Cara Kompres memperkecil ukuran File PDF, dan JPG untuk diupload ke Email

9/28/2019
Mengkompres atau cara memperkecil file pdf dan gambar merupakan cara yang sering kita lakukan ketika ingin mengirim email untuk syarat tertentu yang memiliki ketentuan mengenai ukuran kapasitas foto. terkadang kita dibuat bingung bagaimana cara melakukan hal tersebut biasanya ini dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, calon cpns dan masih banyak lagi kebutuhan akan mengkompres file pdf atau jpg ini agar cepat masuk ke email. Selain email terkadang ada syarat tertentu untuk kebutuhan upload dihalaman web yang mengharuskan kapasitas fotocopy kecil. tentu tujuan ini agar server mereka tidak boros dengan menumpuknya file - file foto yang besar dan proses upload akan menjadi lebih lambat dan lama.

Banyak sekali saat ini aplikasi yang dapat digunakan untuk mengkompres gambar atau foto, bahkan diantara aplikasi tersebut ada yang sering kita jumpai di komputer karena ini bawaan dari windows namun mungkin selama ini kita tidak tahu fungsinya tentu hal tersebut masih menjadi rahasia bagi kita. nah di artikel ini kita akan ulas mengenai cara kompres gambar dan juga file pdf yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus repot - repot install aplikasi tambahan. 

Kompres gambar ukuran kecil.
Banyaknya pelamar kerja dan kebutuhan akan syarat - syarat yang berhubungan dengan dokumen, baik email ini terkadang ini menjadi ladang basah untuk sebagian kalangan seperti anda yang buka usaha warnet, jasa rental atau fotocopy yang menyediakan scan dll. Biasanya kebutuhan akan pelamar kerja dan juga mencari kerja ini sangat erat kaitannya dengan jasa diatas, sehingga kita selaku pengusaha haruslah upgrade atau memiliki kemampuan dalam melakukan hal - hal diatas, seperti kompres gambar, kompres file pdf, kirim email dan mempelajari banyak jasa lainnya.

Cara membuka jasa scan untuk usaha fotocopy

Membuka jasa scan pada usaha fotocopy memang saat ini masih sangat cemerlang bila di campur dengan usaha fotocopy dan juga rental. tingginya kebutuhan masyarakat akan sebuah dokumen tentu ini peluang yang tidak boleh kita lewatkan, untuk membuka usaha jasa scan ini tentu anda harus memiliki mesin scan misalnya canon lide 110 meskipun besarnya scaner ini hanya A4 pernah dibahas mengenai cara scan menggunakan kertas F4 ini dan mengakalinya.

Pelayanan scan ini biasanya untuk memperbanyak dokumen dan juga mencetak kebutuhan foto yang sudah jadi. Namun dengan membuka jasa dokumen ini ada beberapa hal yang harus teman - teman perhatikan jangan sampai melakukan hal - hal yang tentangan dengan hukum, karena biasanya ada saja konsumen yang minta dibuatkan beberapa hal yang melanggar ketentuan humun diantaranya :
  1. Meminta Scan Ijazah dan mengganti namanya
  2. Meminta merubah / menambah nama KTP, KK
  3. Meminta menggandakan dokumen negara agar mirip aslinya terutama bagian stampel atau cap
Jadi meskipun anda membuka jasa ini tentu tidak semuanya harus anda terima dan lakukan, batasi hanya untuk hal - hal yang tidak berkaitan dengan ketentuan hukum saja.

Cara Kompres File PDF atau kapasitas menjadi kecil

Kompres file pdf ini banyak dibutuhkan kalangan masyarakat yang biasanya untuk kebutuhan upload file ke email atau ke website tertentu sebagai syarat tertentu. pdf sendiri merupakan file yang tidak dapat diedit dengan mudah jika anda mengedit file pdf ini tentu harus mengubahnya terlebih dahulu ke file word lalu dikembalikan ke file pdf semula. 

Memang hal ini merepotkan namun hal tersebut adalah satu - satunya yang dapat dilakukan untuk dapat mengedit file pdf. Cara mengkompres file pdf sendiri ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan cara online dan juga dengan cara offline. untuk lebih mudah kita dapat mengkompres file pdf ini secara online. dibawah ini ada beberapa situs yang dapat digunakan untuk kompres file pdf secara online :
  1. https://www.ilovepdf.com/id/mengompres-pdf
  2. https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  3. https://pdfcompressor.com/id/
Cara diatas, cukup mudah dilakukan karena anda hanya tinggal upload dan mendownload ulang file pdfnya secara otomatis file menjadi kecil atau terkompres dengan baik.

Cara Kompres File Gambar / Foto menjadi kapasitas kecil

Kompres gambar ini anda bisa menggunakan aplikasi yang ada di komputer bawaan windows, salah satunya adalah paint. nah dengan menggunakan aplikasi paint ini sangat bisa difungsikan untuk memperkecil ukuran gambar atau foto agar memiliki kapasitas yang kecil. dibawah ini adalah langkah - langkah untuk memperkecil ukuran foto menggunakan paint :
  1. Membuka file gambar ke paint dengan cara kli file - open lalu cari gambar
  2. Setelah gambar terbuka klik bagian
    Klik Open
  3. Setelah gambar terbuka anda bisa klik menu resize 
    Menu resize
  4. Atur resize dengan posisi seperti dibawah ini
    Resize and skew


Dengan melakukan beberapa hal ini tentu anda sudah berhasil melakukan kompres file pdf dan juga file jpg atau gambar. Sangat mudah dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi dan install aplikasi tambahan. Dengan melakukan kompres gambar ini menggunakan pint anda tidak lagi direpotkan untuk mengatus kapasitas tertentu karena ini sudah otomatis dan akan meresize gambar secara langsung.

Demikian artikel mengenai cara memperkecil file pdf atau gambar dengan murah, semoga bermanfaat dan dipraktekkan.

Tag :
Cara memperkecil ukuran gambar, cara memperkecil ukuran file pdf, cara mengkompres gambar, cara mengkompres file pdf

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »