Mesin fotocopy tinta cair untuk usaha pemula

10/01/2019
Umumnya mesin fotocopy jenis tintanya adalah serbuk yang sering disebut toner. untuk tinta serbuk ini memang lebih awet masa pakainya karena pembeliannya biasanya 500 gr sampai dengan 1 kg. namun mesin fotocopy dengan tinta bubuk ini biasanya ada beberapa troble yang sering menjadi perhatian yaitu bagian pemanas mesin fotocopy tersebut. karena mesin fotocopy yang menggunakan tinta bubuk ini dapat menempel diarea kertas ketika dipanaskan. Dengan bantuan panas ini tinta dapat menempel diarea kertas dengan baik, berbeda halnya dengan mesin fotocopy tinta cair yang pasti perawatannya lebih mudah namun untuk tinta warnanya terbilang biaya cost yang sangat tinggi.

Mesin fotocopy tinta cair untuk usaha pemula
Mesin fotocopy tinta cair untuk usaha pemula
Mesin fotocopy dengan tinta cair ini sangat mudah digunakan namun untuk kecepatannya bisanya masih dibawah dari kecepatan fotocopy tinta bubuk. namun saat ini ada beberapa mesin fotocopy tinta cair yang kecepatannya menyerupai mesin fotocopy pada umumnya, Dalam bisnis terkadang kecepatan mesin fotocopy juga harus kita pertimbangkan jika mesin terlalu lelet tentu akan membuat kesal konsumen dan kita juga saat melayani konsumen. Jadi meskipun anda pemula dalam bisnis usaha fotocopy usahakan cari mesin fotocopy dengan cost rendah, dan kecepatan standard. 

Keuntungan Menggunakan Mesin Fotocopy Tinta Cair

Mesin fotocopy yang menggunakan tinta cair biasanya harganya lebih murah dibandingkan dengan mesin fotocopy yang menggunakan tinta bubuk, selain itu apabila terjadi kerusakan perbaikannya dan penanganannya lebih mudah dan banyak teknisi yang mampu mengatasi problem mesin fotocopy tinta cair, yang mana prose kerjanya hampir sama dengan printer. jadi banyak teknisi printer yang mampu mengatasi problem - problem mesin fotocopy tinta cair. 

Tinta cair mesin fotocopy lebih murah dibangingkan dengan harga toner, untuk tinta ini biasaya perbotol 100 ml jadi anda bisa sesuaikan budget dalam membeli tintanya apakah ingin yang 100ml, 250ml, atau 1 kg. tentu semua tergantung dari budget yang anda miliki. perawatan mesin fotocopy tinta cair ini lebih mudah dibanding fotocopy tinta toner, tidak pengaruh kertas lembab. jadi jika di mesin fotocopy tinta toner biasaya kertas lembab ini akan mempengaruhi hasil copy misalnya hasilnya buram, jampaper. dll

Jarang terjadi jampaper, jadi mesin fotocopy tinta cair tidak seperti mesin fotocopy tinta bubuk yang sering jampaper dan rentan kertas macet, dengan kelebihan - kelebihan diatas tentu anda dapat menggunakan mesin fotocopy tinta cair ini sebagai usaha pemula, sangat cocok dan direkomendasikan saat masih mencari pelanggan. Namun saran saya jika sudah ada budget lebih baiknya upgrade ke mesin fotocopy tinta serbuk pada umumnya.

Untuk usaha fotocopy pemula dan hanya uji coba usaha diawal - awal memang anda bisa memanfaatkan jenis mesin fotocopy tinta cair ini untuk usaha. namun kedepannya agar usaha lebih maju lagi baiknya upgrade ke mesin fotocopy yang menggunakan tinta bubuk, karena bagaimanapun tinta cair cost nya tinggi. 

Perawatan mesin fotocopy tinta cair

Setiap mesin baik itu mesin fotocopy tinta toner ataupun tinta cair pasti ada perawatannya nah untuk perawatan mesin fotocopy tinta cair ini sangat mudah yang terpenting adalah rajin membersihkan fotocopy dari debu, gunakan tinta jangan ganti - ganti satu merk dan jika perlu menggunakan tinta yang original, Lakukan jeda saat mulai fotocopy banyak dokumen, jadi bisa dimulai untuk cetakan kisaran tiga ratus lembar anda bisa mencobanya 50 - 50 agar mesin tidak terlalu over heat.

Basis pencetak mesin fotocopy tinta cair ini biasaya bukan drum melainkan cartridge fungsinya adalah menyemprotkan tinta ke kertas yang diberikan perintah melalui kaca, jadi apabila hasil fotocopy bergaris bisa mencobanya dengan cleaning mesin fotocopy anda. hingga hasilnya kembali normal seperti semula.

Jenis - Jenis Mesin fotocopy tinta cair

Anda tentunya semakin penasaran apa saja merk dan jenis mesin fotocopy yang menggunakan tinta cair ini, nah disini kita akan sama - sama ulas mesin fotocopy yang biasanya digunakan dikalangan pengusaha fotocopy pemula yang masih nyaman menggunakan jenis fotocopy tinta cair ini. beberapa merk mesin fotocopy tinta cair :
  1. EPSON M2140 Fotocopy ini sebetulnya pengembangan dari alat printer yang mana mesin ini hanya menggunakan tinta cair berwarna hitam saja tanpa ada tinta warna, jadi bisa menyamai hasil fotocopy pada umumnya. Untuk tintanya sendiri mengunakan jenis pigment jadi tidak perlu khawatir karena tinta tidak akan luntur meskipun terkena rendam diair.
  2. EPSON M3170 Fotocopy tinta cair ini hampir sama dengan M2140 namun dari segi fitur memang memiliki kelebihan salah satunya adalah bisa terkoneksi dari handphone dengan menggunakan wifi. untuk tinta hitam saja
  3. EPSON M200 Fotocopy ini menggunakan jenis tinta menyerupai M2140 dan M3170 hanya only hitam saja, namun untuk kinerja lebih kuat M2140 dibading type ini. harganya nya pun dibawah dari M2140 printer M200 ini cocok sekali untuk pemula.
  4. Hp pagewide pro 477dw : Ini bisa dijadikan sebagai mesin fotocopy monocrome atau bisa juga difungsikan sebagai mesin fotocopy warna paling banyak digunakan saat ini. Namun mesin fotocopy ini harus menggunakan Empat warna tinta yaitu CMYK. [Baca  : Spesifikasi dan fitur lengkap printer HP Pagewide Pro ]
Dari empat jenis mesin fotocopy tinta cair ini tentu masih banyak sekali merk - merk lainnya namun yang dapat dilihat dikalangan pengusaha fotocopy pemula banyak nya menggunakan mesin fotocopy tinta cair type - type diatas. 


Demikian artikel yang berjudul Mesin fotocopy tinta cair untuk usaha pemula 

Semoga penjelasan mengenai Mesin fotocopy tinta cair untuk usaha pemula ini dapat menjadi refrensi tambahan untuk anda yang akan membeli mesin printer atau fotocopy dengan modal minim. semoga bermanfaat.

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Mesin fotocopy tinta cair untuk usaha pemula dengan alamat link https://www.ruanganbaca.com/2019/10/mesin-fotocopy-tinta-cair-untuk-usaha.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »