Cara Memperbaiki Accu/Aki Soak Menggunakan Air Panas bisa di Coba

10/20/2019
Accu atau sering dikenal dimasyarakat kita adalah aki, bisanya accu ini memiliki masa pakai yang mana apabila masa pakai sudah habis accu akan mengalami kerusakan atau soak. Peran accu / aki pada kendaraan adalah paling penting karena apabila accu bermasalah pastinya akan membuat anda repot dalam menghidupkan mesin kendaraan. Selain itu apabila anda sering berpergian menggunakan kedaraan baik roda empat / roda dua pastinya mengecek keadaan kendaraan adalah hal wajib dan perlu dilakukan.

Cara mudah yang bisa dicek atau dilihat adalah bagian ban, lampu serta kekuatan accu / aki kendaraan anda. tentu tujuan mengecek sebelum pepergian adalah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi di perjalanan anda. 

Accu/aki merupakan benda yang perlu diperhatikan lebih dibanding lainnya karena aki ini sifatnya menyimpan setrum jadi harus di lakukan perawatan minimal cek keadaan air aki / accu apabila air sudah terlihat kurang segera tambah dengan air botolnya. yang ditandai dengan botol tutup berwarna biru.
Cara Memperbaiki Accu/Aki Soak Menggunakan Air Panas bisa di Coba
Cara Memperbaiki Accu/Aki Soak Menggunakan Air Panas bisa di Coba

Namun pertanyaanya bagaimana cara mengatasi aki / accu yang sudah soak atau lemah penyebabnya ini bisa dari kurang nya perawatan atau masa usia aki / accu yang sudah tua. untuk mengatasi aki soak dengan cepat tanpa harus membeli aki / accu baru coba beberapa hal yang dapat mengatasi masalah tersebut :

Memperbaiki Accu/ Aki Soak Menggunakan Air Panas

  1. Rebus air sebanyak 3 liter usahakan sampai benar - benar mendidih, usahakan mendidih sekitaran 30 menit
  2. Buka semua penutup aki / accu aki yang terdapat beberapa tutup kemudian lakukan pembuangan pada air aki / accu tersebut awa mengenai kulit, jika terkena kulit segera cuci menggunakan sabun
  3. Jika sudah terkuras habis tuangkan air panas yang sebagian saja tutup semua lubang 
  4. Goyangkan aki hingga air yang ada didalam berubah warna menjadi hitam, dengan diberikan air panas ini tentu tujuannya agar membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element aki.
  5. Ulangi proses ini sampai beberapa kali saya sendiri sampai 6x, buang air saat sudah benar - benar hitam.
  6. Setelah proses selesai sekarang anda bisa memasukkan air aki atau zuur pada tahap ini aki sudah siap digunakan kembali.
Sekedar saran cara ini hanya digunakan untuk hal yang urgent saja karena ketahanan aki yang diperbaiki diatas menurut pengalaman saya hanya kuat beberapa hari saja. Demikian penjelasan mengenai cara memperbaiki accu soak. semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »