cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi hasil print bergaris pada printer EPSON

Kerusakan printer sangat umum terjadi, terlebih jika printer anda merupakan printer yang bekerja keras untuk mencetak setiap harinya, kali ini ruanganbaca.com ingin memberikan solusi bagaimana cara memperbaiki printer bergaris untuk epson L120, L310, L200, L100, L110, L300 ataupun tipe epson lainnya. 



Sebelum kita membahas ketopik permasalahan baiknya sebelum anda mengambil tindakan yang akan admin jelaskan kepada sobat semua, hal pertama yang perlu di perhatikan adalah dengan mengecek tabung tinta printer. apakah kondisi tabung kosong atau masih penuh.

Simak beberapa hal yang mesti sobat lihat sebelum melakukan tindakan yang akan admin jelaskan.
  1. Pertama anda Periksa tinta printer apakah tinta masih ada/sudah habis     
  2. Kemudian anda coba Periksa tanda panah yang ada di samping tinta biasanya ada di tipe printer L310,L800 pastikan tanda panah dalam posisi ke arah atas,     
  3. Kemudian jangan lupa cek selang dari tinta ke catrigde dalam posisi tidak terlipat


  1. Pertama - tama buka penutup tabung semua warna C,M,Y,K 
  2. Buka menu Device and Printer dari Start kemudian > Device and Printer, Kemudian anda pilih type printer yang anda gunakan.     
  3. Disini saya menggunakan printer epson L120, jadi saya akan memiilih Printer Epson L120 lalu kemudian coba klik kanan dan pilih Printing Preferences
  4. Pada Printing Preferences, coba anda pilih menu Maintenance kemudian anda klik Head Cleaning     
  5. Setelah itu Anda bisa memilih Start, Ulangi langkah ini  3- 5 kali hingga benar - benar tinta dapat turun.
Dalam proses cleaning baiknya sesudah proses tunggu sekitar 5 menit untuk proses mengulangi cleaning, tujuannya agar diberikan jeda untuk tinta dapat turun ke haed.
Apabila cara di atas sudah di praktekkan dan hasil masih sama tidak ada perubahan sama sekali disini artinya printer anda mengalami kerusakan di bagian head.

Tidak ada cara lain selain anda harus mengeluarkan biaya yang lumayan untuk mengganti head yang baru. namun biasanya pergantian head ini akan terjadi ketika pemakaian printer yang amat sering bisa dikatakan kerja keras.
Semoga artikel Cara Mengatasi hasil print bergaris pada printer EPSON dapat membantu permasalahan sobat, jangan lupa untuk like dan share ya.

8 komentar untuk "Cara Mengatasi hasil print bergaris pada printer EPSON"

Liliana Sabtu, 24 Februari, 2018 Hapus Komentar
Mohon info mas, klo epson L 1800 apa sama metode membersihkanya? krn sy sdh cb berulang kali msh tetep bergaris, mgkn ada yg punya pengalaman di forum ini, mksh sblmnya.
Ahmad Yusuf Sabtu, 10 Maret, 2018 Hapus Komentar
Coba mbak bersihkan headnya dengan cairan cleaner head, kalo masih juga ada kemungkinan head sudah rusak harus diganti.
serba gratisan Selasa, 21 Agustus, 2018 Hapus Komentar
Saya punya masalah printer epson l210 jika hasil scan hasilnya bagus namun jika hasil dari fotocopy hasilnya garis2 apa penyebabnya
Ahmad Yusuf Rabu, 22 Agustus, 2018 Hapus Komentar
Maksud hasil scan itu apa bpk hanya memindai dokument ke komputer? Atau cetak warna pak. Terus klo fotokopi apakah bpk hanya menggunakan black saja. Mohon diperjelas agar saya bisa memberikan masukan. Trmksih
vireta swimming club Kamis, 21 Maret, 2019 Hapus Komentar
halo klo cairan head cleaner merk apa dan dapat dibeli dimana? thanks
Ahmad Yusuf Kamis, 21 Maret, 2019 Hapus Komentar
merlin vita - Hallo Juga, head cleaner banyak kok merknya yang banyk digunakan merk DR. Winston untuk barang nya dijual di toko - toko komputer ya.
Pheonix Rabu, 15 Desember, 2021 Hapus Komentar
L3110 udh head cleaning bekali kali, dan udh di power clean juga, pas ngeprint full colour pertama sampai k 2-3 bagus, tapi pas lembar ke 4 sampai seterusnya malah bergaris-garis. Solusinya apa ya?
Ahmad Yusuf Senin, 20 Desember, 2021 Hapus Komentar
sdah coba di flushing blm mas..