cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEMPERBAIKI MASALAH ERROR 001 - 003 CANON IR 5000

MEMPERBAIKI MASALAH ERROR 001 - 003 CANON IR 5000  - Masalah E001 - E003 ini biasanya terjadi penyebab utamanya adalah di bagian fixing unit. Dari beberapa masalah yang rekan - rekan admin alami, komponen penyebab error 001 - 003 adalah bagian thermistor, sub thermistor atau thermoswitch. Namun pada kasus tertentu tidak menutup kemungkinan komponen lain yang bermasalah. Bahkan untuk kasus yang amat serius harus mengganti DC control. tapi mudah - mudahan mesin sobat tidak untuk masalah DC control.

MEMPERBAIKI MASALAH ERROR 001 - 003 CANON IR 5000
MEMPERBAIKI MASALAH ERROR 001 - 003 CANON IR 5000

Untuk menangani masalah error 001 - 003 ada beberapa langkah yang harus sobat lakukan diantaranya adalah :
1.  Clear error
Ini merupakan langkah utama sebelum melakukan perbaikan kebagian - bagian lainnya. sobat ruanganbaca.com tentu sudah tahu caranya, masuk ke *28* pilih COPIER pilih FUNCTION pilih ERR tekan OK. Restart mesin, dalam kasus ini biasanya error akan hilang. apabila masalah masih kembali kita akan lanjut ke perbaikan error 001 - 003 pada mesin fotocopy ir5000/6000 selanjutnya.

2. Bersihkan Thermistor dan sub thermistor
Langkah ini sobat harus membongkar bagian unit pemanas untuk membersihkan thermistor. Terkadang Penyebab error 001-003 bisa disebabkan karena thermistor yang sudah kotor. Setelah unit pemanas dilepas, selanjutnya bagian upper juga harus dilepas, cek bagian thermistornya kotor atau tidak. Sobat harus membersihkan dengan hati-hati jangan sampai menyebabkan plastik penutup busa thermistornya sobek. Bersihkan juga bagian sub thermistornya apabila langkah pembersihan sudah dilakukan sekarang pasang kembali dan tes. Mudah-mudahan permasalahan selesai. Jika masih belum kelar lanjut ke langkah berikutnya.

3. Ganti Bagian Thermistor
Jika tahapan langkah di atas sudah dilakukan dengan benar dan error masih belum hilang, kemungkinan thermistor memang bermasalah. Opsinya adalah sobat harus ganti thermistor dengan yang baru atau jika mesin lebih dari satu cobalah dahulu dengan thermistor mesin lain. Jika setelah diganti mesin bisa ready berarti memang thermistor yang bermasalah.

Nah dari beberapa point yang kita bahas di atas mudah - mudahan masalah error 001 - 003 pada mesin fotocopy ir5000/6000 bisa di atasi dan mendapatkan solusi, sekian semoga bermanfaat