cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Error C2557 Fotocopy Bizhub 250/350

Cara Memperbaiki Error C2557 Fotocopy Konica Minolta Bizhub 250/350 - Sebetulnya masalah Error C 2557 Fotocopy Bizhub 250/350 merupakan masalah klasik yang kerap terjadi pada mesin type Bizhub 250/350 dimana biasanya permasalahan ini terjadi karna toner habis sehingganya antara serbuk developer/stater dan toner tidak seimbang.

Sebelum masalah Error C 2557 timbul biasanya terdapat peringatan mengenai toner habis namun sobat mengabaikannya. langkah perbaikannya tentu sobat harus mengatur ulang bagian program dan menyeimbangkan antara serbuk toner dan serbuk developer.

Namun terkadang, setelah melakukan penyeimbangan antara toner dan developer masalah masih muncul. bisa jadi karna hopper tidak bisa menyuplai tinta ke bagian tabung developing. biasanya hal ini terjadi karna bagian busa hopper lengket atau menempel. sobat bisa akali dengan diganti menggunakan lakban jilid hitam.

Cara Memperbaiki Error C2557 Fotocopy Bizhub 250/350
Cara Memperbaiki Error C2557 Fotocopy Bizhub 250/350

Dalam Penanganan C 2557 Fotocopy Bizhub 250/350 terbilang memang masalah yang harus di teliti, apabila kiat yang di jelaskan disini sudah dilakukan namun masalah belum juga bisa teratasi dan sobat awam dalam bongkar mesin, langkah baiknya sobat harus panggil teknisi.


Langkah - Langkah Mengatasi C 2557 Fotocopy Bizhub 250/350

  1. Pilih PROGRAM ( letaknya terdapat disebelah kanan bawah touchscreen )
  2. Pilih CHECK DETAIL ( letaknya terdapat pada kolom bawah touchscreen )
  3. Tekan tombol Stop pada bagian kanan diatas tombol Start
  4. Setelah itu silakan Anda tekan 00
  5. Kemudian Anda tekan tombol Stop lagi
  6. Jika sudah maka tekan 01
  7. Masukkan password dengan angka berikut 00000000
  8. Tekan tanda LEVEL HISTORY ( lihat dahulu perbandingan antara ATDC SET dan ATDC LEVEL /intinya itu posisi ATDC level minimal harus pada nilai 4.5% dan maksimalnya adalah 5.5 % jika nilainya kurang dari 4,5% maka akan sering menimbulkan keluar code error tetapi jika nilainya berlebihan sampai 6,5% keatas maka ini juga bisa mengakibatkan muncul kode error, kalaupun tidak keluar kode error maka bisa dipastikan toner atau tinta fotocopynya menjadi boros dan hasilnya kurang maksimal.
  9. Setelah itu Anda tekan END
  10. Tekan TECH REP CHOICE kemudian tekan PRINTER
  11. Lalu tekan ATDC SENSOR GAIN ( misalkan angkanya 150 maka naikkan / turunkan caranya dengan menekan tombol C dan masukan nilai yang mau diubah dari tombol
  12. Setelah itu tekan angka yang Anda inginkan secara manual, setelah diisi angka maka tekan END agar angka yang sudah Anda masukkan tadi telah tersimpan pada system
  13. Jika sudah maka tekan tombol END sampai EXIT
  14. Setelah itu Anda bisa mencoba mengcopy 1 lembar, jika sudah maka cek lagi ATDC LEVEL seperti langkah diatas.
  15. Saya sarankan Anda mencobanya seperti cara diatas jika dirasa mesin Anda belum normal. Cobalah beberapa kali sampai ATDC LEVEL benar benar normal.
  16. Jika problem masih belum selesai berarti permasalahannya ada di bagian selenoid toner yang ada didalam mesin, siapkan banyak waktu dan obeng untuk membuka bagian ini,saya sarankan jika masih awam bongkar mesin panggil teknisi saja, karena banyak proses yang akan dibongkar.
  17. Biasanya problemnya dari selenoidnya lengket karena ada sponge busa di bagian selenoid yang harus sudah diganti.
Dari langkah di atas semoga dapat memberikan pelajaran baru dan bisa mengatasi mesin  Bizhub 250/350 yang C2557. jika anda yang ingin di tambahkan silakan komentar.