Cara Membeli Barang Lewat Online Agar tidak kena tipu

9/29/2019
Semakin majunya perkambangan zaman dengan kemampuan internet kita dapat terhubung seolah tidak ada jarak yang jauh meskipun berbeda daerah, pulau bahkan negara. Dengan kemajuan ini banyak sekali pedagang yang tadinya offline bergerak menjadi offline. Pasar online memang lebih luas dibandingkan dengan pasar offline namun bukan berarti hal ini memicu anda harus tutup usaha offline yang saat ini sedang dijalani. Dengan maraknya jual beli online terkadang menjadi sebuah celah untuk para penipu memanfaatkan hal ini banyak sekali kasus penipuan belanja online ini disebabkan karena kita belum memahami bagaimana cara berbelanja online agar tidak kena tipu.Apalagi jika nominal uang yang ditipu besar tentu ini akan menjadi sebuah fikirin tersendiri bagi kita. Tidak kejahatan memang sulit untuk dicegah karena ini sangat berkaitan dengan individu penipu itu sendiri. banyak kasus penipuan ini dimulai dari facebook, whatshaap, chatting, sms bahkan telpon.

Apalagi jika kita pedagang dan ingin membeli produk yang akan dijual lagi tentu tawaran - tawaran yang datang dengan harga murah dan juga ucapan manis penjual haruslah kita fikir ulang jangan sampai modal yang seharusnya mutar untuk membeli barang akhirnya kandas tertipu orang. Banyak cara untuk mengetahui apakah penawaran tersebut tipuan atau bukan, di dalam ruanganbaca.com ini kita akan ulas cara mengetahui mana barang online tipuan mana barang online asli.

Cara Membeli Barang Lewat Online Agar tidak kena tipu
Cara Membeli Barang Lewat Online Agar tidak kena tipu
Untuk mengecek hal tersebut tidaklah dilakukan hanya dengan melihat gambar barang saja, melainkan ada hal lain yang perlu kita amati dengan seksama agar terhindar dari penipuan belanja online di internet. 

Cara Membeli Barang Online Lewat Facebook agar tidak tertipu

Untuk membeli barang online melalui sosial media seperti facebook memang kita harus jeli, biasanya penipu menampilkan foto - foto yang membuat kita tertarik untuk membelinya dan menghubungi penjualnya. ada beberapa tips agar kita terhindar dari penipuan ini :
  1. Pastikan barang yang ada di facebook tidak ada di google kita bisa mencari barang tersebut dan search melalui google dengan cara telusuri melalui google foto lihat gambar dibawah
  2. Setelah barang memang tidak ada di google berikutnya lihat secara lengkap profile facebook penjual. lihat apakah ada daftar hubungan keluarga, alamat, lulusan sekolah. dll dengan lengkap,
  3. Lihat jumlah pertemanan apakah sudah banyak diatas seribu.
  4. Lihat status apakah aktif dan sering update.
  5. Mintalah nomor Whatsaap
  6. Baca komentar - komentar di wall facebook adakah orang terdekat yang mengenalinya.
  7. Carilah orang yang sudah pernah bertransaksi dengan toko tersebut
Dengan anda mengetahui beberapa tips diatas tentu bukan berarti sudah aman dari penipuan, pastikan nomor rekening adalah nama yang sama dengan akun facebook atau lebih bagus jika no. rekening nama perusahaan.

Cara Membeli Produk Online lewat Whatsaap

Selain facebook terkadang ada sebagian produk - produk yang ditawarkan melalui whatshaap baik itu link yang dibagian ataupun foto - foto yang bertebaran, Nah dalam hal ini juga kita haruslah hati - hati jangan sampai apa yang kita beli setelah tranfer barang tidak dikirim ke lokasi. Sebelum anda berniat membelinya mintalah kontak selain whatshaap misalnya facebook nya, alamatnya dengan cara bagikan lokasi melalui whatsaap dan juga alamat situs toko online nya. syukur - syukur jika toko tersebut sudah ada toko di market place seperti tokopedia atau bukalapak kita dapat melihat komentar - komentar pembeli disana. Adapun hal yang harus di cek adalah seperti berikut :
  1. Pastikan gambar tidak ambil dari google anda bisa lakukan hal yang sama seperti diatas
  2. Minta Alamat Facebook dan perhatikan seperti pembahasan diatas mengenai facebook
  3. Lihat jumlah teman di facebook
  4. Lihat status update
  5. Baca Komentar
  6. Cari orang yang sudah pernah bertransaksi.
  7. Jika dalam hal barang belilah dalam jumlah kecil dulu untuk mencobanya 

Cara Membeli barang melalui marketplace tokopedia / bukalapak agar tidak ketipu

Yang disebut marketplace adalah sebuah situs jual beli online dengan penjual yang banyak seperti pasar online. Sebetulnya untuk system yang dibuat oleh tokopedia dan bukalapak ini sulit untuk melakukan penipuan karena sistem marketplace ini menerapkan rekening bersama. dimana pembeli membayar barang kepada pemilik bukalapak atau tokopedia terlebih dulu, sebelum barang sampai uang tersebut tidak dapat diterima oleh penjual. Namun bukan berarti hal ini dapat dihindari karena terkadang si penipu lebih pintar untuk melakukan siasatnya demi melancarkan aksi penipuannya. hal yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Pastikan toko di marketplace tersebut pernah ada yang beli
  2. pastikan barang yang dijual harganya relatif sama dengan toko lainnya tidak terlalu rendah apalagi tidak masuk akal.
  3. jangan mau bertransaksi diluar dari tokopedia ataupun bukalapak tersebut karena ini sangat berbahaya dan pastinya akan terjadi penipuan.

Cara Membeli barang melalui shopee agar tidak ketipu 

Shopee situs jual beli online seperti marketplace, tentu untuk menghindari penipuan cara ini sama harus dilakukan saat bertransaki dengan marketplace pada umumnya seperti bukalapak dan tokopedia, yang pasti hindari bertransaksi diluar dari marketplace itu sendiri seperti melalui sms, telpon, chatting atu media lainnya yang tidak berkaitan dengan shopee dan pastikan juga saat pembayaran tranfer jangan ke rek pribadi pemilik toko langsung melainkan harus melalui market place terlebih dahulu.

Cara Membeli brang melalui OLX agar tidak kena tipu

OLX atau terdahulunya tokobagus memang sudah lama aktif di online shopping merakyat namun kita juga harus hati - hati dengan apa yang dijual di olx tersebut. disini anda tidak sama sekali disarankan mentranfer uang tanpa melihat barang yang akan di beli apalagi seperti membeli kucing dalam karung.  OLX memang seperti marketplace pada umumnya namun cara membelinya berbeda karena situs ini akan langsung terhubung ke nomor hp penjualnya secara langsung jadi anda bertransaki langsung kedua belah pihak kepada penjual. adapun hal yang perlu diperhatikan :
  1. Jangan mentranfer uang duluan sebelum ketemuan dan melihat barangnya
  2. Lebih baik langsung lihat barang jika cocok langsung bayar
  3. Jangan percaya melalui telp saja
  4. Pastikan alamat penjual mudah ditemukan
Banyak kasus saat ini penjual yang akan ketemuan di tipu dengan cara di kerjai atau saat sudah janjian cod atau ketemuan si pembeli tidak menemuinya sampai akhirnya barang tidak dijual. atau ditipu dengan cara dikerjai. hal ini kerap terjadi saat ini.  Jadi untuk menghindari hal tersebut minta semua kontak yang akan membeli dan lakukan cod atau ketemua area terdekat saja jangan sampai jauh namun tidak pasti.

Demikian penjelasan mengenai cara membeli barang online agar tidak tertipu semoga bermanfaat.

Tag :
Cara beli barang di tokopedia, cara belanja online di bukalapak, cara beli di online shop, cara beli online agar tidak tertipu, tertipu saat beli online, cara mengecek keberadaan penipu.



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »