Tips dari ruanganbaca.com Agar Puasa Kamu tidak Lemas dan Haus

Teman - teman Bula suci Ramadhan ini sudah beberapa hari ini kita jalani, dan mungkin dari sebagian orang ada yang menjalani ibadah puasa ini dengan keadaan yang lemas dan lesu, seperti tidak ada semangat. sebetulnya faktor yang menyebabkan puasa anda lemas adalah karena kurang nya asupan makanan dan minuman pada saat sahur. Perlu teman - teman ketahui bahwa sahur merupakan pembeda antara puasanya umat muslim dan juga puasanya umat agama lain. pernah dijelaskan di beberapa hadist sebagai berikut :

Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda,
فصل ما بين صيامنا وصيام أهل الكتاب أكلة السحور
“Yang membedakan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” (HR Muslim no 2545).
Selain itu, yang lebih penting lagi, bahwa pada makan sahur terdapat kebarakahan.
Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam berkata;
تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُحُوْرِ بَرَكَةً
“Sahurlah kalian,karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. al-Bukhari, 1923 dan Muslim, 1095).
Hadits Zaid bin Thabit r.a katanya: “Kami pernah bersahur bersama Rasulullah shalallahu ‘alaihi Wassallam. Setelah itu kami pun mendirikan sembahyang Subuh. Kemudian aku bertanya: Berapakah selang waktu di antara keduanya? Baginda menjawab: Kira-kira bacaan lima puluh ayat.”

Dari penjelasan yang secara langsung diucapkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam tentulah kita sudah dapat mengambil kesimpulan pentingnya sahur dalam berpuasa Ramadhan meskipun sahur merupakan sunnah hukumnya yang ketika tidak dikerjakan tidak mendapat dosa. 

Dan ada pula keutamaan lain yang lebih besar bagi yang makan sahur, yaitu Allah ta’aalaa dan para malaikatNya memberikan sholawat kepadanya. Sebagaimana sabda Nabi shallallaahu ‘alayhi wa sallam,
السَّحُوْرُ أَكْلُهُ بَرَمَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ
“Sahur, makannya adalah berkah. Maka, janganlah kalian tinggalkan, walaupun hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya, Allah dan Malaikat-Nya ber-shalawat kepada orang-orang yang sahur.” (HR. Ahmad)

Untuk anda yang puasanya masih mengalami lemas dan haus cobalah untuk sahur sebelum memulai puasa, nah dalam sahur ini ada sedikit tips yang akan menambah puasa anda seharian, saat anda selesai makan dan minum akhiri dengan gosok gigi, selanjutnya minum sesering mungkin agar menghindari perut kembung. Nah saat 3 menit lagi akan imsak anda minum lagi 1 gelas air. pengalaman pribadi dengan tips ini alhamdullilah menjalankan puasa tidak lemas dan lesu bahkan serasa meskipun waktu sudah sore jika kita diharuskan lari masih kuat. 

Namun kembali lagi semua kepada badan dan kebutuhan akan air dalam tubuh masing - masing bisa jadi tips diatas hanya berlaku untuk saya atau bisa juga berlaku untuk teman - teman semua. Yang pasti mungkin tips diatas perlu dicoba jika penasaran ingin kuat seharian dalam menjalankan ibadah puasa. Berikutnya adalah hidari makan mie instan saat sahur karena pengalaman saya sendiri jika kita sahur memakan mie instan setelah pagi serasa tenggorokan kering apalagi jika mie instan yang tidak berkuah atau mie instan goreng saat terasa sekali efeknya di tenggorokan dan ini menyebabkan tidak nyaman.

Selanjutnya hindari makan - makanan yang pedas, karena saat sudah imsak tenggorokan serasa kering dan agak sedikit pedih efeknya hampir sama saja dengan memakan mie instan. jadi teman - teman pastikan jika menyiapkan menu dalam sahur hidangkan menu yang netral saja seperti nasi putih dan untuk lauknya yang pasti bukan hal - hal yang saya terangkan diatas. jangan khawatir tips diatas bukan hanya teori tapi sudah saya jalankan selama beberapa kali puasa dan semuanya benar - benar memberikan bukti.

Kenapa Perlu Banyak Minum Air?

Perbanyak Minum air
Seperti yang kita ketahui air merupakan kandungan yang amat penting dalam tubuh kita yang menyebabkan lemas tentu karena kita kurang asupan air, yang membuat tidak semangat karena kita juga kekurangan air. oleh karenanya air adalah solusi utama kita untuk mengatasi permasalahan puasa yang lemas dan tidak semangat. Sebetulnya ada ciri khsus ketika tubuh kita kekurangan air yaitu anda dapat melihat warna air seni. ketika warna air seni keruh dan kuning sudah dapat dipastikan tubuh anda kekurangan air. sedangkan jika kita memiliki kandungan air yang cukup bisanya air seni berwarna bening. Apalagi jika kita banyak mengkonsumsi air pastinya bukan hanya air seni yang bening tapi anda juga akan pipis lebih sering.

Selain air ada hal lain yang dapat dijadikan alternatif lain yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah diantaranya Semangka, stroberi, anggur dan melon karena mengandung sekitar 90-92% air. Buah persik, rasberi, nanas, aprikot dan blueberi mengandung sekitar 85-89% air. Buah-buahan ini bisa kita konsumsi dalam keadaan segar, dibekukan atau dijus, dan dikonsumsi saat sahur. Anda bisa juga mencampurkan beberapa buah untuk membuat salad buah. Namun jika ini terlalu merepotkan tentu anda harus kembali saja untuk minum air yang banyak. Cara diatas merupakan cara mencegah haus dan lemas sebelum berpuasa, dan bagimana jika cara - cara diatas tidak dilakukan ? dan anda mangalami haus karena banyak aktifitas yang dijalankan? baca tips diawah ini

Tips Cara mengatasi Haus saat Puasa.

Haus saat berpuasa
Mejaga suhu tubuh tetap dalam kondisi normal akan bisa membantu anda agar tidak mudah merasa haus saat berpuasa, Namun terkadang kegiatan diluar ruangan membuat tubuh kita menjadi panas. Cara untuk mengatasi hal ini adalah biasanya dengan mandi atau berendam. Untuk sebagian orang yang bekerja dan menggunakan kendaraan bermotor dan telalu lama di perjalanan apalagi jika keadaan macet. tentu hal ini juga akan memicu datangnya haus saat sesampainya di tempat kerja, Solusinya adalah dengan cara meletakkan es batu di dalam handuk tipis dan menaruhnya selama dua menit di leher dan di pergelangan tangan, dimana menurut pakar kesehatan untuk menurunkan suhu tubuh yang panas adalah anda harus mengompres dengan es dua titik nadi tesebut antara leher dan pergelangan tangan.

Selain itu anda bisa meletakkan handuk tersebut di sekitaran pangkal kepala dan leher di air yang sejuk selama 5-10 menit. Di area ini ada banyak pembuluh darah yang berada dekat dengan permukaan kulit yang dapat membantu menetralisir suhu panas dalam tubuh anda.

Tips Lain seputar Cara Mengatasi Haus saat Puasa?

Kebanyakan dari kita umumnya rasa lapar masih bisa di tahan namun rasa haus biasanya dianggap lebih membuat kita tersiksa, apalagi jika kita dalam menjalankan sahur kekurangan air tentu dapat menyebabkan dehidrasi.

Agar kita dapat menghindari kerongkongan yang serasa tenggorokan seperti di padang pasir siang hari, Amat penting anda untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Karenanya seperti yang sudah saja ulas diatas sahur memegang peranan penting dalam mengontrol peranan haus saat berpuasa.

Dibawah ini merupakan tips lain yang dirangkum dari sumber yang berbeda yang bisa anda terapkan dalam berpuasa. 
  1. Minum Setidaknya 8 gelas air setiap hari, dalam kondisi berpuasa ini anda harus minum sesering mungkin dan pastikan asupan air dalam tubuh anda tercukupi.
  2. Menghindari makanan pedas dan panas karena dapat meningkatkan rasa dahaga di tenggorokan
  3. jangan memasak terlalu banyak garam yang di campur di masakan, hindari juga makanan seperti ikan asin dan acar yang akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan cair,
  4. Makan buah segar dan sayuran yang kaya air dan serah. Karena jenis sayur dan buah ini akan bertahan lama dalam usus sehingga mengurangi rasa haus.
  5. Minum jus buah segar dan hindari pemanis buatan saat sahur.
  6. Usahakan saat sahur jangan meminum banyak air sekaligus saat makan, cobalah untuk minum air diantara waktu makan dalam jumlah sedang namun sering.
Perhatian :
Minum Air Es saat buka puasa tidak akan mengobati rasa haus akan tetapi akan menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Cobalah anda minum dengan kondisi air yang memiliki suhu ruangan saja atau sedikit dingin.

Awas ini resiko anda jika setelah sahur kembali tidur!

Habis Makan Langsung Tidur
Ulasan ini diambil dari situs hallosehat.com yang menjelaskan permasalahan kesehatan mengenai tidur setelah sahur, Perlu diketahui setelah makanan masuk kedalam perut dalam posisi ini lambung akan mencernanya menjadikan sari - sari yang diberikan ke tubuh untuk menjadi energi kita sehari - hari. Sistem percernaan kita untuk dapat mengolah makanan sampai menjadi sari adalah sekitar 2 jam.

Dalam proses pencernaan ini membutuhkan darah tidak sedikit, sehingga kita tidak dianjurkan bekerja berat setelah makan misalnya olah raga. karena olah raga membutuhkan suplay darah yang banyak. Namun hal diatas bukan alasan untuk anda boleh langsung tidur. Karena selama anda tidur hampir seluruh fungsi tubuh anda berhenti sementara kecuali kerja jantung, otak dan paru - paru, Oleh karena itu tidur setelah makan sahur tidak memberikan waktu kepada sistem pencernaan anda untuk memecah makanan, pada akhirnya makanan akan tertimbun sia - sia dalam perut anda. tentu hal ini akan berdampak negatif untuk tubuh anda diantaranya :

1. Lemak dalam tubuh menimbun

Telah dilakukan oleh beberapa penelitian kebiasaan setelah makan lalu tidur yang dilakukan oleh orang keluarga gemuk dapat meningkatkan keluarga kegemukan (obesitas) sehingga dua kali lipat dari gemuk awal mereka.

Dalam kondisi ini makan yang masuk dalam perut tidak dicerna lambung ketika anda terlelap tidur, kalori dari makanan justru disimpan dalam bentuk lemak, apalagi jika makanan yang anda konsumsi tinggi akan karbohidrak, lemak dan serba gorengan.

Menurut : Jeremy Barnes, profesor dari Southeast Missouri State University, Menerangkan selama kita tidur otak justru memberikan rangsangan pada lambung untuk meningkatkan kadar hormon grehlin yang membuat kita lebih lapar ketika bangun.

2. Asam lambung menjadi naik (heartburn)

Bagi anda yang memiliki sakit Magg sangat baik sekali menghindari kebiasaan langsung tidur setelah sahur, karena hal ini menyebabkan makanan yang masuk dalam perut tidak dicerna. tentu hal ini akan menimbulkan masalah sistem pencernaan dan reisko asam lambung menjadi naik. Secara umum penjelasannya adalah apabila makana tidak tercerna dengan baik secara otomatis lamung meningkatkan produksi asam lambung untuk mempercepat prosesnya, ketika anda tidur gaya gravitasi akan memberi kelonggaran klep lambung sehingga menyebabkan asam lambung dalam perut mengalir balik ke kerongkongan.

Perlu diketahui asam lambung ini dapat mengikis lapisan dingding kerongkongan bahkan menyebabkan luka di kerongkongan, tentu hal ini dapat menyebabkan mulas, nyeri ulu hati dan sensasi panas perih seperti terbakar pada dada hingga tenggorokan.

3. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam lambung

Awas ketika jumlah asam lambung yang dihasilkan terlalu banyak dan terjadi terus menerus tanpa anda perhatikan pola kanan setelah makan tidur, Masalah asam lambung naik ini akan berkembang menjadi GERD atau refuks asam lambung.

GERD adalah kelanjutan dari asam lambung yang sering naik setidaknya 2 x dalam seminggu, GERD sendiri disebabkan karena klep pemisah antara lambung dan tenggorokan tidak menutup dengan baik, sehingga memungkinkan asam lambung naik mengalis balik ke kerongkongan. Asam lambung ini dapat melukai tenggorokan dan juga menimbulkan gejala lain diantaranya :
  • Panas seperti terbakar dibagian ulu hati
  • Makanan terasa ada yang naik ke kerongkongan.
  • Ada rasa Asam pada bagian belakang mulut.
  • Mulut terasa pahit
  • Mual pada perut
  • Muntah.
  • Perut terasa kembung.
  • Kesulitan menelan makanan.
  • Sendawa
  • Batuk.
  • Suara menjadi serak.
  • Nyeri dada, terutama saat anda berbaring.

4. Diare atau Sembelit Saat Buang air besar

Kondisi yang normal, 2 jam setelah makanan dicerna lambung akan kosong, sisa makanan akan menjadi ampas yang pindah ke usus dan di padatkan menjadi fases. Namun proses ini akan tertunda jika anda tidur setelah makan karena makanan akan terdiam di dalam perut.

Timbunnya makanan yang dicerna dalam perut yang tidak langsung dicerna umumnya akan menimbulkian gangguan percernaan seperti diare dan sembelit, semua ini tergantung dari faktor makanan yang anda konsumsi.

5. Awas Stroke Mengincar Anda

Teori ini di ulas dari beberapa sumber mengenai resiko stroke akibat tidur setelah makan, terkait dengan meningkatnya asalam lambung dapat menyebabkan sleep apnea yang kemudian memicu stroke, selain itu setelah makan terjadi perubahan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah dan hal - hal tersebut sangat berdampak ada peningkatan risiko terkena stroke.

Umunya jenis stroke yang berhubungan dengan kebiasaan tidur setelah makan ini adalah jenis stroke iskemik yang disebabkan akibat penyumbatan pada pembuluh darah otak .

Daripada Anda tidur Setelah makan, habiskan waktu untuk lakukan kegiatan yang bermanfaat.

Setelah anda membaca penjelasan diatas mengenai berbagai resiko yang dapat ditimbulkan karena kebisaan tidur setelah makan tentu hal ini wajib anda hindari agar kesehatan tubuh tetap terjaga. karena kebiasaan ini bukanlah hal sepele yang menurut pendapat anda biasa saja. Di dalam bulan suci Ramadhan ini lebih baik setelah sahur anda lakukan hal yang lebih bermanfaat untuk menambah pahala dibulan yang suci ini diantaranya :
  1. Mengaji
  2. Membaca buku yang bermanfaat
  3. Membaca artikel pengetahuan seperti yang dibahas diruanganbaca.com ini
  4. Berzikir
  5. Dan masih banyak hal positif lainnya yang dapat menambah pahala.
Demikian penjelasan mengenai Tips dari ruanganbaca.com Agar Puasa Kamu tidak Lemas dan Haus beserta tips lainnya. mudah - mudahan bermanfaat dan semoga puasa kita di bulan di terima pahalanya dan mendatkan gajaran kebaikan yang berlipat ganda. Untuk mengikuti artikel lainnya di blog ruanganbaca.com anda bisa mengikuti melalui EMAIL yang kami kirimkan Linknya. dengan cara klik disini dan masukkan email anda.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel