Jangan Buka Percetakan Offset Sebelum Baca Ini

Jangan Buka Percetakan Offset Sebelum Baca Ini - Judul ini mungkin pas untuk anda sebagai pemula yang akan terjun ke Percetakan Offset, terlebih anda bisa dibilang masih awam dalam urusan mesin Percetakan Offset jadi harus banyak belajar. langkah pertama yang mesti di pelajari adalah hal apa saja yang harus di perhatikan dalam Percetakan Offset baik itu dari segi perawatan mesin dan juga kerusakannya. tentu hal tersebut anda harus pelajari agar dikemudian hari ketika mesin mengalami masalah bisa teratasi dan juga bisa menghindari kerusakan yang akan terjadi pada mesin offset tersebut.
Jangan Buka Percetakan Offset Sebelum Baca Ini
Mesin Cetak Offset

Pada artikel ini ruanganbaca.com akan mengupas masalah apa saja yang sering di alami Percetakan Offset :

  1. Masalah Ghosting. Adalah munculnya bayangan pada daerah gambar hasil cetakan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan emulsifikasi tinta, dan ketidakseimbangan antara air dan tinta.
  2. Hickies, adanya bekas noda yang telihat seperti cincin pada daerah gambar hasil cetakan. hal ini terjadi karena endapan tinta yang masuk kedalam bak tinta.
  3. Miss register masalah yang timbul karena ketida ktepatan cetak antara warna yang satu dengan warna yang lainnya. Hal ini bisa terjadi karena kertas yang mengemban, film separasi yang tidak register dan lain-lain.
  4. Moire efek  pola seperti tikar akibat perbedaan sudut grid halftone yang tidak tepat yang terjadi pada suatu gambar cetakan. Selain itu hal ini bisa juga disebabkan saat kita melakukan scanning model cetakan. Untuk mengatasinya pada saat scanning aktifkan pilihan “descreening” padas oftware scanner tersebut atau istilah lain sering disebut “defocus” .
  5. Dot Gain, disebabkan karena  selisih perbedaan antara lain nilai halftone/ dot pada film/ pelat terhadap nilai halftone/ dot pada cetakan (pembesaran titik raster). Terjadinya Dot Gain pada cetakan merupakan hal yang wajar, tetapi nilai dotgain-nya haruslah sesuai dengan ketentuan yang ada.
Baca Juga :


Untuk cetak offset besarnya dot gain pada kertas artpaper biasanya berkisar antara  15-20% dititik 50%, untuk kertas koran sekitar 30% dititik 50%. Middle tone, di bagian itulah biasanya dot gain paling besar terjadi. Jika dot gain terlalu besar maka akan menyebabkan gambar  menjadi lebih gelap. Pembesaran dot gain ini juga bisa dikarenakan penambahan tinta yang melebihi standar density.

Dari beberapa masalah tersebut semoga memberikan sedikit pandangan kepada anda yang akan memulai usaha Percetakan Offset, apabila ada penambahan silakan isi di kolam komentar. jangan Lupa Like dan Share

0 Response to "Jangan Buka Percetakan Offset Sebelum Baca Ini"

Posting Komentar