Cara mengatasi E000017-0001 Photocopy Canon iR Advance - Ruanganbaca.com

Cara mengatasi E000017-0001 Photocopy Canon iR Advance

Cara mengatasi E000017-0001 Photocopy Canon iR Advance - Pembahasan ini seputar permasalahan Error E000017-0001 Photocopy Canon iR Advance yang mana memang seri fotocopy ini dikenal seri terbaru dalam mesin fotocopy canon namun bukan berarti masalah pada mesin ini tidak pernah terjadi. Permasalahan yang terjadi pada mesin fotocopy canon iRA memang terkadang berbeda dengan mesin fotocopy canon iR. meskipun keduanya sama - sama keluaran produksi canon.

Seperti halnya error E017 ini jarang sekali menimpa pada mesin canon iR namun pada mesin photocopy Canon iRA masalah ini kerap terjadi, memang permasalahan nya cukup sepele berdasarkan pengalaman beberapa teknisi yang pernah memperbaiki masalah ini. Awal mula terjadi Error E017 ini pada mesin tetangga saya yang menggunakan seri iR Advance beliau menceritakan masalahnya yang mana awalnya mesin dalam kondisi baik - baik saja. Tiba - tiba masalah langsung muncul dengan kode error ini.
Cara mengatasi E000017-0001 Photocopy Canon iR Advance
Cara mengatasi E000017-0001 Photocopy Canon iR Advance
Saya sendiri memang belum terlalu mahir dalam menangani permasalahan fotocopy canon  IRA namun mungkin sedikit - sedikit memiliki kemiripan jika kita selidiki dengan telaten permasalahannya dengan canon type iR. langkah pertama saya mencoba mengecek bagian kabel - kabel pada bagian mainboard dan semua saya pastikan dalam keadaan normal tidak ada yang putus seperti digigit tikus, kabel kejepit dan lainnya. Setelah itu pengecekan saya lanjutkan dengan mengecek bagian sensor - sensor utamanya sensor yang berada pada bagian mesin.

Singkat cerita setelah membersihkan beberapa sensor namun masalah masih terjadi setelah di lakukan tes mesin tidak mau ready dan selalu kembali ke keadaan error E017. Sedangkan jika saya baca buku service manual untuk type iRA ini dijelaskan sebagai berikut :


E017-0001
1.       Check the connection of the ETB disengage sensor (PS56)
Sensor side : J2101, J3270, PCB side, J343 (Duplex driver PCB)
2.       Check the Connection of the duplex feed left motor (M19)
3.       Replace the ETB disengage sensor (PS56)
4.       Replace the duplex feed left motor (M19)
5.       Replace the duplex driver PCB (PCB4)
6.       Replace the DC controller PCB (PCB1)
E017-0002
1.       Check the connection of the ETB disengage sensor (PS55)
Sensor Side : J2100, J3270, PCB side, J343 (Duplex driver PCB)
2.       Check the connection of the duplex feed left motor (M19)
3.       Replace the ETB disengage sensor (PS55)
4.       Replace the duplex feed left motor (M19)
5.       Replace the duplex driver PCB (PCB4)
6.       Replace the DC controller PCB (PCB1)
Dari penjelasan diatas sangat jelas jika permasalahan ini adalah pada bagian sensor, dan beberapa sensor tersebut sudah dijelaskan diatas, akhirnya setelah beberapa jam saya menggeluti permasalahan error ini mendapatkan solusi setelah membersihkan bagian sensor yang letaknya di bagian belakang Belt. permasalahanya adalah karena sensor kotor. setelah di bersihkan mesin dapat berlajan kembali dengan normal.

Akhirnya masalah sudah dapat ditemukan E017 ini disebabkan karena sensor belakang belt kotor, memang seperti penjelasan pada service manual canon di atas bahwa masalah ini tidak jauh - jauh dari sensor mesin photocopy yang kotor atau rusak, jadi jika seluruh sensor sudah dibersihkan namun permasalahan tidak dapat hilang baiknya sensor yang kira -kita mencurigakan atau sudah tidak layak di ganti dengan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel