Kertas selalu macet di pintu samping ini bisa jadi penyebab utamanya IR5000/6000


Kertas macet merupakan hal yang amat membuat kesal pengusaha fotokopi, lantaran dengan semakin banyak yang macet maka kertas - kertas tersebut akan terbuang sia - sia. bukan satu atau dua kali saja ,kejadian macet yang terus menerus perlu kita telusuri masalahnya, kejadian ini pernah menimpa admin sejak awal membeli mesin admin memiliki keluhan dimana setiap fotokopi kertas terkadang tidak naik.

Semua jalur yang bersangkutan dengan jalannya kertas sudah admin cek baik itu sensor, spong. dll namun tidak membuahkan hasil menghilangkan kertas macet ini. dengan kesabaran yang ekstra admin tetap bertahan harus rela membuang beberapa lembar kertas jika macet ini kambuh, sudah setahun lamanya kejadian ini admin rasakan. maklum di kota admin untuk memanggil terknisi agak sulit perjalanan teknisi dari kota admin kurang lebih menempuh perjalanan 4 jam itupun jika terknisi tidak sibuk dan tidak ada deadline lain. terkadang harus menunggu berminggu - minggu untuk bisa datang ke tempat admin.


Sehingga pada suatu kesempatan admin memposting permasalahan admin ke Forum Pengusaha & Teknisi Fotokopi disana admin dipandu oleh salahsatu member cara mengecek dan memperbaiki permasalahan yang sudah satu tahun admin hadapi. (Semoga beliau selalu di murahkan rezkinya)

Sehingga pada artikel kali ini admin ingin kembali membagikan apa yang admin dapat dari Forum Pengusaha & Teknisi Fotokopi salah satu tujuannya adalah sebagai pengingat admin sendiri ketika lupa dan juga sebagai sarana berbagi kepada yang membutuhkan. simak langkah - langkahnya semoga bermanfaat.

Langkah mengecek apakah Feeder berputar dengan baik?

1. Hidupkan mesin fotocopy hingga Ready
2. Masuk ke program *28*

3. Akan di tampilkan service mode pilih copier

4. Klik Fuction

5.Klik PART-CHK

6. Ganti angka pada bagian MTR menjadi 15

7. Klik MTR-ON lalu tekan OK hingga akan tampil tulisan START!

Jika Posisi feeder normal maka akan berputar dengan baik jika tidak ini yang perlu menempuh jalur berikutnya. :-)


Jika langkah di atas sudah dilakukan dan bagian Feeder kaset masih tidak berputar dengan baik solusinya adalah coba bersihkan bagian pcb drive cabut semua jalur kabel di bagian pcb drive bersihkan dan pasang kembali, jika feeder masih tidak berputar coba ganti dengan pcb drive yang lain, mudah - mudahan masalah yang anda hadapi cepat teratasi.

(Gambar PCB Drive terletak di belakang pembuangan toner)

 
Dengan melakukan beberapa tips di atas semoga dapat membantu permasalahan anda,  masalah bisa saja berbeda dengan panduan diatas namun apa salahnya mencoba. jika artikel ini bermanfaat silakan Share dan like berbagi tidak rugi. :-)






0 Response to "Kertas selalu macet di pintu samping ini bisa jadi penyebab utamanya IR5000/6000"

Posting Komentar