Shut down Komputer Dengan VB

Visual basic merupakan Aplikasi berbasis dekstop yang bisa di buat sesuai dengan keinginan penggunanya salah satunya adalah cara melakukan Shut down Komputer Dengan VB. Cara ini bisa anda coba sebagai sarana belajar pemahaman coding langkah - langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi vb 6.0, setelah sampai di jendela new project, kita pilih standard exe lalu klik open - Pilih standard EXE
  2. Setelah itu ambillah 3 command button pada kotak general yang ada di sebelah kiri desktop dan pasang pada jendela form.Tampilan bisa di ikuti seperti gambar di bawah :
  3. kita bisa mengubah caption dari ketiga command button dengan Log off, Restart dan Shutdown. untuk mengubah caption bisa dilihat pada jendela properties form1, letaknya    ada di sebelah kanan desktop.
  4. Kemudian ganti  bagian Name
    (Name) command1 menjadi Cmd_LogOff_Click,  (Name)command2 menjadi Cmd_Restart_Click, (Name)command3 menjadi Cmd_Shutdown_Click
  5. Selanjutnya kita masukkan code/coding nya untuk ketiga command button tersebut. Untuk membuka jendela code, kita bisa mengklik 2x pada salah satu command button. :

    -Log Off   
    Private Sub Cmd_LogOff_Click()
    Call Shell("C:\Windows\System32\Shutdown.exe -l -t 00", vbHide)
    End Sub
       
    -Restart   
    Private Sub Cmd_Restart_Click()
    Call Shell("C:\Windows\System32\Shutdown.exe -r -t 00", vbHide)
    End Sub

    -Shutdown
    Private Sub Cmd_Shutdown_Click()
    Call Shell("C:\Windows\System32\Shutdown.exe -s -t 00", vbHide)
    End Sub
  6. Akhirnya aplikasi shutdown bisa dijalankan, untuk mencobanya silahkan klik tombol start pada menubar.

0 Response to "Shut down Komputer Dengan VB"

Posting Komentar