Ketahui cara membuka dan letak laser unit Fotocopy Canon IR

Kerusakan pada mesin fotocopy biasanya ditandai dengan kode error seperti masalah E0100 dan juga E061. dua kode error ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada area laser unit mesin fotocopy atau sering disebut dan dikenal dengan panggilan Scanner Unit. Mungkin sebutan laser unit tidak asing di telinga kita namun taukah kita apa fungsi dari laser unit ini? Perlu saya jelaskan laser unit pada mesin fotocopy namun sebelum menjelaskan masalah itu perlu anda ketahui alur kerja laser unit ini.

Pertama kali kita menghidupkan mesin fotocopy dan melakukan proses copy yang sebelumnya telah meletakkan dokumen di bagian atas kaca. lalu mengklik start dan lampu akan mulai menyinari bagian dokumen ini dengan bantuan miror cahaya yang diolah mesin fotocopy lalu dikirimkan kebagian pantulan ini ke bagian CCD mesin fotocopy. Setelah sampai kedalam CCD salinan cahaya tadi diubah menjadi salinan dokumen dengan kode Biner (10101010) proses binerisasi ini yang sering disebut sebagai mesin fotocopy digital.

Dari CCD ini proses angka tadi akan dikirim ke bagian Laser Unit atau sering disebut Scanner Unit yang diproses mantul kebagian permukaan drum mesin fotocopy dimana teori ini angka 1 di proses untuk daerah yang gelap atau jenis tulisan, sedangkan angka 0 di proses untuk daerah yang berwarna terang atau putih. atau sebaliknya sehingga proses tulisan dapat di aplikasikan diarea drum mesin fotocopy.

Secara umum apabila kita jabarkan fungsi laser unit adalah menangkap cahaya yang dikirim lalu diproses atau menangkap dan meneruskan sinyal digital dari laser scanner ke permukaan drum. dalam proses perbaikan masalah error yang disebabkan oleh bagian laser unit terkadang ada masalah yang dampaknya sama seperti kesalahan pada laser unit namun ternyata kerusakan bukan disebabkan area laser unit. Nah hal inilah yang perlu kita analisa kembali dan memastikan kerusakan laser unit adalah langkah terakhir yang kita lakukan ketika perbaikan yang lainnya sudah di tangani.

Tanda - Tanda kerusakan Laser Unit Mesin Fotocopy Canon IR.

Tanda kerusakan bagian laser ini biasanya mesin akan error E0100 dan juga E061 nah perbaikan ini sudah pernah dibahas di blog ini anda bisa masuk ke artikel bawah ini :
Artinya kerusakan laser unit pada mesin fotocopy akan diketahui dari pesan yang ditampilkan di bagian layar LCD Mesin fotocopy. untuk menjaga laser unit sendiri anda perlu balajar cara membersihkan laser unit mesin fotocopy, karena hal ini juga salah satu cara menjaga agar laser mesin fotocopy terjaga dan selalu bersih. Laser unit juga sangat berpengaruh dengan hasil fotocopy yang tajam atau hasil fotocopy yang kurang jelas. namun tidak menuntut kemungkinan cara mempertajam hasil fotocopy canon ini hanya dibagian laser unit saja. terkadang bagian part lainya juga saling berkaitan seperti halnya bagian drum.

Cara dan Langkah Membuka Laser Unit Mesin Fotocopy

Untuk mencopot bagian laser unit terlebih dulu anda akan membuka bagian Hopper  dan toner dis, atau lebih lengkapnya anda bisa simak gambar dibawah ini :
Langkah Pertama

Langkah Kedua


Langkah Tiga

Langkah Empat Anda jorong bagian ini agar terbuka
Langkah Lima Tarik Laser unit secara perlahan, namun sebelumnya lepas semua soket

Langkah diatas tidak saya fotoco secara mendetail, namun secara singkat disanalah letak Laser unit mesin fotocopy tepatnya diatas kaca. Anda bisa menariknya dengan perlahan namun sebelumnya tentu harus melepas beberapa secrup dan juga bagian socket mesin fotocopy yang saling berkaitan untuk melepas bagian Laser Unit ini.

Cara Melapas Laser unit ini sebetulnya cukup mudah, yang diperlukan hanya ketelitian dan juga hati - hati jangan sampai tujuan kita ingin memperbaiki masalah menjadi masalah baru karena kesalahan kita sendiri. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas masalah kerusakan laser Unit ini biasanya mesin fotocopy akan mengeluarkan kode Error E000100-0001. 

Semoga setelah anda membaca artikel cara membuka dan letak laser unit Fotocopy Canon IR dapat memberikan pengalaman baru, serta wawasan baru mengenai langkah membuka laser unit. Sampai disini artikel yang dapat saya tulis apabila ada tambahan silakan berkomentar di halaman bawah ini terimakasih sudah berkunjung di blog ruanganbaca.com.

0 Response to "Ketahui cara membuka dan letak laser unit Fotocopy Canon IR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel