Mudah Cara membuat barcode denah lokasi undangan dengan google map

Ruanganbaca.com - Saat ini sering kita perhatikan di berbagai macam undangan terkadang terselip denah lokasi dilengkapi dengan kode barcode. untuk orang awam mungkin akan bertanya - tanya apa sih maksud dari kode barcode undangan tersebut. Nah Ruanganbaca.com akan mengulas apa maksud kode barcode di undangan dan bagaimana cara menggunakan kode barcode undangan tersebut. 

Zaman sekarang dengan zaman dahulu memang jauh berbeda dengan semakin berkembangnya teknologi memudahkan kita dalam mencari apapun bahkan lokasi tempat dimana kita tinggal dapat kita lihat melalui smartphone. Sebelum booming internet seperti sekarang ini apabila kita ingin melihat peta tentu harus mengambil bola dunia yang dapat memberikan informasi seputar peta dunia namun saat ini cukup dengan menggenggam smartphone dan ketik lokasi maka anda akan diarahkan ke tujuan.
Cara membuat barcode denah lokasi undangan
Cara membuat barcode denah lokasi undangan

Dengan adanya teknologi ini dapat kita manfaatkan untuk membuat dengah lokasi undangan dengan scanner barcode yang dapat di scan melalui hp. Dengan adanya barcode scan lokasi tersebut dapat memudahkan tamu undangan menemukan lokasi tanpa repot apalagi jika kesalahan lokasi. 
Teman - teman mungkin akan semakin penasaran bagaimana cara membuat barcode lokasi google map tersebut agar bisa dicetak bersamaan dengan peta lokasi undangan pernikahan. Apakah itu bisa dilakukan ?

Tentu, semua dapat anda buat dan cetak barcode lokasi ini dengan mudah , lebih jelasnya kita akan ulas terlebih dahulu satu persatu.

Cara Scan Barcode Denah Lokasi agar terbuka di Google Maps

Kita yang masih awam tentu akan bingung cara membuka peta google map melalui barcode yang tertera di denah lokasi undangan, nah cara ini sebetulnya cukup mudah adapun langkah - langkahnya sebagai berikut :



  1. Download aplikasi barcode scanner dari Google Play Store, anda bisa menggunakan QR & Barcode Reader 
  2. Jika sudah berhasil melakukan installasi ke smartphone buka aplikasi QR & Barcode Reader 
  3. Pada awal pemakaian aplikasi ini biasanya akan menampilkan beberapa informasi, geser informasi ini sampai anda menemukan centang pada pojok kiri bawah layar. dan klik tanda tersebut
  4. Disini anda bisa menscan barcode dengan dua cara yang pertama dari kamera dan yang kedua dari gambar yang sudah ada di handphone. yang mana pilihan tersebut adalah SCAN USING CAMERA dan SCAN IMAGE
  5. Pilih SCAN USING CAMERA karena gambar yang akan kita scan belum ada di gallery
  6. Hadapkan dengan posisi yang ada cahaya agar barcode jelas, lalu pindai QR code tersebut Secara otomatis akan menampilkan URL dari lokasi map yang dibagikan. 
  7. Pilih opsi open website lalu akan diarahkan ke aplikasi google map.
    Perhatikan gambar dibawah :
    Cara Scan Barcode Denah Lokasi Undangan
    Cara Scan Barcode Denah Lokasi Undangan
Nah cara diatas ini adalah langkah membuka QR code yang berada pada denah lokasi di undangan, silahkan di praktekkan.

Cara membuat barcode lokasi google map di kartu undangan

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membuka barcode lokasi undangan menggunakan QR & Barcode Reader, kini saatnya kita akan mencoba bagaimana cara membuat barcode lokasi undangan tersebut agar tercetak di undangan. Nah langkahnya cukup mudah coba simak beberapa langkah dibawah ini :
  1. Silakan masuk ke dalam website google map dan ketikkan lokasi yang akan anda buat QR Code nya. bisa perhatikan gambar dibawah ini :
    Cari Lokasi ketikan seperti contoh pada gambar
  2. Selanjutnya Anda bisa menekan tombol bagikan yang tersedia pada halaman google map
    Klik Bagikan
  3. Pada tahap ini kita mandapatkan alat URL seperti yang saya kotak merah pada gambar diatas, klik salin URL untuk url saya mendapatkan seperti ini : https://goo.gl/maps/BXJZHyT64uhD1Die7
  4. Setelah mendapatkan alat url paste ke alamat url di bowser anda dengan menambahkan .qr perhatikan gambar dibawah ini :
    Paste dan tambahkan .rq di ujung link yang anda dapatkan
  5. Jika berhasil code barcode akan ditampilkan di halaman web, dengan format jpg, anda bisa save dengan cara klik kanan gambar pilih save image dan gabungkan QR code tersebut saat sedang mendesain denah lokasi undangan.
    Gambar QR Code

Demikian tutorial cara membuat barcode pada denah lokasi undangan google map, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membuat QR code tersebut.

Tags :
cara membuat barcode lokasi di android, cara membuat barcode lokasi di hp android, cara membuat barcode maps di android, cara membuat barcode lokasi di undangan, undangan barcode, cara membuat barcode lokasi dengan hp, cara scan barcode maps di undangan, cara membuat barcode lokasi di komputer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel