Solusi kabel Fleksibel yang rusak atau putus pada Panel LCD Fotocopy

Kabel Fleksibel merupakan kabel yang bebentuk pipih dan umumnya berwarna putih, untuk teman - teman yang belum pernah melihatnya kabel ini sangat bisa dibedakan dengan kabel biasa pada umumnya. karena biasanya kebel ini untuk mengkoneksikan antara mesin dan juga panel layar atau LCD. Nah kebanyakan dari kita saat kabel ini rusak ataupun cacat langsung mencari penggantinya sedangkan terkadang untuk membelinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Nah untuk mengakali sementara bagaimana cara memperbaiki kabel fleksibel yang lepas atau tekelupas teman - teman bisa langsung mempraktekkannya dengan mudah.

Artikel ini diposting berdasarkan pengalaman saya dalam mengakali kabel fleksibel mesin fotocopy yang mana pada awalnya layar LCD tidak mau menampilkan gambar atau tulisan, akhirnya saya coba buka panel mesin fotocopy dan menemukan kerusakan pada area LCD yaitu kabel yang menyambung di area layar LCD ini lepas. tentu hal ini sulit untuk menyambungnya karena memang kondisinya tidak memungkinkan untuk dilakukan penyambungan.
 

Hingga akhirnya mendapatkan ide bagaimana cara menyambung kabel LCD ini dengan cara yang cepat tanpa harus mengganti kabel fleksibel tersebut. apalagi jika saya harus membeli ke toko yang menjual sparepart mesin sangat jauh dan butuh waktu beberapa jam. tentu hal ini akan menghambat pelanggan yang mau fotocopy. untuk menghindari hal tersebut saya akali dengan beberapa langkah sederhana. yang terpenting adalah saat pemasangan kabel ke posisi semula harus pas dan juga tidak longgar. agar nantinya kabel fleksibel tetap terhubung dengan baik dan benar antara bagian LCD dengan bagian mesin fotocopy.

Untuk teman - teman yang memiliki permasalahan yang sama bisa mengikuti beberapa tips yang akan saya bagikan. cukup mudah dan simpel dan pastinya tidak menyita waktu dalam mempraktekkannya, dan yang pasti cara ini tanpa mengeluarkan modal namun membutuhkan keahlian khusus salah satunya dari segi kerapihan karena jika hasil potongannya miring atau tidak rata yang dikhawatirkan kabel fleksibel tidak dapat menempel dengan sempurna ke bagian mesin fotocopy.

Teman - teman yang penasaran bagaimana cara mengatasi kabel fleksibel mesin fotocopy yang putus bisa simak beberapa langkah dibawah ini, yang pasti anda harus memiliki beberapa alat yang dibutuhkan dalam mengaplikasikannya :
  1. Potong bagian kabel fleksibel yang putus dan ratakan dengan sekali pukulan, jadi anda harus menggunakan golok yang di ganjalkan ke kayu lalu pasang kabel fleksibel diatas kayu tersebut getok menggunkan golok yang dipukul palu. dengan cara ini dimaksud agar hasil potongan sejajar dan persisi.
  2. Jika hasilnya sudah perisisi dan sejajar antara kiri dan kanan. anda bisa kelupas satu persatu kabel fleksibel yang berwarna putih, dengan cara dikerik menggunakan cutter kecil jadi cara mengerik nya anda cukup kerik bagian yang terdapat kabelnya saja sampai terkelupas terlihat bagian kuningan. proses ini anda harus benar - benar rata antara kelupasan satu dengan yang lainnya.
  3. Setelah berhasil di kelupas dan rata anda bisa tes dan masukkan kedalam soket kabel fleksibel yang anda akan gunakan. jangan sampai miring dan kondisikan posisi ini mengenai beberapa pin yang terdapat pada soket yang anda colokkan.
Dari langkah diatas ini sudah berhasil saya praktekkan tanpa harus mengganti kabel fleksibel baru. Namun cara ini hanya untuk sementara. untuk lebih baiknya gunakan kabel fleksibal yang asli dan yang belum rusak. yang dikhawatikan lama kelamaan kabel ini lepas dari soket dan menjadi masalah lagi untuk mesin fotocopy anda.

Demikian penjelasan singkat bagaimana cara memperbaiki kabel fleksibel mesin fotocopy yang mengalami kondisi putus atau rusak, semoga dapat membantu permasalahan sobat semua ya. terimakasih sudah berkunjung di blog ruanganbaca.com untuk ikut dalam video - video ruanganbaca.com kami sudah buatkan dalam youtube. silakan teman - teman klik pada banner diatas ya.

Tag :
cara mengatasi kabel fleksibel putus, cara mengupas kabel flexible, cara memperbaiki kabel fleksibel rusak, cara menyambung kabel fleksibel tv led, lem kabel fleksibel, mengakali fleksibel yang putus, cara memperbaiki kabel fleksibel touchscreen, cara jumper touchscreen

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel