cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Fotocopy Hasil Blank Kyocera M2540dn/2040dn dikupas

Pada kesempatan kali ini kita mengulas seputar mesin fotocopy kyocera mini atau M2540/ 2040dn yang mengalami kondisi blank atau tidak ada hasil. yang mana ciri - ciri kerusakan ini adalah ketika anda mulai mencopy maka hasil tidak ada atau kosong hal ini dapat kita sebut dengan hasil fotocopy blank. Faktor yang mempengaruhi fotocopy blank ini memang terbilang sedikit rumit karena ini berhubungan pada bagian elektronik mesin atau mainboard kyocera m2540dn/2040dn. tentu untuk mengatasi kasus ini kita perlu sedikit pemahaman elektronik karena masalah ini bukanlah masalah Error biasa.  

Meskipun kasus hasil fotocopy blank ini jarang sekali terjadi namun bukan berarti masalah ini tidak bisa menghampiri anda. Karena terkadang kasus ini bisa secara tiba - tiba. Mengatasi hasil fotocopy blank ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri, dimana saat ini saya sedang mengerjakan banyak job fotocopy memang waktu itu mesin tanpa istirahat saya gunakan. tiba - tiba saat sedang asik mencopy hasil polos atau tidak ada. fikir saya mungkin bagian drum atau hal lainnya yang bermasalah tanpa ada fikiran kebagian mainboard mesin. 
 
Mulai saya bongkar bagian imaging unit dan juga bagian developer mesin lalu mengecek bagian roll magnet. saya berharap bisa menemukan masalah disana, Namun sudah lebih dari satu jam saya analisa masalah tidak ditemukan dibagian yang saya curigakan.

Hal yang perlu di cek saat mesin photocopy Blank hasil kosong

Jika saat ini anda mengalami masalah blank pada mesin photocopy kyocera m2040dn atau m2540dn sebelum memastikan kerusakan pada mainboard silahkan cek beberapa part ini :
  1. Cek Toner pada box toner
  2. Cek Magnet Roll Developing apakah ada tonernya
  3. Cek Kaca Atas apakah anda sudah memasukkan master yang akan di copy?

Jika sudah melakukan beberapa hal diatas. namun permasalahan masih maka hal ini bisa dipastikan problem pada bagian mainboard yang putus. Nah untuk melakukan perbaikan mainboard ini anda harus menguasai beberapa hal diantaranya :

  1. Paham penggunaan avometer 
  2. Paham Dasar elektronik dan kelistrikkan
  3. Paham cara menyolder baik menggunakan solder uap dan solder biasa
  4. Pengelihatan masih jelas, karena komponen bagian mainboard ini kecil-kecil
Jika dirasa anda mempu menguasai beberapa hal tersebut silahkan melanjutkan pencarian kebagian elektronik mesin yaitu dengan memberanikan diri saya membongkar bagian mainbord. 

Karena disini anda bukan teknisi mesin fotocopy jadi wajar saja jika ada sedikit ketakutan akan terjadi hal lain atau takut karena salah pemasangan. Namun hal ini bisa dipelajari secara perlahan - lahan memahami jalur cover mesinnya dan nanti akan sampai akhirnya anda berhasil membongkar bagian mainboard ini tepatnya jika dimesin kyocera M2540dn / 2040dn bagian mainboard ini ada disebelah kiri mesin. 
 
Setelah mainboard dibongkar maka anda bisa lakukan sendiri perbaikan mesin fotocopy hasilnya kosong tersebut. Nah jika anda tidak dapat melakukan apapun karena bukan orang yang paham akan elektronik mesin apalagi jika bagian - bagiannya sangat kecil.
 
Maka solusinya adalah menggunakan jasa service mesin photocopy kyocera dengan menghubungi Nomor WhatApp 085267610933

Solusi Fotocopy Hasil Blank Kyocera M2540dn/2040dn dikupas
Solusi Fotocopy Hasil Blank Kyocera M2540dn/2040dn dikupas
 
So, Pengalaman sahabat pengguna mesin photocopy kyocera ini. yang pernah mengalami kasus Kyocera Blank, Hingga akhirnya beliau membawa mainboard ini ke service elektonik yang biasa melayani service TV LED karena bentuk dan juga bagian - bagian element nya hampir sama dengan mesin TV led yang kecil - kecil. 
 
Hingga Akhirnya setelah sampai di tempat service beliau menjelaskan mengenai kerusakan yang terjadi pada mesin fotocopy kyocera dan minta untuk dicek bagian mana yang mati dengan menggunakan avometer. 
 
Hingga akhirnya cara ini tidak berhasil setelah dianalisa kurang lebih 10 menit dengan perlahan - lahan. Faktor masalah ini mungkin apa yang terjadi dengan beliau berbeda dengan mesin anda. meskipun masalah ini serupa.

Penjelasannya :

Mengapa cara ini tidak berhasil meskipun dibawa ke service elektronik? 
  1. Meskipun Kelihatannya Komponen Mainboard ini seperti TV LED tapi jalur Mainboard pada kyocera 2040dn ini berbeda.
  2. Tukang TV akan kesulitan saat dihadapkan dengan mainboard kyocera karena mainboard kyocera tidak ada panduan skema elektronik rangkaiannya baik di internet atau dibuku.

Sekarang Bagaimana Solusinya agak mainboard tetap dapat diperbaiki dan aman bisa hidup lagi? Silahkan hubungi Jasa Service Kyocera

Karena kerusakan mainboard blank ini berbeda-beda Tepatnya ada beberapa kasus kerusakan yang saya alami terjadi dibagian Fuse yang putus ada di bagian IC dan juga ada yang dibagian komponen HVT , saya berfikir mungkin penyebab fuse putus ini karena faktor kerja keras mesin. seperti yang sudah saya ulas diatas sebelumnya mesin saya gunakan untuk fotocopy tanpa istirahat.
Akhirnya kasus mesin fotocopy blank pada mesin kyocera ini telah saya temukan solusinya dengan mengganti bagian beberapa komponen fuse, untuk lebih detail mengenai fuse ini saya berikan contoh digambar bawah ini.
 
 
Service Mainboard Hasil Blank

 
bagian - bagian yang harus anda cek apakah kondisinya mati atau hidup. Demikian ulasan singkat mengenai solusi hasil fotocopy fotocopy kyocera blank semoga bermanfaat. Ikuti blog kami disini