Solusi motor scanner tidak berputar dan berdengung fotocopy canon IR - Ruanganbaca.com

Solusi motor scanner tidak berputar dan berdengung fotocopy canon IR

Problem motor scanner mesin fotocopy memang jarang terjadi namun kali ini masalah ini menimpa salah satu rekan pengusaha fotocopy dimana problem ini terjadi pada bagian motor scan mesin tidak bisa berputar atau bagian scan tidak jalan. sehingga menyebabkan bunyi dengung pada area scan tersebut. nah untuk teman - teman pemula pastinya akan kebingungan menghadapi masalah ini karena memang kerusakan ini tidak dapat ditampilkan dan hanya bisa dianalisa berdasarkan pengetahuan saja.

Solusi scanner yang berdengung ini perlu teman - teman ketahui ada beberapa langkah kecil yang harus kita lakukan. terutama pada bagian motor dan juga sensor. Sensor pada mesin fotocopy amat besar pengaruhnya terhadap keawetan mesin fotocopy karena sensor ibarat otot yang akan memberikan pergerakan pada setiap perintah yang diberikan otak. jadi apabila sensor ini bermasalah tentu terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan.
 
Solusi motor scanner tidak berputar dan berdengung
Solusi motor scanner tidak berputar dan berdengung
Jadi merawat sensor juga menjadi salah satu tugas yang perlu kita perhatikan dalam merawat mesin fotocopy. nah dalam kasus suara berdengung pada area motor ini masalahnya biasanya adalah pada bagian sesor jadi apabila teman - teman mengalami hal serupa bisa langsung ikuti beberapa tips kecil dibawah ini :
  • Cek bagian sensor di area rumah scanner, pastikan kondisinya bersih dan tidak ada debu yang menutupi bagian sensor tersebut agar kondisinya tetap prima.
  • apabila kondisi ini masih coba ganti bagian motor yang sudah berdengung tersebut bisa jadi motor sudah lemah.
Kasus ini pengalaman saya dapat diselesaikan dengan membersihkan bagian sensor rumah scanner yang mana ini disebabkan karena sensor tersebut kotor tertutup debu sehingga mesin tidak dapat mengenali dengan baik bagian ini. untuk teman - teman jika mengalami hal serupa sebelum mengganti motor baiknya terlebih dulu membersihkan bagian sensor dan apabila langkah tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah bisa langsung ke langkah berikutnya.

Demikian penjelasan mengenai masalah pada bagian motor scanner yang berdengung. semoga memberikan solusi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel