Memperbaiki PRINTER EPSON L 360 KEDAP- KEDIP

11/02/2019
RuanganBaca.com - Lampu berkedip pada printer EPSON L360 menandakan bahwa printer bermasalah, bisa jadi sumber masalahnya berasal dari bagian mekanik hardwarenya atau softwarenya keduanya tentu memiliki cara perbaikan yang berbeda. Kasus umumnya Lampu berkedip - kedip keduanya termasuk lampu LED Power dan Kertas.

Mengatasi masalah ini jangan terburu - buru untuk membongkar printer karena belum tentu masalah berkaitan dengan mekanik printer, karena terkadang masalah sepele akan menjadi problem yang sama pada printer. Coba perhatikan terlebih dahulu dengan cara senter atau terangi bagian tempat kertas dan lihat apakah ada hal yang mencurigakan karena berdasarkan pengalaman pernah hal ini terjadi dan masalahnya karena disebabkan printer kemasukkan benda di tempat kertasnya.

Problem lainnya sebelum membuka printer cek bagian pegas sensor penarik kertas seperti gambar dibawah ini, jika patah atau terlepas akan menyebabkan printer kedap - kedip juga. 
Mekanik sensor penarik kertas terlepas

Jika sudah dilakukan cek namun hasilnya tidak ada yang mencurigakan cobalah untuk memperbaikinya dengan cara lain, Namun apabila problemnya sama seperti diatas. cobalah akali dengan cara di kaitkan kembali bagian yang dilingkari kuning gambar diatas. Adapun hal yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan Lampu agar terang area sekitar dan mudah terlihat
  2. Kemudian colok perlahan dan pasang penarik kertas dengan hati - hati agar terpasang kembali. jika sulit cobalah anda untuk membuka bagian body printer L360.
  3. Apabila sudah dirasa tersambung dengan baik, Namun permasalahan kedap kedip tidak hilang coba lakukan tahap kedua yaitu Reset Printer.

Cara Reset PRINTER EPSON L 360

  1. Hidupkan Printer dan juga komputer pastikan USB sudah terhubung dengan baik serta Driver Printer sudah terinstall di Komputer yang akan digunakan. Download Software Resetter L360.
  2. Setelah berhasil di download buka folder dan klik 2 x pada Adjustment.exe
  3. Kemudian Pilih Select lalu printer L360 klik OK
  4. Klik pada Particular Adjustment Mode
  5. Berikutnya cari menu Waste ink pad counter klik OK
  6. Ceklis pada bagian Mainpad Counter klik check jika berhasil akan ditampilkan angka angka, centang lagi "initialize"
  7. Klik OK
  8. Matikan printer lalu hidupkan kembali.
Lihat hasilnya jika cara ini berhasil maka printer akan berjalan normal kembali seperti biasanya, lampu kedip kedip pada printer akan normal. Cara memperbaikinya cukup mudah tanpa harus repot membawa printer ke jasa teknisi kecuali jika printer memang sudah tidak bisa diperbaiki dengan cara - cara diatas.

Demikian ulasan mengenai printer tidak mau print yang disebabkan karena lampu LED kedap kedip, Sebagai saran apabila sudah melakukan cara - cara diatas namun problem tidak juga hilang artinya masalah mungkin pada bagian mekanik lainnya.

Teman - teman bisa mencari refrensi mengenai cara memperbaiki masalah ini semoga berhasil.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »