Cara Mudah Menentukan Harga Jual Perlembar Fotocopy saat ini

menentukan harga fotocopy
Menentukan Harga Fotocopy
Cara Menentukan Harga Perlembar Fotocopy saat ini - Sebagai pembisnis copy center kenaikan kertas dan barang -barang produksi saat ini membuat sebagian kalangan pengusaha fotokopi bingung menentukan harga jual fotocopy yang pas, agar tidak rugi dan juga tidak terlalu mahal dimata konsumen. faktor utama yang mengharuskan anda mengubah serta menentukan harga adalah :

1. Bahan Kertas Per Rim
2. Sewa Tempat Usaha
3. Harga Pergantian Sparepart (opc drum,primary dan wiper blade, serta fuser film)
4. Listrik per bulan
6. Perawatan teknisi
7. Gaji karyawan (Jika ada)

Dalam bisnis fotokopi menentukan harga jual merupakan hal yang sangat penting terlebih ketika anda merupakan pengusaha pemula dalam bisnis fotokopi, sehingganya biaya yang harus ada keluarkan untuk teknisi dan sparepart tentu harus di perhitungkan. jangan sampai biaya tersebut menggunakan dana dari usaha lainnya. jelas hal ini harus di pertimbangkan. Selain dari perawatan fotokopi hal - hal seperti harga kertas, harga toner, listrik, sewa tempat ini harus lebih detail lagi di perhitungkan, dari perhitungan ini anda akan bisa menemukan berapa pendapatan bersih usaha fotocopy.

Adapun cara hitung secara singkatnya seperti ini :
Harga kertas perlembar + (ditambah) harga toner perlembar + (ditambah) harga sparepart perlembar + (ditambah) harga maintenance/teknisi perlembar + (ditambah) biaya listrik perlembar + (ditambah) gaji karyawan perlembar, lebih jelasnya kita akan mengupas lebih detail lagi :

Contoh lain : satu rim kertas F4 = 500 Lembar
Hitungan Fotocopy Sumber : http://www.pesancopy.com
Keterangan :

  1. Unit Drum termasuk didalamnya adalah OPC Drum, Roller charging, wiper blade dan Fuser film saya total Rp. 445.000, kesemua part tersebut mampu mencetak sampai 20.000 lembar bahkan lebih
  2. Listrik saya asumsikan anda menggunakan listrik 1.300 watt, saya ambil asumsi pemakaian paling boros yaitu Rp. 400.000 sebulan saya bagi pemakaian kertas satu bulan 13.000, maka didapat biaya listrik untuk satu lembar kertas yaitu Rp.30
  3. Ruko satu lantai kecil saya asumsikan Rp. 7 juta satu tahun, dibagi 12 bulan kemudian saya bagi pemakaian kertas dalam sebulan 13.000 lembar ,maka didapat hasil penggunakan jasa ruko untuk satu lembar kertas yaitu Rp. 46
  4. 1 kg toner mampu untuk mencetak hingga 20.000 lembar
  5. Maintenance walau tidak setiap bulan saya asumsikan setiap satu kali kunjungan biasa menarik biaya 150.000 disini ditulis Rp.200.000 dibagi dengan pemakaian kertas 13.000 dalam satu bulan maka didapat biaya maintenance Rp. 15
  6. Hitungan ini merupakan hitungan paling besar dan paling sepi konsumen keuntungan akan bertambah ketika fotocopy anda ramai. hitungan di atas sebagai panduan saja bisa anda sesuaikan dengan usaha masing - masing.
  7. Harga kertas bisa lebih murah atau mahal tergantung merek yang anda beli di kota anda, satu Rim berisi 500 lembar
Normalnya disebagian wilayah harga fotocopy perlembar Rp.200,- bahkan ada yang lebih. keuntungan kecil tersebut akan bertambah jika dibarengi dengan jualan lainnya seperti pulsa, pembayaran listrik, alat tulis kantor, cetak foto, laminating sebagai tambahan dan penunjang usaha fotocopy anda.

Sebagai alat bantu anda bisa menginstal aplikasi kasir fotocopy yang akan memudahkan transaksi fotocopy dan juga melihat keuntungan anda silakan klik dibawah ini :

Download Aplikasi Kasir Fotocopy

Dalam hal usaha fotocopy sebaiknya anda harus benar - benar menentukan keuntungan dan kerugian usaha fotocopy, sehingga anda dapat menekan angka - angka kerugian tersebut. jangan sampai ketika mendapatkan order banyak anda banting harga sehingganya yang anda dapatkan hanya lelah saja dan keuntungan sangat - sangat tipis.

Baca Juga :
Cara ini bisa atasi hasil fotocopy polos putih canon ir 3300
Kertas selalu macet di pintu samping ini bisa jadi penyebab utamanya IR5000/6000

Demikian artikel ini semoga memberikan pencerahan dan dapat membantu anda dalam menghitung harga fotocopy, pembahasan di atas bukan untuk dijadikan patokan harga, baiknya sesuaikan dengan harga produksi masing-masing. apabila ada yang ingin di tambahkan silakan komen. Jangan Lupa Like dan share.

0 Response to "Cara Mudah Menentukan Harga Jual Perlembar Fotocopy saat ini"

Posting Komentar