Selasa, 05 Mei 2020

Berhasil Cara mengatasi “A required CD/DVD drive device driver is missing”

Masalah pesan error saat instal windows adalah hal yang sering kita jumpai saat proses upgrade atau downgrade OS pada komputer, pasalnya problem kesalahan dengan pesan “A required CD/DVD drive device driver is missing” ini menjadi permasalahan yang sering membuat bingung.

Untuk pemula pasti akan kebiungungan apa yang sebetulnya menjadi kendala hingga error saat instal windows ini muncul. terkadang problem ini hanya sepele saja tapi apabila anda tidak mengetahuinya jelas menjadi masalah serius. lengkapnya berbunyi A required CD/DVD drive device driver is missing. If you have a driver floppy disk, CD, DVD, or USB flash drive, please insert it now.

A required CD/DVD drive device driver is missing
A required CD/DVD drive device driver is missing
Jika kita artikan dari tulisan diatas seolah-oleh bermasalah pada bagian CD,DVD atau USB Flasdisk tentu hal ini akan kita bahan dan mencari kebenaran dari problem ini.

Penyebab Masalah A required CD/DVD drive device driver is missing

Sebelum kita mencari solusi atas masalah ini, kita akan mengulik terlebih dahulu apa sebetulnya yang menyebabkan pesan ini tampil saat instalasi windows, perlu diketahui ini disebabkan karena file instalasi kurang lengkap atau ada sebagian yang hilang atau corupt sehingga menyebabkan windows memberi peringatan seperti diatas.

Selain itu terkadang yang menjadi penyebab ini adalah karena faktor port USB yang berbeda dengan flasdisk yang anda gunakan sebagai installer windows. yang mana saat ini banyak USB dengan versi 3.0 sedangkan flasdisk anda menggunakan versi 2.0 ini juga dapat menyebabkan pesan error muncul saat instal ulang windows.

Selain itu ada masalah yang lebih berat lagi yaitu rusaknya hardisk/ minta di format habis. sehingga apabila ini terjadi jangan meneruskan instalasi baiknya pindahkan terlebih dahulu data - data yang ada di komputer ke hardisk lain seperti hardisk external misalnya.

Kebanyakan kasus diatas muncul saat instal ulang menggunakan flasdisk. jika ya tentu ada beberapa cara yang harus anda lakukan.

Cara mengatasi “A required CD/DVD drive device driver is missing”

Setelah kita tahu penyebabnya tentu kita harus mengerti cara mengatasi dari apa yang ditampilkan pesan diatas.
  1. Cobalah untuk memindahkan slot USB ke tempat lain. karena bisa jadi faktor slot usb yang tidak support antara versi 3.0 dan 2.0
  2. Download file untuk usb 3.0 di sematkan didalam flasdisk bootablenya, lalu lanjutkan proses instalasi
  3. Matikan dibios fungsi cdrom
  4. Setting HDD bios mode SATA AHCI
Dari beberapa cara diatas, umumnya dapat diatasi dengan no.1 tapi apabila belum juga bisa cek beberapa langkah berikutnya sampai ke no.4 semoga bermanfaat

Ruanganbaca: Berhasil Cara mengatasi “A required CD/DVD drive device driver is missing”

Comments


EmoticonEmoticon