Harus Kenali Jenis - Jenis Plastik Laminating Agar tidak salah beli

Ruanganbaca.com - Laminating adalah proses pelapisan plastik pada dokumen tertentu tujuannya agar dokumen lebih tahan terhadap air dan hewan seperti rayap dan sebagainya. Untuk pembisnis fotocopy terkadang plastik ini menjadi hal yang harus ada dan melengkapi usaha, karena kebutuhannya masih satu jalur dengan dokumen.

Umumnya kita hanya mengetahui plastik laminating ini berbentuk lembaran yang memiliki ketebalan beberapa micron. yang kerap digunakan untuk melaminating ktp, kk atau dokumen lainnya. perlu anda ketahui jenis plastik laminating ini banyak macamnya dan tentu memiliki fungsi yang berbeda pula. jadi jangan sampai anda salah membeli plastik laminating ini ya?

Harus Kenali Jenis - Jenis Plastik Laminating Agar tidak salah beli
Dikalangan percetakan plastik laminating atau sering dikenal dengan sebutan laminasi memang berbeda meskipun keduanya sama halnya untuk melapisi kertas agar lebih tahan terhadap air dan juga rayap. Perbedaan kertas laminating dan laminasi ini bisa dilihat dari ketebalan dan juga model nya secara umum plastik laminasi berbentuk gulungan dan lebih tipis beberapa micron jika dibandingkan dengan kertas laminating pada umumnya yang berbentuk lembaran.

Ketebalan plastik laminating

Membahas plastik laminating tidak lengkap rasanya jika kita belum mengetahui ketebalan plastik laminating yang umum digunakan pada pengusaha fotocopy atau percetakan, ada beberapa ketebalan yang bisa anda gunakan diantaranya :
  1. Plastik laminating dengan ketebalan 30 micron : jenis ini sering digunakan sebagai plastik laminasi undangan bentuknya adalah gulungan dengan panjang bervariasi dan lebar ukuran folio atau lebih.
  2. Plastik laminating dengan ketebalan 100 micron : Jenis plastik laminating ini biasa digunakan untuk melapisi dokumen seperti kartu keluarga, akte kelahiran, ijazah, surat - surat dan berbentuk lembaran.
  3. Plastik laminating dengan ketebalan 175 micron : Jenis plastik laminating ini biasanya digunakan untuk ktp, kartu.dll dengan ketebalan yang tidak telalu kaku
  4. Plastik laminating dengan ketebalan 250 micron : Jenis plastik laminating ini biasanya digunakan untuk laminating ktp, kartu, dll bentuk plastik ini lebih tebal dan kaku. biasanya bentuknya lembaran seukuran kartu.

5 Macam Plastik Laminating yang perlu diketahui

Bicara mengenai plastik laminating ada beberapa jenis plastik laminating yang perlu anda ketahui agar tidak salah beli dan salah menggunakannya. diantaranya adalah sebagai berikut :

Plastik Laminating / Laminasi Doff

Jenis laminasi ini bahannya tidak kilap atau bentuknya seperti buram kebanyakan bahan laminasi doff ini digunakan untuk melapisi undangan pernikahan, undangan khitanan, dan juga sering dipakai untuk membuat lapisan cover buku, majalah dan leafleat. Dengan menggunakan laminasi doff ini hasil cetakan akan terlihat lebih elegan dan enak dipandang mata. Sangat berbeda antara kertas yang belum dilapisi laminasi dengan kertas yang sudah dilapisi laminasi.

Plastik  Laminating / Laminasi Glossy

Jenis plastik laminasi glossy ini kebalikan dari jenis laminasi doff karena jenis ini memiliki karakteristik mengkilap atau atau licin, laminasi jenis ini sering digunakan untuk hasil cetakan cover buku yasin, brosur, poster, leaflet, foto yang mana biasanya dipakai oleh cetakan selain undangan.

Plastik Laminating / Laminasi Spot UV

Plastik laminasi ini hampir sama saja dengan jenis plastik jenis glossy yang menghasilkan lapisan kilap atau licin namun bedanya spot UV ini hanya bagian tertentu saja. contohnya : mungkin anda pernah melihat cetakan undangan yang mengkilap pada bagian tulisan tertentu sedangkan lainnya berbentuk biasa saja. lapisan seperti ini adalah jenis laminasi spot UV

Plastik Laminating / Laminasi Window

Plastik laminasi jenis window ini berbentuk seperti jendela. karakter laminating ini biasanya mengkilap biasanya banyak digunakan untuk pembuatan kotak roti. laminasi windows ini dimaksudkan agar isi kotak terlihat dari luar tanpa harus membukanya. seperti kebanyakan kemasan roti. pada bagian atas kotak terdapat lubang yang dilapisi dengan pelastik tipis. kebanyakan jenis ini digunakan untuk Roti, Mainan, Makanan, Alat Elektronik, dan kemasan serupa lainnya

Varnish UV

Sebetulnya bagian varnish UV ini tidak termasuk dalam kategori laminating atau laminasi namun hal ini perlu saya tulis untuk menambah wawasan anda mengenai apa itu varnish UV. proses varnish UV ini memiliki corak yang hampir sama seperti laminasi yang mana biasanya berbentuk glosy atau licin dengan tujuan melindungi hasil cetakan. proses pembuatan barnish UV ini hanya disempotkan dengan cairan tertentu untuk melindungi hasil cetak.

Dari beberapa penjelasan diatas tentu dapat memberikan wawasan baru untuk anda mengenai macam - macam laminating yang belum anda ketahui. semoga bermanfaat.

Tags :
plastik laminating tanpa pemanas, jenis plastik laminating, plastik laminating thermal, laminating dengan plastik biasa, pengganti plastik laminating, contoh laminating, bahan laminasi yang digunakan sejenis plastik mengkilap disebut, laminating ijazah, perbedaan laminating dan press, lem untuk plastik laminating, laminasi kusut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel