Memperbaiki ADF Fotocopy tidak bisa menarik kertas

Memperbaiki ADF Fotocopy tidak bisa menarik kertas  - Automatic Document Feeder atau yang sering dikenal dengan ADF, merupakan bagian fitur mesin fotokopi yang memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mencopy jumlah yang banyak dengan cepat.

Adf Mesin Fotocopy Ir6000/5000
Adf Mesin Fotocopy IR 6000

Fitur ADF bekerja dengan cara menarik kertas satu persatu yang secara otomatis di duplikat tanpa harus membuka tutup bagian atas mesin untuk di scan. mesin - mesin dengan type IR rata - rata sudah dilengkapi fitur ini. cara kerja ADF ini anda hanya menaruh kertas di bagian ADF lalu tekan Start. secara otomatis ADF akan menduplikat sesuai dengan jumlah yang kita tentukan. 

Semakin sering ADF digunakan biasanya akan mengalami beberapa kendala di ataranya tidak mampu menarik kertas, atau kertas selalu macet di bagian ADF mesin Fotokopi, hal apa saja yang perlu kita cek untuk mengetahui kondisi ADF tersebut, dalam artikel ini ruanganbaca.com memberikan solusi bagaimana memperbaiki ADF Fotokopi yang tidak bisa menarik kertas. Simak ulasan berikut :

1. Bersihkan Roller ADF
Didalam bagian ADF ini terdapat beberapa Roller dengan fungsinya masing - masing, usahakan seluruh bagian ini dibersihkan menggunakan kain bersih, atau menggunakan Alkohol bila diperlukan. selain membersihkan cek kondisi karet - karet Roller tersebut jika kondisinya sudah licin usahakan ganti dengan Roller baru. Misalnya Roller Pick Up ADF yang terkadang faktor utama penyebab ADF tidak bisa menarik kertas.

2. Karet bawah Roller ADF
Karet bagian Roller ADF ini juga sangat berpengaruh dan terkadang menyababkan kertas nyangkut dan tidak mau masuk ke dalam, bisanya hal ini dikarnakan karet rusak atau sudah tidak stabil lagi atau sudah kempes. solusinya di ganti dengan yang baru. Lihar gambar dibawah.

Karet Bawah ADF
Karet Bawah ADF

3. Cleaning ADF melalui Program.
hal ini juga perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ADF berjalan normal atau tidak. dengan langkah klik tombol Additional function selanjutnya cari Adjusment/Cleaning Klik Cleaning Feeder, sebelumnya anda harus mengisi beberapa lembar kertas di bagian ADF.

4. Cek Bagian Kaca Bawah ADF
Bagian Kaca ini penting untuk di cek terkadang terdapat sisa potongan kertas sehingga jalan masuk kertas melalui kaca Adf ini terkendala dan dapat menyebabkan kertas nyangkut.

Baca Juga :
7 Cara ini bisa atasi hasil fotokopi bergaris
Hal ini!! penyebab hasil fotokopi kurang jelas
Download Aplikasi Kasir Fotokopi

Semoga artikel ini bermanfaat, setiap kendala terkadang mengalami kerusakan yang berbeda - beda telitilah dalam mencari permasalahan tersebut, dari beberapa keterangan di atas hanya bisa dijadikan refrensi perbaikan, apabila kondisi tidak ada perubahan kemungkinan terjadi kerusakan yang lain.
Silakan Share dan Like.

0 Response to "Memperbaiki ADF Fotocopy tidak bisa menarik kertas"

Posting Komentar