Paling mudah cara membuat blog untuk pemula siap praktek

Kesempatan kali ini kita mengulas bagaimana cara dan langkah - langkah membuat blog untuk pemula. Nah sebelum ruanganbaca.com jabarkan lebih lengkap tahapan - tahapan pembuatan blog tantu ada hal yang pastinya teman - teman harus ketahui terlebih dulu mengenai apa sebetulnya blog? Nah blog merupakan kumpulan artikel yang nantinya teman - teman buat yang berisi berita, informasi atau bahkan review sebuah produk. Nah dalam tahap pembuatan blog yang mesti di fikirkan sejak awal sebelum memulai membuat blog apalagi jika anda pemula dalam hal ini sudah pastinya pemilihan nice menjadi hal penting untuk mengembangkan blog anda kedepannya.

Belajar membuat blog pemula memang tidak lah mudah karena dalam pembuatan blog banyak tahapan - tahapan yang nantinya teman - teman harus pelajari misalnya mengubah template blog atau mengubah link blog, hal - hal teknis seperti ini tentu bukanlah hal mudah karena teman - teman harus menguasai sedikitnya bahasa pemograman. karena dalam mengubah link dan template teman - teman harus masuk ke bagian edit bahasa HTML, Dalam pembuatan blog ini teman - teman perlu menetapkan nama blog atau biasa disebut domain, Untuk domain ini terdapat dua pilihan yang domain gratis atau berbayar. Nah untuk domain gratis ini biasaya alamat akan disertakan dari server dimana anda membuat blog misalnya www.namablog.blogspot.com atau www.namablog.wordpress.com ketika anda perhatikan bagian ujung domain terdapat nama perusahaan masing - masing server atau tempat anda membuat blog. sedangkan untuk domain yang berbayar nama embel - embel perusahaan tersebut akan dihilangkan. seperti contohnya blog ruanganbaca.com.

Keuntungan memiliki sebuah blog adalah anda bisa mengisi waktu kosong anda dengan menulis tentu hal ini bukan hanya sebagai hiburan tapi juga sebagai sarana tempat anda membagikan tulisan yang bermanfaat untuk orang lain diluar sana. Blog sendiri memiliki beberapa istilah yang biasa kita dengar diantaranya adalah :
  • Blog adalah jurnal yang berisi artikel atau diari yang diterbitkan di internet,
  • Blogger yaitu orang yang membuat blog yang membagikan berbagai berita, tutorial seperti yang sekarang anda akan mulai anda merupakan calon blogger
  • Blogging berarti kegiatan mengurus blog, karena blog yang jarang di update merupakan blog yang tidak terurus.
Selain tempat anda berbagi tulisan dengan blog anda juga bisa mendapatkan uang jika blog yang anda tulis berkwalitas, karena anda bisa mengajukan kerja sama menjadi partner google adsense. jadi tunggu apalagi siapkan beberapa langkah dibawah ini guna memulai membuat blog untuk pemula.

Membuat blog untuk pemula dari nol

Hal yang pertama yang mesti disiapkan adalah anda harus memiliki gmail selanjutnya anda akses http://blogger.com untuk memulai membuat blog, maka akan ditampilkan halaman sebagai berikut :

Halaman Utama Membuat blog pemula
Halaman Utama Membuat blog pemula
Disini anda dapat mengklik yang sudah saya tandai panah, anda bisa mengklik untuk memulai membuat blog. berikutnya akan diarahkan masuk ke akun gmail milik anda.
Masukkan EMAIL Gmail anda
Setelah memasukkan gmail berikutnya anda akan diminta memasukkan password seperti layaknya Login ke halaman email anda. Selanjutnya anda akan diarahkan form pengisian judul, alamat blog dan juga pemilihan tema untuk blog yang anda akan buat.
Buat Blog baru
pada bagian judul anda bisa isikan judul blog yang akan dibuat misalnya blog akan berisi tutorial kecantikan anda bisa mengisinya dengan cantik alami atau lainnya, selanjutnya alamat blog anda isikan nama blog yang diingikan sampai notifikasi cheklis, dan menempilkan pesan " Alamat Blog ini Tersedia" bisaya jika alamat blog mengeluarkan notifikasi tanda seru artinya nama blog yang akan anda gunakan sudah dipakai oleh orang lain.

Selanjutnya anda akan diarahkan untuk membeli domain, jika hal ini belum mau dilakukan dan anda baru tahap mencoba membuat blog baiknya di close saja atau klik tombol lain kali. Selanjutnya anda akan diarahkan dihalaman blogger untuk melihat blog yang telah anda buat bisa klik bagian gambar yang saya lingkari dibawah ini :
Halaman Blogger
Jika blog berhasil dibuat maka blog akan ditampilkan di halaman browser berikut alamat domain yang telah anda buat sebelumnya, perhatikan gambar dibawah ini :
Halaman Blog
Yang saya lingkari pada gambar diatas merupakan alamat blog yang telah selesai dibuat, alamat ini bisa anda promosikan sebagai alamat blog anda.
Untuk memulai membuat tulisan atau posting anda bisa klik pada bagian Entri baru yang ditampilkan seperti gambar dibawah ini :

Halaman entri baru blogspot
Dari langkah - langkah singkat membuat blog pemula ini tentu mudah sangat untuk di praktekkan, anda tidak perlu lagi fikir - fikir karena membuat blog ini 100% gratis dan akan aktif selama anda menggunakan akun gmail.

Demikian postingan saya mengenai panduan membuat blogspot untuk pemula yang sangat mudah diikuti, jangan lupa untuk praktek agar apa yang kita dapat menjadi lebih mengerti. untuk berlangganan artikel baru silakan ikuti kami disini.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel