Wajib Tahu Jenis-Jenis Format File Gambar sebelum terjun bisnis cetak foto

9/26/2019
Dalam urusan cetak gambar tentu kita selalu disandingkan dengan berbagai bentuk dan juga format gambar yang perlu kita ketahui. jangan sampai dengan format - format gambar yang akan kita cetak membuat hasilnya kurang maksimal dan tidak diterima konsumen. Bisnis cetak foto memang sampai saat ini masih menjanjikan untuk dijadikan usaha apalagi usaha yang dikembangkan dengan kantor, sekolah, dan lembaga - lembaga yang membutuhkan banyak dokumen. untuk bisnis cetak foto ini sebetulnya tidaklah harus mempunyai modal yang besar dan alat - alat yang mahal. karena hanya dengan memiliki printer inkjet anda sudah bisa membuka jasa layanan cetak foto ini dengan tarif yang terjangkau dan juga modal yang tidak lebih dari 5 juta rupiah.

 Jenis-Jenis Format File Gambar
 Jenis-Jenis Format File Gambar
Namun sebelum kita terjun dalam bisnis cetak foto ini tentu ada beberapa hal yang harus kita pelajari terlebih dulu salah satunya aplikasi photoshop dan juga bentuk - bentuk format dari gambar tersebut. Karena gambar pecah dan juga tidak dapat dicetak terkadang disebabkan format yang tidak mendukung atau tidak dapat dibuka di aplikasi photoshop. Cara belajar photoshop ini teman - teman bisa dapatkan dari berbagai sumber diinternet yang sudah mengupas tutorial dasar belajar photoshop untuk pemula sampai tingkat mahir.

Berapa Modal Usaha Cetak Foto 

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas dalam usaha cetak foto ini anda harus menggunakan printer yang bisa bekerja sebagai pencetak yang awet dan berkwalitas. mulailah dengan menginvestasikan modal ke printer inkjet Epson bisa anda gunakan L120 atau L3110 semua harus disesuaikan dengan budget yang ada. jika ada budget lebih cari yang lebih bagus dari printer diatas lebih baik. Untuk pasaran harga L120 ini kisaran 1,6 Jt sedangkan L3110 kisaran 2,4 jt. tentu semua tergantung dari tempat anda membeli printer tersebut. Selanjutnya modal untuk membeli komputer atau laptop gunakan yang standard saja misalnya core2 agar tidak terlalu lelet saat digunakan edit foto. untuk printer L120 ini agar hasil cetak maksimal ganti driver nya menggunakan L300. [akan dibahas kedepan]

Printer Untuk Cetak Foto yang Bagus

Jika anda besar modal memang sangat direkomendasikan mencari printer yang bagus untuk mencetak foto tentu semuanya bertujuan agar konsumen puas dengan hasil cetakan foto anda. Jika kita bicara mengenai printer yang bagus dan cocok tentu jawabannya sangat banyak. anda bisa mencari berbagai merk dan jenis printer yang menggunakan 6 tinta. jadi berbeda dengan printer jenis cetak dokoment yang hanya terdiri di 4 tinta saja.

Jenis - Jenis Format yang harus diketahui

Format JPG (Joint Photographic Expert Group)  - Format jpg ini adalah format gambar yang dikompresi karena jika kita bandingkan antara format gambar TIFF dan gambar dengan format JPG ini kurang mendetail atau berbentuk bintik jika kita Zoom. Gambar ini dapat dicetak dan diterima oleh aplikasi photoshop dan dapat di crop sesuai ukuran foto yang akan dicetak. lainnya gambar ini juga digunakan sebagai hiasan halaman web.

GIF (Graphic Interchange Format) : gambar ini biasanya berbentuk animasi atau gambar bergerak yang mana biasanya digunakan sebagai hiasan web, persentasi power point, format gambar ini tidak bagus jika harus dicetak menggunakan aplikasi photoshop karena ukuran nya yang kecil membuat pecah dan tidak bagus.

TIFF (Tagged Image Format) : Format tif ini sangat mendetail apabila untuk mencetak gambar - gambar yang besar seperti poster. dll file ini biasanya di tandai dengan ekstensi file *.tif yang dapat dibuka di aplikasi photoshop dan ai bahkan bebapa aplikasi editor gambar juga dapat membuka format ini dengan baik.

PNG : Format gambar PNG ini sangat baik dan tajam dibanding dengan format gif, kelebihan lainnya format gambar png ini dapat mentranfarasi bagian belakang backgroundnya seperti ketika kita masukkan format png dari hasil download misal bergambar bunga tanpa ada backgound sangat cocok digunakan untuk mendesain undangan.

BMP (Bitmap) : Format ini adalah format tertua di generasi komputer, karena jika kita perhatikan format bmp ini adalah kumpula titik - titik jutaan warna yang menjadi satu dan membentuk gambar. oleh karenanya apabila kita zoom gambar ini akan kurang mendetail dan kurang cocok dicetak menggunakan photoshop.

Demikian, beberapa jenis format file gambar. Semoga tulisan ini memberikan penambahan wawasan kita tentang seluk beluk dunia komputer dan percetakan.

Tag :
Perbedaan Ekstensi Gambar JPG, GIF, PNG, BMP dan TIFF, Macam-Macam Jenis Format Gambar dan Penjelasannya, Apa yang dimaksud format gambar, Apa yang dimaksud format PNG?, Apa bedanya format JPG dan PNG?, Apa perbedaan format JPEG dan JPG?

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »