cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wow 10+ Aplikasi Pembuat Game untuk PC / Laptop (Terbaik 2022)

RUANGANBACA.COM - Jika kamu adalah orang yang suka bermain game tidak ada salahnya jika ingin mencoba bagaimana cara membuat game sendiri. namun mungkin saat ini dibenak kamu berfikir bagaimana cara membuatnya? tentu untuk sekarang membuat game dapat dilakukan dengan mudah bahkan bisa saja suatu saat anda menjadi pengembang game terkenal. 

Dalam pembuatan game ini anda memerlukan aplikasi pendukung dalam pembuatan game yang bisa membantu dalam membuat game. namun perlu diketahui apabila kedepan tujuan anda membuat game yang terkenal yang menjadi patokan bukan hanya software game saja melainkan anda juga harus mengembangkan skill khusus agar dapat membuat game yang banyak disukai orang. so apa yang harus dilakukan? berlatihlah dengan berlatih maka anda mengasah kemampuan anda dalam tahap tahap pembuatan game menggunakan software pembuat game yang anda gunakan.

aplikasi pembuat game

10+ Aplikasi Pembuat Game untuk PC / Laptop

Pertanyaan yang mungkin ada dibenak anda adalah apa aplikasi pembuat game ribet dan susah? tentu saja tidak. software pembuat game berbeda-beda tingkatnya dan cara penguasaanya ada beberapa software game yang bisa digunakan untuk pemula. tentu anda bisa memilih beberapa aplikasi game yang nantinya enak dan nyaman anda gunakan.

Untuk memudahkan anda memilik jenis aplikasi pembuat game mana yang cocok anda gunakan, diartikel ini kita akan membahas 10 aplikasi pembuat game mudah yang bisa anda coba.

1.Unity

Mungkin anda pernah melihat sebuah game dengan layar pembuka unity ya. ini adalah game yang dibuat menggunakan software unity. aplikasi unity sendiri merupakan software pembuat game untuk PC/Laptop yang didesain dengan multiplatform. sering dikenal dengan sebutan Unity3D karena awal kemunculannya aplikasi Unity3D hanya diperuntukkan game dengan model 3D.

Namun untuk saat ini versi unity 4.3 sudah didesain support untuk pembuatan game 2D. aplikasi unity sendiri menggunakan bahasa pemograman C# dan javascript selain itu aplikasi unity sudah dilengkapi dengan fitur drag dan drop serta pengaturan pada property inspector. untuk leyar kerja sendiri aplikasi unity terbilang cukup lengkap misalnya layar kerja game, anomator, scene, animation.dll

Jika anda pengguna pertama aplikasi unity maka akan ditampilkan text editor bawaan yang sudah disediakan MonoDevelop namun tidak perlu khawatir anda bisa merubah MonoDevelop dengan Visual Studio, Notepad++ dan lain sebagainya. Aplikasi unity 3D sendiri sudah menyediakan fitur Virtual Reality dapat mem build ke beberapa flatform diantarnya :

  • Android
  • iOS
  • PC
  • Web
  • Play Station
  • Xbox
  • dan Windows Phone

DOWNLOAD

2.GameMaker

Aplikasi pembuat game kedua adalah game maker. yang mana aplikasi pembuat game ini hasil buatan YoYo Games untuk pemula aplikasi ini sangat direkomendasikan karena dari sistem yang mudah dipelajari tentu dapat membantu mempercepat belajar dikalangan pemula pembuat game android.

Aplikasi pembuat game mudah termasuk GameMaker sudah menggunakan fitur drag dan drop dalam proses pembuatan project mulai dari penataan ruang game, penataan sprite dll. Untuk aplikasi ini sendiri menggunakan bahasa pemograman GML atau kepanjangan dari GameMaker Language yang di design lebih interaktif. 

DOWNLOAD

3.Construct 2

Aplikasi pembuat game menggunakan Construct 2 termasuk game enginnering untuk Komputer / laptop. bahasa program aplikasi Construct 2 ini menggunakan bahasa Pemograman HTML 5. untuk pengembangan aplikasi ini oleh Scirra yang diperuntukkan hanya game 2D.

Untuk game yang akan dibuat menggunakan Construct 2 ini hanya diperuntukkan untuk single platform yaitu website. untuk menjadikannya multiplatform tentu membutuhkan aplikasi pihak kedua. seperti game yang kebutuhannya build game ke komputer baik ke sistem oprasi windows, mac atau linux dengan aplikasi tambahan Node-Webkit. sedangkan jika kebutuhan game untuk android bisa membuild menggunakan CocoonJS, dan PhoneGap

DOWNLOAD

4. RPG Maker

RPG Maker adalah aplikasi pembuat game yang diperuntukkan pembuatan game RPG singkatan dari Role Playing Game yang lebih ke game jenis karakter dalam petualangan. bagi sebagian pecinta game RPG merupakan game paling baik untuk dimainkan.

Diawal kemunculan RPG maker diperuntukkan single platform yaitu komputer. namun semakin berkembangnya kebutuhan dunia game RPG Maker MV menyediakan build game ke berbagai platform mulai dari iOS, PC, Android dll. bahasa pemograman yang bisa digunakan mulai dari Ruby dan javascript.

Prinsip kerja RPG adalah Tile map mapping dimana pada beberapa bagian sprite map yang kita perlukan sudah tersedia oleh aplikasi RPG mulai dari sprite karakter, musuh,dll jadi kita tidak lagi repot menyediakan beberapa sprite map. jadi RPG merupakan aplikasi game yang sudah lengkap hanya saja diperlukan ide dalam pembuatan gamenya.

DOWNLOAD

5.Corona SDK

Aplikasi Game Corona SDK merupakan aplikasi yang menggunakan bahasa pemograman yang memiliki perbedaan dari aplikasi pembuat game lainnya yang menggunakan basa Lua. kelebihan lainnya aplikasi ini dapat diunduh secara gratis tanpa menggunakan lisensi. sehingga aplikasi corona SDK membuat develop berbondong-bondong menggunakan Aplikasi Corona SDK.

Corona SDK adalah aplikasi pembuat game yang dibangun oleh Corona Lab tahun 2008 dalam proses pembuatannya corona SDK hanya diperuntukkan pembuatan game 2D saja. untuk platformnya mendukung komputer dan android.

DOWNLOAD

6. Cocos 2D

Aplikasi Cocos 2D merupakan aplikasi pembuatan game untuk komputer dan laptop. yang memiliki sifat open source untuk eplikasi cocos 2D ini ada beberapa macam diantaranya :

  1. Cocos2D
  2. Cocos2D-X
  3. Cocos2D-JS
  4. Cocos2D-XNA
  5. Cocos2D-Swift

 Seperti namanya aplikasi ini hanya diperuntukkan dalam pembuatan game 2D saja. dalam proses pembuatan game menggunakan Cocos2D ini bahasa pemograman yang digunakan berdasarkan pemampuan pengguna misalnya Python, C#, C++. Software pembuatan game ini didukung multiplatform sehingga dapat dijalankan di PC, iOS, Android, Windows Phone, dan lain sebagainya.

DOWNLOAD

7. Stencylj

Aplikasi Stencly termasuk software pembuatan game mudah bagi pemula didalamnya terdapat fitur yang cukup lengkap. jadi jika anda tidak cukup mahir dalam pengetikan coding atau bahasa pemograman tentu tidak perlu kwatir karena Stencly bisa digunakan tanpa harus mampu bahasa pemograman. dalam proses pembuatan game Stencly ini anda hanya memerlukan alur logika yang dipahami game.

Dulunya Stencly merupakan aplikasi pembuat game yang dikhususkan bagi platform web dan flash saja. namun semakin kesini aplikasi Stencly merilis beberapa aplikasi terbarunya. yang mendukung multiplatform untuk komputer, android dan ios.

Stencly adalah pembuat game RPG seperti RPG Maker karena didalam aplikasi ini sudah disediakan fitur world editor. yang memiliki fungsi untuk membuat map atau tile map.

DOWNLOAD

8. Game Salad

Aplikasi gamesalad sanagat disarankan untuk pemula saja karena cara pemakaian yang simple. tanpa mengerti bahasa pemograman software game salad sudah dapat anda gunakan. karena didalam aplikasi ini anda hanya mengatur propertynya saja untuk hasil dari game salad ini sendiri tidak terlalu buruk.

Software game salad mendukung multiplatform meskipun pada awal kemunculannya game salad hanya mampu build game ke platform saja. seperti Mac dan iOS. namun saat ini software game salad sudah mampu membuild ke platform lainnya seperti PC, Android, Windows Phone,dll 

DOWNLOAD

9.Twine

Uniknya dari Software pembuat game Twine ini ketika anda selesai membuat bisa langsung mempublish ke halaman website. cara membuat game ini sangat mudah namun tentu perlu sedikit tutorial agar anda tidak kaku saat bermain di aplikasi Twine ini. beberapa game yang berhasil dibuat menggunakan software Twine adalah A Kiss dan Cry$tal Warrior Ke$ha.

Twine adalah software pembuat game yang cukup mudah dan simple yang dapat membuat cerita interktif dan non linear. dengan aplikasi ini anda dapat membuat konsep game adventure sendiri. langkah nya cukup simpel karena cukup menghubungkan cerita satu ke yang lain dengan node yang sudah ada di dalam aplikasi.

DOWNLOAD

10.Monogame

Aplikasi monogame adalah multiplatform yang dapat dijalankan di berbagai platform diantaranya Windows, Mac, iOS, Android, Play Station, dan lain sebagainya. tentu dengan kemudahan berjalan di semua platform membuat software pembuata game ini banyak dilirik perilis game. 

Monogame sendiri pembuatan game berbasis 2D namun semakin berkembangnya konsep game aplikasi ini dapat digunakan untuk pembuatan game 3D dengan beberapa fitur tambahan seperti RenderTarget3D. bahasa pemogramannya sendiri menggunakan C#.

DOWNLOAD

11. GM Studio 2D

GM studio adalah game egine yang mempu digunakan diberbagai jenis pembuatan game. sama dengan game maker GM Studio 2D juga dirilis oleh Yoyogame dapat digunakan untuk pembuatan berbagai jenis genre game. misalnya Game shooter, petualangan, teka-teki, hingga game yang sangat sederhana.

GM studio 2D ini dapat di jalankan di android sehingga anda tidak perlu lagi menggunakan komputer dengan space tertentu.