Cara Mengatasi hasil print bergaris pada printer EPSON

Kerusakan printer sangat umum terjadi, terlebih jika printer anda merupakan printer yang bekerja keras untuk mencetak setiap harinya, kali ini ruanganbaca.com ingin memberikan solusi bagaimana cara memperbaiki printer bergaris untuk epson L120, L310, L200, L100, L110, L300 ataupun tipe epson lainnya. 



Sebelum kita membahas ketopik permasalahan baiknya sebelum anda mengambil tindakan yang akan admin jelaskan kepada sobat semua, hal pertama yang perlu di perhatikan adalah dengan mengecek tabung tinta printer. apakah kondisi tabung kosong atau masih penuh.

Simak beberapa hal yang mesti sobat lihat sebelum melakukan tindakan yang akan admin jelaskan.
  1. Pertama anda Periksa tinta printer apakah tinta masih ada/sudah habis     
  2. Kemudian anda coba Periksa tanda panah yang ada di samping tinta biasanya ada di tipe printer L310,L800 pastikan tanda panah dalam posisi ke arah atas,     
  3. Kemudian jangan lupa cek selang dari tinta ke catrigde dalam posisi tidak terlipat


  1. Pertama - tama buka penutup tabung semua warna C,M,Y,K 
  2. Buka menu Device and Printer dari Start kemudian > Device and Printer, Kemudian anda pilih type printer yang anda gunakan.     
  3. Disini saya menggunakan printer epson L120, jadi saya akan memiilih Printer Epson L120 lalu kemudian coba klik kanan dan pilih Printing Preferences
  4. Pada Printing Preferences, coba anda pilih menu Maintenance kemudian anda klik Head Cleaning     
  5. Setelah itu Anda bisa memilih Start, Ulangi langkah ini  3- 5 kali hingga benar - benar tinta dapat turun.
Dalam proses cleaning baiknya sesudah proses tunggu sekitar 5 menit untuk proses mengulangi cleaning, tujuannya agar diberikan jeda untuk tinta dapat turun ke haed.
Apabila cara di atas sudah di praktekkan dan hasil masih sama tidak ada perubahan sama sekali disini artinya printer anda mengalami kerusakan di bagian head.

Tidak ada cara lain selain anda harus mengeluarkan biaya yang lumayan untuk mengganti head yang baru. namun biasanya pergantian head ini akan terjadi ketika pemakaian printer yang amat sering bisa dikatakan kerja keras.
Semoga artikel Cara Mengatasi hasil print bergaris pada printer EPSON dapat membantu permasalahan sobat, jangan lupa untuk like dan share ya.

2 Responses to "Cara Mengatasi hasil print bergaris pada printer EPSON"

  1. Mohon info mas, klo epson L 1800 apa sama metode membersihkanya? krn sy sdh cb berulang kali msh tetep bergaris, mgkn ada yg punya pengalaman di forum ini, mksh sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mbak bersihkan headnya dengan cairan cleaner head, kalo masih juga ada kemungkinan head sudah rusak harus diganti.

      Hapus