bisa menambahkannya menggunakan aplikasi photoshop misalnya menanbahkan tulisan dll. usahakan tulisan ini gunakan font - font yang menarik.

7. Penentuan

Tentukan posisi apa yang akan di foto, misalnya produk jadi, proses pembuatan produk. dll yang pasti apa yang dilihat penonton itu harus benar - benar detail dan jelas. Misalnya saat proses banyak order, proses pembuatan, atau produk.

Teknik-teknik View fotografi Umum:

Field of view adalah komposisi umum yang dilihat dari ukuran jarak lensa ke objek yang akan di foto. Artinya anda bisa memotret sebuah objek dengan jarak yang sangat dekat, dekat, jauh atau sangat jauh. dibawah ini jenis-jenis field of fiew yang umumnya digunakan kalangan fotografi.

1. Extreme Close Up

Mengambil foto objek dengan jarak yang sangat dekat sehingga detail objek dapat terlihat jelas baik tekstur, kerut bahkan bercak pada objek.

2. Head Shot

Ini merupakan teknik pengambilan gambar foto dari atas kepala hingga dagu jika mengambil objek manusia.

3. Close up

Pemotretan teknik ini adalah dengan Batasan dari atas kepala hingga bahu pada manusia.

4. Medium Close up

Tenik ini adalah Batasan foto dengan komposisi dari atas kepala hingga dada.

5. Mid Shot

Teknik pengambilan Objek yang dipotret dengan batasan dari atas kepala hingga pinggang. atau sering disebut dikalangan fotografi foto setengah badan.

6. Medium Shot

Teknik pengambilan objek pada manusia dengan pemotretan dari kepala hingga lutut, foto ini disebut sebagai foto prempat badan.

7. Full Shot

Teknik pengambilan Objek pada batasan dari atas kepala hingga ujung kaki. atau biasa dikenal foto ini foto seluruh badan.

8. Long Shot

Teknik Pemotretan ini diambil dari jarak yang sangat jauh dari objek utama.Sehingga foto akan menghasilkan banyak background dan foto objek terlihat kecil.

Ruanganbaca: Belajar Teknik-teknik Fotografi Produk

Comments