cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siap Praktek Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Kertas Bekas Fotocopy Agar Faedah

Ruanganbaca.com - Limbah kertas terkadang malah menjadi sampah yang tidak terpakai bahkan terbuang begitu saja. apalagi jika kita sebagai usaha yang bergerak dibidang penggandaan dokumen seperti mesin fotocopy sudah pasti ada saja kertas - kertas yang rusak yang tidak dapat digunakan kembali. hingga akhirnya kertas - kertas ini terkadang masuk kedalam kotak sampah.

Meskipun limbah kertas ini dapat terurai dan tidak membahayakan lingkungan namun tentu jika kita biarkan amatlah sia - sia tidak menjadi apapun untuk anda. Sehingga kita bisa belajar bagaimana cara memanfatkan limbah kertas ini agar dibuat kerajinan limbah kertas yang tentunya jika hasilnya menarik dapat mendatangkan icome baru untuk usaha fotocopy anda.

Terkadang kita selalu pemilik usaha fotocopy tidak mau repot apalagi harus capek - capek mendaur ulang kertas bekas tersebut dengan alasan tidak ada waktu. sebetulnya hal tersebut jika anda ingin berkratifitas bukanlah menjadi sebuah alasan, dari pada limbah kertas tersebut terbuang dan tidak menjadi sebuah karya.

Selain kertas bekas fotocopy banyak kertas lainnya yang dapat dimanfaatkan membuat kerajinan tangan dari kertas misalnya membuat kerajinan tangan dari koran yang sudah tidak terpakai selama itu masih bahan kertas bisa saja kita olah menjadi barang - barang kreatif yang lebih berguna. 

Banyak sekali jenis produk yang bisa dihasilkan dari daur ulang kertas bekas ini yang sudah terbukti banyak berkembang, misalnya dengan membuatnya menjadi frame foto, blocknote, wadah tisue, kotak perhiasan, kotak hantaran, bahkan kotak kado. asalkan anda membuat produk tersebut lebih beda misalnya dari warna, bentuk dan juga kreatifitas sedemikian rupa sudah pasti akan punya nilai jual.

Cara Membuat Frame dari Limbah Kertas Bekas Koran Atau Kertas Bekas Fotocopy

Untuk membuat frame foto dari limbah kertas bekas ini tidaklah terlalu sulit dan bisa anda manfaatkan waktu luang saat sedang luang konsumen di toko fotocopy anda, Frame ini hanya membutuhkan beberapa keahlian menggulung kertas saja dan merangkainya menjadi susunan yang dapat membentuk sebuah frame foto adapun caranya bisa simak berikut ini :
  1. Siapkan Kertas bekas 
  2. Gulung kertas bekas sekecil mungkin hingga menghasilkan gulungan - gulungan panjang seperti gambar berikut ini :
    Gulung kertas hingga menjadi gulungan kecil
  3. Anda bisa memberikan LEM kertas seperti LEM FOX atau lem putih lainnya 
  4. Lekatkan gulungan satu dengan yang lainnya hingga membentuk kotak seperti gambar dibawah ini :
    Membuat Frame Foto dari limbah kertas
  5.  Untuk bagian belakangnya anda bisa menggunakan karton board agar lebih keras,

Cara Membuat Kotak Tisue dari Limbah Kertas Bekas Koran Atau kertas bekas fotocopy

Cara kedua ini sama halnya dengan mambuat frame foto hanya saja ada baberapa perbedaan saat merangkai kertas sehingga menjadi wadah tisue, cara ini juga tentu anda harus memiliki sebuah kreatif agar dapat menghasilkan kotak tisue kertas bekas yang cantik dan memiliki nilai jual. adapun cara membuat kotak tisue dari kertas limbah adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan gulungan kertas sama prosesnya seperti membuat frame foto
  2. setelah membentuk beberapa gulunga kertas bisa rangkai gulungan - gulungan tersebut hingga menjadi sebuah kotak seperti gambar dibawah ini:
    Membuat Kotak tisue dari bahan kertas bekas
  3. Beri lakban hitam pada bagian sisi dan juga lubang tengah kotak tisue agar lebih kokoh dan kuat. 

Cara Membuat Kotak Pensil dari Limbah Kertas Bekas  Koran atau Bekas Fotocopy

Membuat kotak pensil dari kertas bekas atau dari koran bekas ini bisa juga kita jadikan salah satu pilihan kreatif mengolah limbah kertas menjadi lebih bermanfaat. Nah cara membuat kotak pensil ini cara nya cukup mudah dipratekkan untuk mengisi waktu luang anda, untuk lebih jelasnya simak penjelsannya dibawah ini :
  1. Siapkan gelas plastik yang nantinya di gunakan sebagai cetakan bagian dalam katika membuat lingkaran kotak pensil.
  2. Buah gulungan kertas menjadi kecil - kecil dan lingkari gelas plastik tersebut sambil direkatkan dengan LEM FOX atau lem kertas, hingga membentuk hasil akhirnya seperti dibawah ini :
    Membuat Kotak Pensil dari Kertas Bekas atau Koran Bekas
    Membuat Kotak Pensil dari Kertas Bekas atau Koran Bekas
  3. Anda bisa menambahkan warna pada kertas tersebut bisa dengan car warna ataupun bahan pewarna lainnya. seperti plitur

Cara Membuat Jam dinding dari Limbah Kertas Bekas Koran atau Bekas Kertas Fotocopy

Pembuatan jam dinding dari kertas bekas fotocopy atau koran ini sangatlah mudah untuk dipratekkan hal ini bisa mengisi waktu luang anda saat sedang tidak ada konsumen yang fotocopy. tentu dengan membuat kerajinan tangan seperti ini membuat waktu kosong lebih bermanfaat dari pada anda melamun sambil menunggu konsumen datang. Adapun hal yang harus disiapkan adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan mesin jam dinding yang bisa anda beli di toko - toko penjual jam harganya murah ada yang 10 Ribu bahkan dibawah itu.
  2. Buatlah gulungan kertas sama halnya pada pembuatan kerajinan tangan sebelumnya
  3. Gulung hingga besar gulungan melebihi jarum jam, pada saat menggulung ini barengi dengan lem kertas sambil direkatkan agar kertas gulungan tidak terbuka lagi, hingga hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini :
    Jam dinding kertas bekas koran atau kertas bekas fotocopy
  4. Untuk lebih beda dengan gambar diatas anda bisa menambahkan nomor pada jam dengan mencetak menggunakan printer.
Dari beberapa penjelasan diatas mengenai cara memanfaatkan limbah kertas ini sebetulnya masih banyak sekali yang dapat anda buat dari kertas bekas fotocopy atau koran bekas sesuai dengan kreatif yang akan anda olah.


Dengan memanfaatkan waktu luang menjadi pekerjaan sambilan ini tentu bisa juga mendatangkan sebuah penghasilan tambahan jika produk - produk tersebut sudah siap untuk dipasarkan, asalkan kuncinya buat sekretif mungkin dan beri warna - warna yang menarik agar konsumen ingin membelinya.

Tags :
Resep bingkai dari koran bekas, cara membuat bingkai dari kertas koran bekas, cara membuat bingkai dari koran bekas yang mudah, cara membuat limbah kertas menjadi pigura, gambar bingkai yang terbuat dari koran, cara membuat bingkai dari koran dan lem, cara membuat bingkai dari bubur koran bekas, cara membuat bingkai cermin dari koran, kerajinan dari limbah kertas dan cara pembuatannya, cara membuat kerajinan dari limbah kertas, kerajinan tangan dari koran bekas yang mudah dibuat, kerajinan dari koran bekas dan cara pembuatannya, contoh limbah kertas, pemanfaatan kertas bekas, cara daur ulang kertas menjadi kerajinan, cara membuat kerajinan dari koran bekas yang digulung