Cara menghubungkan komputer dan mesin fotocopy canon IR agar bisa print

Pada kesempatan kali ini ruanganbaca.com akan berbagi tips menarik seputaran mesin fotocopy dimana mesin fotocopy kali ini akan kita buat sebagai mesin printer atau mesin fotocopy yang bisa print. namun sebelum mempraktekkan lebih lanjut sobat harus cek terlebih dulu apakah mesin fotocopy  canon IR yang sobat gunakan terdapat fitur print atau tidak. 


Cara menghubungkan komputer dan mesin fotocopy canon IR agar bisa print
Cara menghubungkan komputer dan mesin fotocopy canon IR agar bisa print

Jika tidak disediakan fitur print kemungkinan artikel ini tidak cocok untuk sobat baca, namun jika mesin fotocopy sobat terdapat fitur print bisa sobat lanjutkan dengan membaca bagaimana cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer agar bisa print. nah untuk sobat yang selama ini kebingungan ruanganbaca.com akan pandu step by step menjadikan fotocopy bisa print.


Keuntungan menjadikan mesin fotocopy sebagai printer adalah ongkos modal pembelian tinta bisa di tekan hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi sobat pengusaha fotocopy. sebelum memulai langkah penyettingan perlu diperhatikan pada komputer dan mesin fotocopy pastikan bahwa komputer anda sudah memiliki kartu LAN (Loca Area Network). Berikut langkah-langkah atau cara setting ip address mesin fotocopy agar terhubung antara komputer dengan mesin foto copy secara lengkap.

Alat yang dibutuhkan untuk koneksikan komputer dengan mesin fotocopy :


  1. Komputer ( PC ) yang telah dilengkapi TP LINK LAN ( Local Area Nertwork ).
  2. Kabel koneksi / Kabel LAN
  3. Driver canon IR
  4. Setelah komputer terhubung dengan mesin foto copy menggunakan kabe LAN selanjutnya adalah melakukan setting IP address pada Komputer, contohnya: IP: 192.168.1.1, Subnet Mask: 255.255.255.0, Gateway Address: 192.168.1.1, Setting IP Address pada Mesin Fotocopy, caranya: Tekan Tombol Additional Functions., System Setting., Network Setting., TCP/IP Setting., Kemudian isikan setting sebagai berikut: IP: 192.168.1.5, Subnet Mask : 255.255.255.0, Gateway Address: 192.168.1.1
  5. kemudian kalau sudah terisi tekan OK > DONE > DONE > DONE > DONE ( sampai kembali ke tampilan awal ),Ready to copy dan restart mesin foto copy.
 
Langkah ini sobat bisa praktekkan dengan windows 7 dan windows di atasnya, jika berhasil menghubungkan antara komputer dan mesin fotocopy IR silakan lakukan test koneksi antara keduanya dengan langkah :
Tekan tombol windows dan “R” pada keyboard komputer secara bersamaan maka akan muncul jendela kecil.ketik :
ping 192.168.1.5 -t kemudian tekan enter / ok
Jika ada tulisan Reply from 192.168.1.5 maka koneksi antara mesin fotocopy dan komputer melalui kabel LAN telah berhasil terkoneksi dengan baik.

Seting pada PC :

  1. Download Driver canon IR
  2. Instal driver tersebut pada komputer anda Klik Start Menu -> Control Panel -> Printer and Faxes Pilih “Add a Printer” atau File -> Add Printer Next -> Pilih tipe koneksi printer anda (Local printer/Network printer) Pilih “Local… printer attached to this computer” – biarkan tanda centang pada Automatically Detect…”, NEXT – jika ditemukan mesin copier iR maka lanjut no 6 – jika tidak ditemukan, Klik NEXT, kemudian pilih Port yg menghubungkan Fotokopi dgn Komputer
  3. bila menggunakan kabel parallel (LPT1) socket besar, pilih “LPT1: (Recommended Printer Port)” Klik NEXT
  4. bila menggunakan kabel network (LAN) socket kecil, pilih “Create a new port”, pilih “Standard TCP/IP Port”, Klik NEXT
  5. kemudian muncul “Add Standard TCP/IP Printer Port Wizard”, Klik NEXT isikan Printer Name or IP Address dengan IP pada mesin foto kopi iR anda.(Contoh : 192.168.0.3) Klik NEXT, NEXT lagi, FINISH
  6. Pilih Canon pada Manufacturer, pada Printer cari & pilih “Canon iR (sesuai dengan typer foto copy anda” klik NEXT, pilih “Keep existing driver”, NEXT beri nama pada Printer name terserah Anda (contoh: iR4570) pilih “Yes” jika ingin dijadikan Default Printer, Klik NEXT pilih “Do not share this printer” jika tidak ingin di sharing, Klik NEXT jangan mencoba print test page bila mesin foto kopi belum di setting, NEXT, FINISH.

Setelah proses instalasi selesai lakukan test print untuk memastikan printer telah terinstal dengan benar. cara ini bukan hanya digunakan sebagai print saja melainkan sobat bisa melakukan scan dari mesin fotocopy ke komputer. Apabila semua proses sudah dilakukan dengan benar maka saat klik print test page maka foto copy akan langsung beroperasi layaknya memfotocopy biasa.
Dari artikel di atas sobat bisa coba pelan - pelan apabila terjadi kesalahan bisa di ulangi dari awal apabila terdapat tambahan silakan komentar.

0 Response to "Cara menghubungkan komputer dan mesin fotocopy canon IR agar bisa print"

Posting Komentar