6 Cara melubangi nota atau karcis dengan mesin porporasi dan secara manual - Ruanganbaca.com

6 Cara melubangi nota atau karcis dengan mesin porporasi dan secara manual

Melubangi nota dalam hal ini adalah agar memudahkan saat nota di sobek, sebetulnya ada beberapa teknik membuat nota atau karcis tanpa harus melubangi dengan mesin porporasi kita akan  ulas teknik apa saja yang akan digunakan dalam membuat sebuah porporasi pada nota. Untuk orang yang sudah mengenal dunia percetakan tentu tidak asing lagi dengan yang namanya porporasi sedangkan untuk yang masih awam mungkin belum mengerti apa sih porporasi itu? Nah jadi teman - teman sedikit akan saya jelaskan mengenai mesin porporasi ini. coba perhatikan sebuah nota atau karcis biasaya pada bagian atasnya terdapat lubang - lubang baik itu berupa garis sayatan yang sejajara ataupun berbentuk lubang - lubang. Nah dalam pembuatannya tentu ini menggunakan beberapa alat baik itu secara manual ataupun menggunakan mesin.

Proses pembuatan nota menggunakan alat injak manua
Proses pembuatan nota menggunakan alat injak manual
Tentu dalam sebuah percetakan besar cara manual amat tidak disarankan karena pastinya dalam melubangi nota ini atau membuat garis pemotong sobekan nota ini memakan banyak waktu apalagi jika pembuatannya banyak tentu harus menggunakan mesin porporasi bukan lagi menggunakan manual seperti cutter. sebelum kita memporporasi kertas nota terlebih dulu teman - teman ketika mencetak desain nota nya bagian yang akan diberikan porporasi haruslah memiliki jarak beberapa cm tentu hal ini agar nantinya nota bisa dapat dengan mudah di buat porporasi dan memiliki jarang penyobekan kertasnya.

Seperti yang kita ketahui saat ini bisnis percetakan bukan hanya bisa dilakukan oleh pengusaha yang memiliki mesin - mesin besar. Bahkan untuk mensiasati ini  kita sebagai pelaku industri rumahan juga bisa melalukan hal yang sama seperti membuat nota untuk kepentingan sendiri ataupun dijual lagi hanya menggunakan printer, meskipun apabila kita bandingkan hasil nya akan berbeda dengan hasil cetakan menggunakan mesin offset. Untuk memulai usaha membuat nota rumahan ini teman - teman bisa gunakan printer EPSON yang sudah dimodifikasi bagian tintanya menggunakan artpaper atau tidak luntur. 

Cara porporasinya teman - teman bisa lakukan dengan cara manual yaitu menggunakan cutter ini cara yang amat mudah dan juga murah, namun memakan waktu yang cukup lama. tidak ada salahnya sebagai pemula teman - teman belajar percetakan pembuatan nota dimulai dari hal - hal kecil ini karena kita tidak tahu perkembangan usaha kedepannya seperti apa jika kita mampu menjalaninya tentu akan menjadi usaha yang lebih pesat lagi. namun jika kebalikannya tentu hal tersbut tidak dapat diharapkan.

Alat melubangi nota atau porporasi

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas mengenai apa itu porporasi nota dan alat cetak yang dapat kita gunakan untuk membuat nota ini, dibawah ini ada beberapa alat yang bisa teman - teman gunakan sebagai pembantu melubangi nota agar mudah disobek.

1. Cutter

Menggunakan cutter ini hanya untuk dilakukan oleh kalangan percetakan rumahan atau yang masih menerima order kecil - kecilan bisa menggunakan cutter dalam membentuk porporasi ini caranya adalah dengan menusuk - nusuk garis porporasi yang akan teman - teman buat.
Cutter porporasi kertas
Cutter porporasi kertas
hal ini tentu tujuannya agar dapat mudah disobek nantinya dalam proses penusukan menggunakan cutter ini haruslah hati - hati dan usahakan alasnya berupa karet atau kayu.

2. Mesin Jahit

Alat mesin jahit ini dapat kita gunakan untuk kalangan percetakan menangah ataupun yang masih pemula. 
Mesin jahit porporasi kertas
Mesin jahit porporasi kertas
cara ini lebih cepat jika dibandingkan degan cara cutter, tentu meskipun menggunakan mesin jahit anda harus hati - hati dan kontrol terhadap apa yang anda kerjakan karena bisa juga terkadang jarum patah ataupun kertas kusut ketika masuk kedalam mesin jahit sehingganya atur ketebalan saat proses pelubangan kertas ini didalam mesin jahit.

3. Pisau porporasi

Pisau porporasi ini bentuknya hampir menyerupai gergaji namun lebih dalam dan memiliki sudut - sudut yang persegi empat untuk perobek kertasnya, penggunaanya juga sangat mudah teman - teman hanya butuh penekan agar alat ini bisa menembus kertas yang akan dilubangi.
Pisau porporasi
Pisau porporasi
jika kita bandingkan antara cutter, mesin jahit pisau porporasi ini hasilnya lebih rapih dan juga bagus asalkan pengerjaannya hati - hati.

4. Roller Porporasi Overneedle

Alat ini sebetulnya hanya sebuah roller tangan, ini hanya bisa memotong kertas beberapa lembar saja karena cara penggunaan alat ini dijorong manual tentu tekanan yang dihasilkan tidaklah terlalu besar untuk merobek kertas dengan ketebalan yang melebihi maksimum. 
Roller porporasi
Roller porporasi
Untuk pemula atau pemotong garis - garis nota untuk kepentingan pribadi cara memotong menggunakan alat roller ini bisa manjadi rekeomendasi anda.

5. Menggunakan Alat ijak manual

Alat porporasi ijak manual ini sebetulnya sama dengan cara porporasi menggunakan pisau namun ini lebih rapih dan kerjanya lebih mudah.
Alat ijak manual porporasi
Alat ijak manual porporasi
karena kita cukup memasukkan beberapa lembar kertas yang akan di porporasi lalu menginjak handle nya maka secara otomatis kertas akan dijepit oleh pisau porporasi dan memotongnya. biasanya alat ini dapat dijumpai di kelas percetakan menengah atau percetakan besar.

6. Mesin porporasi otomatis

Model mesin porporasi otomatis ini biasanya yang menjalankan mesin jadi tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga besar untuk melakukan hal ini. 
Mesin porporasi otomatis
Mesin porporasi otomatis
semua sudah dijalankan menggunakan tenaga mesin yang akan memotong garis - garis kertas nota tersebut. Namun harga mesin porporasi otomatis ini harganya cukup lumayan mahal ini hanya digunakan oleh percetakan kelas besar yang sudah memiliki banyak job cetakan nota.

Dari penjelasan diatas tentu teman - teman sudah memahami alat apa saja yang dapat digunakan untuk melubangi nota atau karcis tentu hal tersebut akan memudahkan anda dalam kelangsungan wirausaha. Jadi dimulailah dari hal kecil terlebih dulu agar mengerti teori dasar percetakan sebelum merambah ke yang lebih besar. dari penjelasan diatas semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi pelajaran baru untuk teman - teman semua. terimakasih

Tag :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel