Kita Bahas Rahasia Membuat Plat Nomor Kendaraan Akrilik Nyala Angka dan Huruf

10/14/2019
Ruanganbaca.com - Siapa yang tidak mengenal dengan plat nomor kendaraan baik motor ataupun mobil, ya plat nomor ini biasanya banyak digunakan untuk kendaraan atau plat nomor rumah. Plat ini tentu bertujuan untuk menandakan sebuah angka atau nomor agar orang lain mengingatnya dan mudah menemukannya. Banyak sekali model plat nomor ini khususnya pada kendaraan bermotor biasanya menggunakan plat variasi yang dimodel dari kaleng. Namun saat ini banyak juga plat kendaraan ini yang di modifikasi dari akrilik (acrylic). Uniknya model nya dapat di buat sedemikian rupa bahkan diberikan lampu led agar terkesan lebih elegan.

Bicara mengenai plat nomor akrilik tentu kita akan ada rasa penasaran jika kita tidak mempraktekkan bagaimana cara membuat plat nomor kendaraan acrylic tersebut. Karena pembuatannya sebetulnya sangat mudah hanya diperlukan beberapa kreatifitas yang dapat menyentuh nilai seni pada bidang plat acrylic yang kita buat. misalnya diberi warna gold atau warna silver agar terkesan lebih mewah.

Metode pembuatannya sebetulnya berbeda - beda ada yang menggunakan cat semprot seperti pylox ada juga yang menggunakan sistem tranfer menggunakan bahan stiker yang di tempel pada bagian acrylic. Dua pilihan tersebut tentu harus disesuaikan dengan pengaplikasian akrilik yang akan digunakan misalnya untuk outodor bisa menggunakan sistem stiker, pylox sedangkan untuk indoor seperti hiasan bisa sistem printing.

Bahan Membuat Nomor Plat Kendaraan Akrilik Menyala

Terkadang jika kita perhatikan ada sebagian plat kendaraan yang menyala saat malam, tentu dengan membuat plat nomor angka atau huruf kendaraan menyala akan menambah tampilan kendaraan terlihat mewah, apalagi dilihat saat malam hari. Perlu teman - teman ketahui yang dapat membuat plat tersebut menyala adalah karena terpasang lampu led di area plat nomor tersebut sehingga memantul kebagian plat acrylic dan stiker yang terpasang tersebut sehingga menghasilkan efek seolah - olah plat tersebut yang menyala dan bersinar.

Dibawah ini dijelaskan bagaimana cara membuat plat acrylic tersebut :
  1. Siapkan bahan Akrilik ( Acrylic ) yang sudah dipotong ukuran sesuai dengan plat kendaraan bermotor. ketebalam minimal 3 mm sedangkan maksimal 5 mm, untuk membeli akrilik ini biasanya terdapat pada toko yang menjual bahan bangunan. belilah dengan pola sesuai potongan karena jika kita membeli perlembar harganya lumayan mahal.
  2. Siapkan lampu LED strip yang mana biasanya dijual dengan harga meteran anda bisa membeli dengan ukuran satu meter. toko yang menjual lampu LED Strip ini biasanya toko listrik atau elektonik 
  3. Siapkan stiker atau angka nomor kendaraan yang sebelumnya dicetak secara mirror atau terbalik. Untuk lebih mudahnya bisa meminta bantuan tukang stiker untuk membuatkan sekaligus memasangkannya.
  4. Siapkan kabel, yang nantinya guna menghubungkan lampu LED plat kendaraan kebagian aki
  5. Lem kaca untuk menyatukan Acrylic 
  6. Pylox hitam untuk menyamarkan titik led agar terlihat lebih keluar cahayanya.

Alat - Alat Membuat Nomor Plat Kendaraan Akrilik Menyala


  1. Siapkan solder untuk menempelkan kabel LED
  2. Siapkan timah yang difungsikan untuk merekatkan kebel LED dengan solder
  3. Cutter untuk merapihkan stiker
  4. Busa air shampo yang bertujuan untuk proses penempelan stiker ke bagian akrilik agar tidak terjadinya gelembung.

Cara Membuat Plat Kendaraan Menyala

  1.  Setelah bahan Akrilik sudah diukur dan dipotong sesuai besar ukuran cover plat kendaraan selanjutnya mulailah dengan memasang stiker serapih mungkin, dengan bentuk mirror atau posisi tulisan terbalik. pemasangannya agar tidak acak - acakan gunakan busa air shampo atau sabun.
    Menempelkan stiker
  2. Proses berikutnya anda harus memasang lampu LED pada bagian atas yang di tes sambungkan pada aki
    Pemasangan Lampu LED
  3. Setelah berhasil dipasang masukkan Akrilik tersebut ke cover plat nomor kendaraan seperti gambar dibawah ini :
    Cover Plat Nomor Kendaraan
  4. Untuk cover plat ini anda bisa membelinya di variasi motor biasanya dengan model bening seperti gambar dibawah ini,
    Cover Bening
  5. Sampai pada tahap ini anda bisa mengetesnya di posisi gelap.
    Membuat Nomor Plat akrilik
Cara membuat nomor plat kendaraan hidup dengan lampu LED ini sebetulnya cukup mudah bahkan bisa dibuat sendiri. Asalkan anda teliti serta dapat dengan baik memotong pola - pola nomor yang akan ditempel.

Cara Membuat Nomor Rumah dari Akrilik

Membuat nomor rumah ini sebetulnya sama saja dengan cara membuat Plat Nomor Kendaraan Akrilik, hanya saja kita harus menyesuaikan ukuran yang akan kita buat pada nomor rumah tersebut tidak harus sama dengan ukuran plat nomor kendaraan, untuk pembuatan model potongan nomor rumah yang buat dari bahan Akrilik lebih banyak, bisa dengan model oval, segitiga, segi empat, sesuai dengan crative kita, berbeda dengan plat kendaraan anda harus tetap membuatnya persegi empat panjang.

Dengan anda mampu membuat nomor kendaraan dari akrilik ini tentu bisa di kembangkan ke pembuatan nomor rumah yang cantik tanpa harus susah - susah belajar cara membuat nomor rumah dari kardus. Bahkan dengan media Acrylic kita dapat juga kembangkan membuat kerajinan tangan seperti cara membuat nama dari akrilik, membuat hisan foto dari akrilik bahkan bisa dikembangkan sesuai dengan creative anda.

Tags :
Membuat nomor rumah sendiri, Cara pasang nomor rumah akrilik, Cara membuat kreasi nomor rumah, cara membuat plat nomor rumah, cara membuat stiker acrylic, cara membuat papan nama akrilik, plat nomor acrylic mika, grafir plat nomor, cara pasang relay lampu plat nomor, cara membuat stiker plat nomor, cara mempercantik plat nomor motor, plat nomor acrylic mika motor, jasa pembuatan plat nomor acrylic jogja, jasa pembuatan plat nomor acrylic tangerang

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »