Cara Mengatasi Error E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR

Dipostingan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara mengatasi masalah E197 pada mesin fotocopy canon IR yang mana kondisi ini biasanya mesin akan berhenti bekerja dan mengeluarkan indikator masalah seperti diatas. Masalah diatas bukan masalah sepele yang mudah di atasi apalagi jika anda tidak pernah punya pengalaman akan solusi bagaimana cara mengatasi E197 tersebut jelas hal ini akan sangat rumit untuk mendapatkan solusinya.

Sebelum saya membahas lebih lengkap mengenai permasalahan error e197 mesin fotocopy canon IR ini kita kan sedikit intermezo mengenai hal pertama saya menjumpai masalah E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR. Pada awalnya saya sendiri tidak pernah mengetahui akan mesin dengan penyakit E000197-0003 tiba - tiba ada tetangga sebelah menelfon dan meminta bantuan untuk melihat mesinnya yang sedang digunakan. tentu hal tersebut membuat saya bergegas untuk segera melihat mesin tersebut dibarengi rasa penasaran. hingga sampai pada lokasi langsung saya tes mesin tersebut dan benar saja mengeluarkan indikator E000197-0003, kebetulan mesin fotocopy beliau adalah type canon IR 3245. Untuk jenis dan type mesin ini bisa saja terjadi pada mesin dengan type canon lainnya.
Error E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR
Error E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR
cerita beliau yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah E197 ini adalah sudah mengganti bagian Power Supply dan juga bagian DC namun semua tidak berhasil karena mesin tetap mengeluarkan indikator Error tersebut. tentu ketika beliau mentok dan tidak tahu lagi solusi yang harus dilakukan beliau menelfon saya dan mohon bantuan bagaimana cara menghilangkan E197 pada mesin fotocopy tersebut. Disini saya sedikit mulai mencari penyebab dari masalah tersebut yang memang saya sendiri tidak pernah menjumpai problem E197 tersebut. hingga akhirnya beberapa part harus saya ganti untuk melakukan uji coba dan menghilangkan masalah ini. 
Pertama adalah dengan mengganti bagian mainboard, karena untuk menguji dengan mengganti PS dan DC sudah pernah dilakukan. Namun sebelum hal tersebut dilakukan untuk teman - teman semua perlu saya ingatkan bahwa permasalahan canon IR 3245 ini adalah sangat rentan terhadap daya listrik dirumah. jadi pastikan bahwa daya listrik memang benar - benar stabil dan menggunakan stabilizer ya. Dan juga jika sudah mengganti bagian kabel DC pastikan juga jangan terbalik. ikuti cara pemasangan seperti kabel DC semula. setelah saya lakukan pergantian pada Mainboard masalah tetap muncul, dan saya coba lakukan beberapa perbaikan untuk mengatasi E197 :

Cara Memperbaiki Error E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR

  1. Perhatikan mesin jika pakai finisher pastikan dan cek kabel pada bagian finisher pada body soketnya tidak terpasang dengan baik untuk terhubung ke bagian DC dan menyebabkan mesin fotocopy tidak koneksi dengan baik.
  2. Berikutnya coba tukar bagian pcb yang bentuknya ukuran kecil letakkan diatas bagian mainboard, ada sebagian pengalaman dari rekan - rekan fotocopy masalah ini bisa disebabkan bagian pcb tersebut.
  3. Cek atau tukar HVT mesin fotocopy untuk memastikan permasalahan tersebut bukan disebabkan karena bagian HVT.
dari beberapa hal tersebut yang saya lakukan ternyata problem Error E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR dapat saya atasi dengan melakukan perbaikan pada bagian kabel soket. atau anda bisa baca pada nomor 1 diatas. Solusi ini tidak dapat dijadikan patokan pasti untuk mengatasi Error tersebut karena terkadang kode error yang sama namun kendala atau penyebab yang harus diperbaiki berbeda. jadi apabila anda mengalami problem yang sama dan setelah melakukan perbaikan diatas tidak dapat menghilangkan kondisi Error E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR. anda bisa lakukan perbaikan dengan cara ditelusuri dari penjelasan diatas.

Demikian penjelasan singkat mengenai bagaimana cara mengatasi problem Error E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR. semoga dapat membantu dan memberikan solusi bagaimana dan apa saja cara untuk menghilangkan Error E000197-0003 yang terjadi pada mesin fotocopy canon IR.
Tag :
cara memperbaiki mesin fotocopy error, menghilangkan E197, error E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR, memperbaiki masalah mesin fotocopy, solusi E000197-0003 Mesin Fotocopy canon IR

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel