cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Suhu 3d Printer Agar lebih panas

Cara Menaikkan Suhu 3d Printer Agar lebih panas - Untuk membeli printer 3d dengan suhu hotend 350 derajat memang harganya sangat mahal. sebetulnya panasnya suhu hotend sendiri kembali ke kebutuhan masing - masing pengguna. apabila untuk mencetak bahan ringan seperti TPU, ABS dan PLA suhu 260 derajat dirasa sudah cukup. suhu 3d print 260 derajat adalah suhu default bawaan mesin 3d print standard.

Berbeda dengan halnya ketika kita akan mencetak bahan yang keras. seperti Nylon Carbon yang membutuhkan panas hotend 300 derajat tentu memerlukan 3d print yang mampu mencapai suhu tersebut. sebelum kita menaikkan suhu printer 3d kamu perlu ketahui beberapa hal yang harus di upgrade.

Hotend 3d Print titanium alloy

Manfaat mengUpgrade Hotend lebih panas

Bahan filament yang dapat digunakan lebih banyak dari biasanya tidak terbatas dari PLA, TPU, PETG dan ABS dengan mengupgrade hotend kamu bisa mencetak bahan dengan kebutuhan kelas tinggi seperti nylon carbon yang dapat meleleh di suhu sampai 300 derajat. tidak hanya bahan nylon carbon ada beberapa bahan filament yang titik lelehnya tinggi diantaranya :

ePA (Nylon)

Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan industri sparepart, craft dan mold desain. Material ePA Nylon Hight Toughness, Oil Resistance, Chemical Resistance.

ePA-Carbon Fiber

Harga Kisaran

Rp. 870.000

ePA-CF

Berbahan dasar nilon, tidak berbau efek pencetakan matte dengan kekuatan tinggi , ketangguhan baik, bahan tahan aus. cocok untuk mencetak komponen industri dengan suhu tinggi dibanding dengan nylon ePA-CF memiliki tingkat penyusutan yang lebih rendah.

eSUN ePA-CF

Harga Kisaran

Rp. 869.900

ePA-GF

diproduksi oleh nilon yang diperkokoh dengan campuran serat kaca, dibanding dengan bahan nylon murni kekuatan mekanik, kekakuan, tahan panas, ketahanan mulur lebih meningkat. biasanya digunakan untuk pembuatan bantalan, suku cadang sepeda, suku cadang mobil, peralatan memancing dan peralatan lainnya untuk media yang tahan panas.

Epa-Gf Nylon 

Harga Kisaran

Rp. 1.252.500

ePA6-CF

Kekuatan tinggi dan ketahanan benturan, serat karbon meningkat tahan panas ePA6-CF dapat mencetak semua suku cadang teknik berkekuatan tinggi, akurasi cetak yang tinggi daya susut rendah dapat diaplikasikan pada desain kreatif, pakaian, suku cadang mobil suku cadang mekanis, suku cadang elektronik dan bagian suku cadang teknik.

ePAHT CF 

Harga Kisaran

Rp. 1.250.000

jenis filament diatas membutuhkan  panas yang akurat dalam titik lelehnya sehingga membutuhkan printer 3d yang suhu hotend mencapai 300 derajat. Untuk beberapa 3d print dapat di upgrade agar dapat mencapai suhu yang dibutuhkan dengan cara :

  1. Ganti bagian Hotend dengan titanium alloy hight temperatur
  2. Upgrade Firmware pada printer 3D yang disediakan di situs reminya

dengan 2 cara tersebut umumnya printer 3d dapat di tingkatkan. hal ini tergantung dari merk pabrikan 3d printer itu sendiri apakah menyediakan fitur dan komponen tersebut atau tidak. saya sendiri sudah mencoba cara ini di 3d print Mingda magician X2 yang awalnya suhu hotend 260 derajat dapat di ubah menjadi 300 derajat.

Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan Suhu 3d Printer Agar lebih panas"