Cara Mengatasi paper jam tidak ada kertas mesin fotocopy canon IR - Ruanganbaca.com

Cara Mengatasi paper jam tidak ada kertas mesin fotocopy canon IR

Paperjam merupakan kodisi mesin fotocopy yang tiba - tiba mengeluarkan indikator kertas nyangkut pada bagian tertentu bisanya di tunjukkan dengan perintah mengambil kertas pada layar monitor, masalahnya terkadang yang di tunjukkan oleh indikator tersebut tidak sesuai dengan kenyataan, karna saat kita buka di area kertas yang macet ternyata tidak ada kertas yang nyangkut. jelas ini akan menimbulkan pertanyaan untuk kita. apa yang menyebabkan hal ini terjadi. beberapa langkah kecil terkadang bisa menyelesaikan masalah paperjam pada mesin fotocopy canon ir mulai dari type IR5000/IR6000/IR4570/IR3300/IR2200/IR6020 dan lainnya. paperjam pada mesin type IR6000 biasanya ditandai dengan indikator error 0A02. dalam penanganan error atau paperjam ini anda harus melihat indikator yang di tinjukkan mesin tersebut karna dengan kita melihat letak kertas yang ditunjukkan indikator akan mempermudah untuk mencari pemasalahannya.

Ada beberapa indikator yang menunjukkan paperjam atau kertas nyangkut mulai dari paperjam dibagian pintu samping, paperjam dibagian laci kertas, paperjam dibagian area pemanas atau fixing masing - masing kondisi paperjam ini memiliki cara penanganan yang berbeda. sebelum melakukan perbaikan langkah ini merupakan langkah awal masalah yang ada di mesin fotocopy, dalam melakukan analisa masalah kertas nyangkut namun tidak ada kertasnya ini untuk yang masih pemula dalam usaha fotocopy tentu akan membuat mumet karna ini akan menjadikan suatu pertanyaan besar kenapa kertas nyangkut namun tidak ada kertas di area yang diperintahkan mesin fotocopy tersebut.

Cara Mengatasi paper jam tidak ada kertas mesin fotocopy canon IR
Cara Mengatasi paper jam tidak ada kertas mesin fotocopy canon IR
Anda tidak perlu khawatir perbaikan paperjam ini apabila sudah ditunjukkan lokasinya biasanya tidak memakan waktu lama, karna indikator mesin fotocopy biasanya menunjukkan yang sesuai dengan kerusakan mesin fotocopy tersebut dari beberapa sumber dan pengalaman pengguna mesin fotocopy kerusakan ini bisanya disebabkan oleh satu faktor yang memberi perintah kepada mesin mengenai jalur kertas. Menganalisa permasalahan paperjam ini perlu di lakukan jangan sampai anda salah melakukan perbaikan tersebut dan beberapa mesin fotocopy memiliki cara penanganan yang berbeda karna letak pada bagian bagian mekanik nya pun berbeda.

Penyebab paperjam pada mesin canon ir biasanya disebabkan oleh sensor kertas yang tidak normal atau bermasalah, namun sebelum anda melakukan perbaikan pastikan kerusakan paperjam tersebut sudah diketahui, langkahnya anda masuk kebagian history mesin atau riwayat penggunaan misal pada mesin fotocopy canon IR4570 anda bisa klik menu save mode - display - jam.
Dengan mengkilik menu tersebut anda akan melihat seluruh kegiatan mesin baik itu paperjam dan lainnya coba perhatikan kode paperjam yang terjadi pada mesin anda, saya beri contoh pada gambar dibawah ini.
Paperjam Mesin Fotocopy
Paperjam Mesin Fotocopy
Pada layar gambar diatas menjelaskan mengenai paperjam yang terjadi pada mesin anda ditunjukkan dengan error 0A0D, dari kode tersebut bisa kita simpulkan masalah yang terjadi pada mesin anda nah untuk kode error 0A0D ini bisanya masalah disebabkan oleh sensor PS17 langkah mencari sensor ini anda bisa lakukan beberapa cara berikut :
  1. membuka bagian duplex mesin fotocopy tepatnya dibagian belakang roll busa cara memperbaikinya anda hanya perlu membersihkan sensor PS17 tersebut dari kotoran toner dan juga debu mengunakan kuas cat yang bersih dengan cara di sapu - sapukan pada sensor PS17 
  2. lakukan pembersihan area di sekeliling sensor tersebut hingga tidak ada sisa kotoran toner yang nantinya akan menjadi penyebab error kembali, setelah dibersihkan anda bisa melakukan tes dengan menghidupkan mesin kembali.
  3. apabila masalah masih sama coba lakukan pergantian pada bagian sensor ini untuk mencobanya anda bisa menukar sensor PS17 sementara dengan bagian sensor PS19 letak sensor PS19 mesin fotocopy dibagian ujung waste toner, langkahnya lepas bagian sensor PS19 lalu ganti dengan sensor PS17 tes ulang dengan menghidupkan kembali mesin fotocopy.
Kesimpulannya pada masalah paperjam canon IR4570 adalah setiap kegiatan error khususnya masalah jam paper pada mesin fotocopy akan di tulis didalam history program mesin fotocopy yang nantinya tulisan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan acuan service karna masing - masing setiap kode memiliki cara perbaikan yang berbeda, oleh karna itu perlu anda memahami maksud dari kode jam paper yang ditampilkan di layar monitor mesin fotocopy seperti yang kita bahas diatas kode jam paper untuk 0A0D merupakan kode yang menunjukkan permasalahan pada sensor PS17 mesin fotocopy.
 
Sedangkan untuk permasalahan paperjam yang terjadi pada mesin fotocopy canon IR3300 dan seri seri setara dengan IR3300 tesebut. anda bisa mengatasi masalah paperjam ini dengan langkah mengecek pada bagian sensor samping mesin yang bisanya digunakan untuk jalannya kertas, namun sebelum itu ada beberapa langkah kecil yang harus dipastikan dalam keadaan baik. 
  1. cek bagian kabel yang menuju jalur sensor yang ditunjukkan pada indikator mesin fotocopy berdasarkan beberapa penglaman sumber jalur kabel putus yang disebabkan oleh hama tikus.
  2. selain kabel putus coba cek bagian pegas per sensor mesin fotocopy bisanya berdasarkan pengalaman dan sumber yang saya rangkum per ini lepas karna bentuk per ini sangat halus dan tarikan yang lembut tentu tujuannya agar kertas yang nantinya melalui jalur sensor ini dapat dengan mudah melewatinya. selain lepas biasanya yang menyebabkan paperjam pada ir3300 karna sensor kertas per nya tidak normal atau tidak pada posisinya sehingga menghambat pembacaan sensor terhadap ketas yang melewatinya.
  3. Gaya pegas yang sudah tidak normal, masalah paperjam ini terkadang disebabkan oleh gaya pegas yang sudah tidak normal artinya ketika kertas melawati sensor pelatuk tidak dapat kembali pada titik semula sehingga mesin mengeluarkan indikator kertas paperjam. dari beberapa langkah ini anda bisa lakukan perbaikan satu persatu.
dalam perbaikan masalah paperjam pada mesin fotocopy anda harus manganalisa sumber permasalahan dengan berpatokan indikator mesin apabila penyebab macet pada area samping anda harus mengeceknya pada area tersebut, adapun untuk kode paper jam pada mesin  fotocopy anda bisa cek dilink bawah ini :

Baca Juga :

Kesimpulannya masalah pada mesin canon IR3300 biasanya disebabkan oleh kabel yang terputus yang disebabkan oleh tikus atau hal lainnya, selain itu sensor kertas juga bisa jadi salah satu penyebabnya karna bagian ini amat sangat berkaitan dengan masalah kertas jam paper pada mesin fotocopy, berikutnya adalah per pegas yang letaknya dibagian sensor kertas yang difungsikan sebagai penarik pelatuk sensor agar kembali posisinya seperti semula setelah dilewati kertas. apabila dari ketiga masalah ini tidak normal maka akan menimbulkan paperjam pada mesin fotocopy canon ir.

Semoga apa yang saya bahas diatas memberikan solusi dan pencerahan kepada anda yang sedang mengalami masalah paper jam pada mesin fotocopy, terimakasih sudah membaca blog ruanganbaca.com semoga bermanfaat apabila di dalam bahasan saya diatas terdapat kekurangan ataupun kekeliruan anda bisa komentar di bawah ini. terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel