Simak Berikut akan dijelaskan jenis bahan cetak spanduk dan banner yang perlu Anda ketahui.

10/12/2019
Ruanganbaca.com - Dalam dunia percetakan kita sering kali mengenal istilah spanduk dan banner namun kita tidak pernah memahami lebih dalam sebetulnya bahan apa yang digunakan untuk mencetak spanduk dan juga banner tersebut. 

Semakin berkembang nya zaman bahan bahan spanduk dan benner kita semakin dikembangkan dan kian beragam dengan teknologi cetak menggunakan mesin digital printing. Jika sebelumnya kita sering melihat hasil cetakan spanduk yang di aplikasikan pada media kain namun sekarang bahan - bahan tersebut banyak sekali pilihannya. 

Saat ini apabila kita mencetak banner ataupun spanduk tidak lagi kesulitan dalam pemilihan bahan dasar yang akan dicetak karena bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan banyak nya pilihan bahan tentu dapat mengoptimalkan hasil cetak serta media promosi yang akan kita buat. 
Simak Berikut akan dijelaskan jenis bahan cetak spanduk dan banner yang perlu Anda ketahui.
Simak Berikut akan dijelaskan jenis bahan cetak spanduk dan banner yang perlu Anda ketahui.

Untuk pengusaha percetakan yang sudah lama terjun didalamnya pastinya bahan - bahan banner sudah hapal bahkan diluar kepala. Namun kita sebagai orang awam juga harusnya tahu bahan apa saja yang dapat dicetak untuk dibuat spanduk atau banner agar anda tidak salah pilih saat memesan banner yang akan dibuat.

Sebetulnya sebelum maraknya alat digital printing yang dapat mencetak ke semua bahan dasar. pembuatan spanduk hanya bisa dikerjakan dengan cara manual yaitu sistem sablon. Namun semakin berkembangnya zaman cara ini berangsur - ansur  mulai ditinggalkan karena proses pengerjaan sistem sablon ini cukup lama dan memakan waktu.
Hingga akhirnya setelah mesin cetak digital printing ini beredar menjadi pengganti cara manual tersebut dan dengan hasil cetak yang memuaskan tentunya.

Jenis Bahan Cetak Spanduk Dan Banner

Jika kita lihat disekeliling sekarang ini peran spanduk dan banner merupakan hal penting yang selalu digunakan untuk media promosi karena kedua media ini dapat dipasang dengan mudah serta mudah dibaca oleh masyarakat umum. Selain pemasangan yang berada di luar ruangan spanduk ataupun banner ini juga terkadang terpampang di dalam ruangan sehingga cara promosi menggunakan media ini sangatlah efektif.

Saat ini banyak sekali pengusaha cetak yang baru terjun ke dunia percetakan printing, yang menerima percetakan spanduk ataupun banner karena mereka melihat peluang akan media promosi saat ini yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat. lihat saja dari mulai spanduk toko sampai dengan spanduk iklan dijalan semua memerlukan jasa printing. 

Untuk anda yang ingin terjun ke dunia percetakan sangat wajib sekali memahami masing  masing bahan spanduk yang digunakan. dengan banyak pilihan tersebut tentu anda diharuskan cermat dalam memilih bahan yang akan digunakan serta tepat untuk kebutuhan. dibawah ini akan dijelaskan bahan cetak spanduk dan banner apa saja yang perlu kita ketahui :

1. Bahan Flexi China

Jenis bahan flexi china jika kita perhatikan cirinya adalah jika kita pegang menggunakan telapak tangan bahan ini permukaanya lebih kasar, agak tipis dan berserat. bahan flexi cina ini sangat cocok jika digunakan untuk cetakan outdoor. sehingga bahan ini paling sering digunakan oleh pengusaha percetakan printing. 

Bahan Flexi china ini tersedia berbagai ketebalan gramasi namun kebanyakan dikalangan percetakan yang sering dipakai dalam digital printing adalah 260 gram, 280 gram serta 340 gram. Bahan ini bisa dikatakan bahan yang bagus dan tahan lama meskipun lama kelamaan bahan flexi china ini akan memudar dan biasa nya retak - retak. di kalangan percetakan juga kerap memanfaatkan bahan ini sebagai media cetak untuk indoor.

2. Bahan Flexi Korea

Jenis bahan flexi korea ini mempunyai kwalitas yang lebih baik lagi dibandingkan dengan flexi china, jika kita perhatikan dan diraba menggunakan telapak tangan bahan ini lebih halus teksturnya sehingga dapat menghasilkan cetakan yang lebih jelas dan bagus, Dengan bahan yang baik ini banyak sekali pengguna mesin cetak menggunakan bahan ini sebagai banner indoor dan outdoor untuk flexi korea ini tersedia dengan gramasi antara 250 sampai dengan 400 gram.

3. Bahan Flexi Jerman

Kwalitas serta bahan jenis flexi jerman ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi jika dibandingkan dengan jenis flexi china dan korea. Ketebalan yang tersedia pada jenis bahan ini sangat baik jika digunakan sebagai media promosi yang akan dipasang secara outdoor. 

Dengan bahan yang lembut tidak jarang dimanfaatkan sebagai bahan pembuat iklan jenis x banner indoor. gramasi bahan ini sekitar 230 sampai dengan 400 gram, harga bahan flexi jerman lebih mahal jika dibandingkan jenis china dan korea namun kwalitas yang dihasilkan tentu lebih baik dari keduanya.

Namun bahan ini sangat jarang disediakan dikalangan percetakan karena harga yang mahal terkadang konsumen enggan untuk menggunakan jenis ini.

4. Bahan Albatros

Bahan ini jika kita usap menggunakan tangan lebih memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga banyak sekali pengusaha percetakan yang memanfaatkan bahan ini untuk mencetak foto. meskipun harus dengan pengaturan yang tepat agar hasilnya maksimal. bahan ini sangat cocok digunakan untuk media promosi indoor karena hasil cetak yang didapat pada bahan albatros lebih detail dan jelas.

5. Bahan Luster

Jenis bahan ini jika kita perhatikan memiliki tekstur yang agak kasar, mengkilap serta bahannya tipis sangat cocok jika digunakan sebagai media promosi iklan indoor seperti membuat x banner serta Roll Up banner. sifat bahan ini mengkilap sehingga tidak perlu lagi dilakukan laminasi.

6. Bahan Easy Banner

Dikalangan percetakan bahan easy banner memang sangat jarang dikenal bahkan keberadaanya jarang dijumpai. Namun bahan ini sebetulnya sangat cocok jika dijadikan standing banner outdoor jika diperhatikan bahan ini memiliki karakteristik kaku dan kasar sehingga cocok jika diletakkan di bagian outdoor.

7. Banner Cloth

Bahan ini sebetulnya mirip dengan bahan kain yang bisa dicetak menggunakan mesin digital printing, banyak di kalangan masyarakat yang sering mengadakan event menggunakan bahan ini sebagai media promosi. kebanyakan bahan ini di ikatkan dengan balon terbang karena jenis bahan ini ringan dan tidak kaku.

Dari tujuh penjelasan mengenai bahan - bahan media banner dan spanduk ini tentu menambah wawasan anda akan dunia percetakan, Yang notabenya pembuatan banner memiliki jenis bahan yang beragam. dimana dari masing - masing bahan mempunyai karakteristik yang berbeda - beda yang dapat disesuikan dengan kebutuhan kita.

Dengan pemilihan bahan yang tepat tentu hasil akhir dari cetakannya akan memuaskan serta berfungsi secara optimal sebagai media promosi. Demikian penjelasan mengenai berbagai macam jenis bahan untuk cetak spanduk dan banner.

Tags :
Jenis bahan cetak spanduk dan banner, Jenis Bahan banner

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »