Langkah awal usaha percetakan dengan modal pas - pasan

usaha percetakan

Usaha percetakan merupakan usaha yang tidak ada matinya dan diamana bisnis percetakan ini akan terus eksis, seiring perkembangan zaman kebutuhan promosi semakin meningkat, baik di kalangan kantor atau masyarakat sekitar. terlebih apabila bisni percetakan yang kita jalani melayani jasa cetak undangan khitanan, undangan pernikahan, undangan syukuran dimana semua jasa percetakan anda minimal bisa menjawab kebutuhan masyarakat setempat.

Pada artikel kali ini ruanganbaca.com ingin berbagi bagaimana cara dan langkah awal usaha percetakan dengan modal pas - pasan, yang pertama tentu sebelum anda memulai usaha ada beberapa alat yang harus anda miliki meskipun anda nantinya menjadi broker.

Alat - alat percetakan tersebut diantaranya : Komputer, Printer warna, untuk memaksimalkan kita bisa tambahkan mesin alat scaner. setelah persiapan diatas sudah ada proses berikutnya adalah menyiapkan beberapa software kebutuhan percetakan, utamanya CorelDraw dan Adobe Photoshop anda harus menguasai kedua software tersebut.

Persiapan produksi percetakaan lainnya anda harus menyiapkan kertas HVS untuk untuk cetak undangannya biasa, cutter pemotong kertas, blangko undangan, plastik untuk pengemasan kertas undangan.

Dengan peralatan seadanya anda sudah bisa memulai awal usaha percetakan dengan modal pas - pasan, Percetakan menggunakan printer warna ini hanya bisa digunakan skala kecil dan terbatas, sedangkan untuk percetakan dengan skala besar anda bisa mejadi broker yaitu dengan mengoper cetakan anda ke percetakan besar tujuannya menjaga agar printer tidak cepat mengalami kerusakan. dalam penggunaan printer standard hanya mampu mencetak dalam ukuran F4 dengan produk yang bisa anda kerjakan seperti cetak undangan pernikahan, undangan khitanan, undangan ulang tahun, brosur, stiker label nama anak, kartu nama, amplop, dan lainnya.

Baca :
Download Undangan Walimatul Tasmiyah
Belajar Photoshop

Untuk memaksimalkan usaha percetakan dengan modal pas - pasan tentu anda harus membuka beberapa layanan cetak lainnya misalnya : cetak banner, cetak kalender, poster, foto besar, dimana jasa tambahan ini bisa menjadikan penghasilan tersendiri untuk anda. langkahnya tentu anda harus mencatat harga asli yang diberikan tempat percetakan besar kepada anda lalu bisa dilebihkan dari harga tersebut. selanjutnya untuk memaksimalkan promosi anda pertama :

Berani Memberikan Bonus

Misalnya seperti, memberi Bonus atau Diskon apabila membuat undangan lebih dari 50 kartu undangan, cara memberi diskon ini adalah strategi yang sangat ampuh untuk mendapatkan hati pelanggan, bila mereka puas, pastinya mereka akan ikut serta mempromosikan produk kita ke teman-temannya.

Cara lainnya seperti menawarkan secara langsung jasa anda ke pihak yang akan mengadakan pesta, cara ini juga sangat kratif dan efektif untuk mendapatkan pelanggan.

Langkah utama dalam mempromosikan usaha tentu dimulai dari orang-orang terdekat dahulu, teman dan tetangga. Promosi juga bisa kita lakukan dengan alat bantu seperti brosur iklan, dengan cara menempelkan ke tiang listrik, batang pohon, pos ronda, tembok tempat banyak orang berlalu lalang dan lainnya.

Selanjutnya untuk mempermudah pekerjaan mencetak anda perlu menyiapkan beberapa  koleksi desain-desain undangan dimana dengan cara ini dapat membantu mempercepat proses desain, mulai dari desain undangan pernikahan, desain undangan ulang tahun dan desain undangan khitanan. Dengan memiliki desain-desain yang terbaru pastinya akan membuat para konsumen akan menilai percetakan undangan mana yang lebih bagus dan yang kurang bagus.

langkah diatas bisa anda coba dan praktekkan untuk tahap awal usaha percetakan dengan modal pas - pasan, semoga artikel ini membatu silakan share dan jangan lupa like ya.

0 Response to "Langkah awal usaha percetakan dengan modal pas - pasan"

Posting Komentar