b200 atau p10 Printer Canon mp287/ mp258 dibahas solusinya - Ruanganbaca.com

b200 atau p10 Printer Canon mp287/ mp258 dibahas solusinya

Teman - teman kendala pada printer merupakan hal yang wajar apalagi jika printer yang teman - teman gunakan memang sudah lama di gunakan biasanya printer akan mengeluarkan beberapa error yang terkait dengan kendala kerja mesin printer itu sendiri, salah satunya seperti yang akan kita bahas pada artikel ini adalah bagaimana cara mengatasi masalah b200 pada printer Canon MP287 dan juga MP258 karena kedua printer ini masih memiliki sedikit kesamaan kita akan ulas secara bersama - sama. Untuk orang awam dalam dunia printer tentu hal ini merupakan problem yang sangat menyulitkan karena solusinya tidak dapat dilakukan hanya mereset printer canon itu sendiri, melainkan harus dilakukan cara khusus untuk menghilangkan problem b200 ini.

Teman -teman dalam kasus ini memang sering terjadi dan menimpa pada printer dengan seri Canon mp287/ mp258 dan masalah ini sering sekali saya jumpai. Dalam kasus nya apabila kita teliti lagi lebih dalam mengenai problem masalah b200 ini biasanya kaitannya erat dengan bagian mesin printer itu sendiri. tentu untuk teman - teman yang awam akan elektronik sangat tidak disarankan jika ingin mencoba memperbaikinya sendiri. Problem seperti ini akan dinilai sangat berat dalam mengatasinya karena anda harus membuka bagian mesin dan mencari penyababnya yang menimbulkan kode error b200 pada printer canon itu sendiri.

Penyebab b200 pada printer mp287 dan mp258

Dalam kasus ini beberapa penyebab printer canon yang menyebabkan b200 adalah sebagai berikut :
  1. Bagian power supply printer tidak dalam mensuplay listrik dengan baik, kondisi ini adalah karena disebabkan arus yang diambil dari listrik rumah untuk masuk ke printer tidak dapat terpenuhi solusinya coba gunakan stabilizer jika masalah masih bisa jadi penyebabnya adalah bagian power supply yang bermasalah atau lemah. 
  2. Keadaan over head atau printer kelebihan beban pakai, yang mana solusinya anda bisa mencabut bagian cartridge dan coba gunakan cartridge lain, lalu pasang kembali cartridge yang sebelumnya dilepas bawaan printer.
  3. Terakhir adalah kondisi terparah yang menimbulkan masalah b200 pada canon Mp287 dan Mp258 adalah bagian mainboard yang rusak. kerusakan ini disebabkan oleh resistor printer yang putus, biasanya ini karena printer terlalu sering digunakan.

Cara Memperbaiki Canon MP287 dan MP258 Error B200 atau Kode P10

Kasus B200 itu sendiri sama halnya dengan problem p10 yang terjadi pada printer canon, yang mana tentu solusinya hampir sama saja dengan b200. untuk cara memperbikinya anda bisa simak beberapa ulasan dibawah ini :
Mainboard mp287 / mp258
Mainboard mp287 / mp258
Bongkar bagian tutup atau casing printer semuanya, baik kanan dan kiri sampai anda bertemu dengan mainboard lalu lepaskan dari dudukan printer tersebut, jangan lupa untuk mengontrol seluruh kabel - kabel yang masih terpasang.
  1. Siapkan resistor R301 untuk mengganti bagian mainboard mesin printer yang rusak. ini banyak dijual di toko - toko printer atau bisa didapat dengan membeli online.
  2. Untuk langkah ini apabila anda tidak bisa memasangnya bisa meminta tolong jasa service elektronik untuk memasangkannya karena untuk melakukan perbaikan ini harus hati - hati dan orang yang memiliki pengalaman dalam bidang solder dan perbaikan elektronik.
  3. Dalam kasus diatas kebanyakan setelah mengganti resistor R301 ini masalah p10 dan B200 dapat dihilangkan.
  4. jangan lupa dalam pemasangan body dan baut printer serta kabel - kabel lakukan seperti kondisi awal sebelum dilakukan pembongkaran.
Sangat mudah bukan, solusinya ini biasanya work dan dapat di pastikan berhasil yang pasti sebelumnya anda sudah melakukan beberapa langkah kecil yang sudah saya jelaskan diatas mengenai penyebab kondisi printer p10 atau b200. Demikian artikel singkat mengenai bagaimana cara mengatasi printer p10 dan b200 ini semoga bermanfaat.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel