Langkah penggunaan mesin cutting stiker

Pada kesempatan ini ruanganbaca.com akan berbagi tips bagaimana cara mengoprasikan mesin cutting sticker yang baik dan benar. karna cara ini merupakan salah satu langkah awal sobat menggunakan mesin cutting stiker, selain cara pemakaian mesin cutting hal yang terpenting adalah sobat harus melakukan perawatan mesin cutting sticker itu sendiri tujuannya tentu agar mesin cutting sticker awet dan panjang umur. terutama perawatan yang dimulai dari kebersihan dan mata pisau mesin cutting sticker, karna penggunaan yang tidak tepat akan berakibat fatal pada mesin itu sendiri jelas ini akan merugikan sobat sebagai pengguna.

Langkah penggunaan mesin cutting stiker
Langkah penggunaan mesin cutting stiker 
Oleh karena itu, penting bagi sobat mengetahui cara menggunakan mesin cutting sticker beserta perawatannya . Berikut ini merupakan langkah penggunaan mesin cutting.

Mulai persiapan
  1. Pertama-tama, persiapkan peralatan dan bahan-bahan dalam pembuatan sticker.
  2. Peralatan yang harus dipersiapkan antara lain mesin cutting sticker, komputer yang telah terinstall program desain seperti coreldraw, gunting, pisau cutter, dan penggaris.
  3. Sementara bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bahan sticker untuk dipotong dan transfer tape (sejenis lakban plastik yang bening dan tidak terlalu lengket). Fungsi transfer tape adalah sebagai penutup bagian atas sticker dan sebagai media transfer sticker untuk ditempelkan di tempat yang ditentukan.
Baca Juga :

Hubungkan Port USB mesin cutting sticker pada komputer
Setelah sobat menyiapkan semua bahan, sobat bisa melanjutkan dengan mencolokkan usb port mesin cutting ke komputer lalu install driver mesin cutting dan juga aplikasi yang akan sobat gunakan untuk mendesain, bisanya menggunakan coreldraw.

Membuat Pola gambar yang akan di cutting
Proses ini merupakan hal penting ketika ingin mencetak gambar berupa vector melalui mesin cutting, sobat bisa gunakan aplikasi Corel Draw atau art cut bawaan dari mesin cutting sendiri.

Pemasangan bahan sticker ke mesin cutting
Sebetulnya proses cutting sama saja halnya seperti sobat mencetak kertas, namun prosesnya harus di jepit menggunakan roda penjepit mesin, untuk merk jinka yang ukuran lebar 25 cm memiliki dua kaki penjepit.

Persiapkan mesin cutting sticker
  1. Tekan tombol online pada mesin cutting sticker
  2. Setel bahan sticker yang sudah dijepit dengan roda tadi maju mundur disesuikan, pastikan harus lurus (tombol S+ dan S-). Perhatikan baik-baik pemasangan ini jangan sampai miring.
  3. Setel jarum atau pisau pada mesin pastikan akan bergeser ke kiri dan ke kanan dengan sempurna. Lalu tekan OK.
  4. Setel kecepatan dan tekanan jarum atau pisau. 
  5. Proses cutting sticker siap digunakan
Finishing
Setelah proses diatas sudah berhasil dilakukan sobat akan melakukan proses finishing dimana proses ini adalah mengelupas bagian - bagian gambar yang tidak terpakai. pengelupasan ini harus sobat lakukan dengan hati-hati untuk tepatnya gunakan ujung cutter agar bisa membuka pola gambar. setelah proses pengelupasan selesai tutup area bagian atas atau bisa sobat lapisi menggunakan tranfer tape.

Dari penjelasan langkah penggunaan mesin cutting stiker ini semoga memberikan wawasan baru khususnya untuk sobat yang mulai bergerak di bidang usaha cutting. pada dasarnya usaha cutting merupakan usaha kreatif sehingganya kemampuan dalam mendesain sobat harus terus di asah. semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk like dan share.

0 Response to "Langkah penggunaan mesin cutting stiker "

Posting Komentar